Pengertian Jurnal Adalah : Contoh, Tujuan Secara Umum dan Ilmiah

Pengertian Jurnal

Pengertian Jurnal – Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian jurnal memiliki banyak artian seperti buku atau catatan harian, buku yang dipakai sebagai perantara, majalah khusus yang memuat artikel dalam bidang ilmu tertentu, dan surat kabar harian.

Definisi jurnal di atas bisa dikatakan masih sangat umum. Oleh sebab itu terkadang Anda harus memahami konteks kalimatnya terlebih dahulu supaya bisa memahami arti jurnal yang dimaksud di situ. Kenapa demikian?

Sebab secara umum jurnal bisa dikategorikan menjadi dua, jurnal ilmiah dan jurnal akuntansi. Tapi yang perlu Anda perhatikan adalah antara jurnal ilmiah dan jurnal akuntansi memiliki definisi yang sangat berbeda.


Pengertian Jurnal Ilmiah Menurut Para Ahli

Pengertian Jurnal Ilmiah Menurut Para Ahli

Hakim

Menurut Hakim, jurnal ilmiah adalah majalah publikasi yang memuat KTI (Karya Tulis Ilmiah) yang di dalamnya mengandung data dan informasi yang mengajukan IPTEK serta penulisannya harus sesai dengan kaidah-kaidan penulisan ilmiah dan diterbitkan secara berkala.

Koswara

Menurut Koswara, pengertian jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk pamflet berseri yang berisi bahan ilmiah yang sangat diminati orang pada saat diterbitkan. Jika dikaitakan dengan kata ilmiah di belakang kata jurnal, dapat diterbitkan memiliki arti berkala yang berbentuk pamflet yang berisi bahan ilmiah yang sangat diminati orang ketika diterbitkan.

Dari pendapat kedua pakar di atas bisa diambil benang merahnya jika jurnal ilmiah bisa dipahami sebagai terbitan berseri yang berisi informasi yang bersifat ilmiah serta ditulis dengan menggunakan kaidah penulisan ilmiah dan jika diterbitkan sangat diminati banyak orang.

Jurnal ilmiah juga sering disebut dengan jurnal akademik. Selain itu, jenis dari jurnal ilmiah atau jurnal akademik ini pun cukup beragam, diantaranya seperti:

  1. Jurnal penelitian

Jurnal penelitian bisa diartikan sebagai laporan penelitian. Artinya hasil penelitian yang diperoleh dan ditulis dalam sebuah laporan.

  1. Jurnal cetak

Umumnya jurnal cetak ini dibuka untuk para dosen, peneliti, dan mahasiswa yang tertarik untuk melakukan sebuah penelitian. Pengumumannya biasanya dilakukan secara terbuka, bisa lewat internet atau jenis media informasi lainnya.

  1. Jurnal online

Pengertian jurnal online bisa dipahami dari dua sudut pandang, pertama adalah jurnal cetak yang dionlinekan. Kedua adalah jurnal online yang dimasukkan melalui urutan proses.

  1. Jurnal lokal

Jurnal lokal bisa didefinisikan sebagai jurnal yang dibuat oleh banyak penulis dari instansi yang sama.

  1. Jurnal nasional

Disebut jurnal nasional sebab jurnal ditulis dalam lingkup nasional. Namun penulis dari luar negeri juga bisa menulis jurnal penelitian. Hanya saja akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu dari negara asal.

  1. Jurnal internasional

Jurnal internasional umumnya ditulis dengan menggunakan bahasa internasional, yakni bahasa Inggris. Tapi yang perlu digaris bawahi adalah jurnal internasional ternyata tidak selalu ditulis dengan menggunakan bahasa Inggris, melainkan jurnal yang ditulis oleh penulis dari luar negeri yang berasal dari Universitas di seluruh dunia.

Baca Juga: Pengertian ERD


Pengertian Jurnal Dalam Ilmu Akuntansi

Pengertian Jurnal Dalam Ilmu Akuntansi

Dalam ilmu akuntansi jurnal sering didefiniskan sebagai seluruh transaksi keuangan suatu badan usaha atau organisasi yang dicatat secara kronologis. Idealnya jurnal akuntansi dibuat dengan cara memasukkan informasi dari penerimaan, penjualan, kas, tiket, faktur, dan sumber-sumber data sejenis yang menunjukkan transaksi keuangan.

Tujuan dari penggunaan jurnal akuntansi adalah untuk pendataan, meliputi jumlah transaksi, nama-nama transaksi baik yang mempengaruhi maupun dipengaruhi, dan waktu transaksi berjalan.

Artinya dengan menyusun jurnal akuntansi secara rutin, Anda bisa melacak setiap transaksi bisnis yang terjadi. Selain itu Anda juga bisa mengetahui apakah bisnis Anda berada dalam kondisi yang baik dari data finansial yang ada di dalam jurnal akuntansi.

Secara umum jurnal akuntansi dibagi menjadi dua jenis, yaitu jurnal umum dan jurnal khusus. Berikut adalah penjelasannya:

Jurnal Umum

Menurut KBBI, jurnal umum adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan berdasarkan periode waktu tertentu. Sedangkan menurut wikipedia pengertian jurnal umum adalah catatan akuntansi permanen yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan perusahaan secara kronologis dengan menyebutkan akun apa saja yang didebit dan dikredit.

Baca Juga: Pengertian Islam

Jurnal Khusus

Jurnal khusus bisa dipahami sebagai ayat jurnal yang disusun untuk mencatat transaksi-transaksi yang meliputi pembelian, penjualan, penerimaan kas, dan pengeluaran kas, transaksi tersebut terjadi secara rutin dan berulang selama satu periode akuntansi.

Agar supaya Anda lebih paham lagi mengenai jurnal khusua, bisa dilihat dari jenis-jenis jurnal khusus, seperti:

  • Jurnal pembelian, adalah jurnal khusus yang menyimpan informasi setiap transaksi pembelian.
  • Jurnal penjualan, adalah jurnal khusus yang digunakan untuk menyimpan transaksi penjualan secara terperinci.
  • Jurnal penerimaan kas, adalah jurnal khusus dimana setiap penjualan tunai dicatat.
  • Jurnal pengeluaran kas, adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mengelola semua arus kas keluar. Jurnal pengeluaran kas dalam istilah lain juga sering disebut sebagai jurnal pembayaran tunai.

Sampai di sini bisa dipahami jika definisi jurnal bisa sangat beragam, tergantung konteks kalimatnya. Contoh sederhananya adalah definisi jurnal dalam ilmu ekonomi sangat berbeda dengan pengertian jurnal yang ada di dunia akademik, khususnya dunia penelitian.

Pengertian Jurnal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *