Pengertian Kewirausahaan Adalah : Contoh, Definisi dan Tujuan

Pengertian Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan – Mungkin Anda satu dari sekian banyak orang yang menganggap pengertian kewirausahaan itu lekat dengan apa yang disebut dengan kegiatan bisnis. Benar tapi itu pengertian yang kurang tepat.

Tidak percaya? Anda bisa cari asal kata dari Kewirausahaan. Ini berasal dari kata wira dan usaha. Wira artinya penjuang dan orang yang berani berjuang. Sementara itu usaha adalah upaya. Jadi secara harafiah, wirausaha itu seseorang yang berani berjuang untuk melakukan usaha tertentu.

Apakah ada kaitannya dengan bisnis? Sama sekali tidak.


Pengertian Kewirausahaan dari Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan Dari Para Ahli

Joko Untoro

Beliau mengatakan kewirausahaan adalah upaya yang berani dalam melakukan tindakan berdasarkan potensi unggul yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak.

Soeharto Prawiryo

Seiring berjalannya waktu, definisi kewirausahaan tersebut mengalami sedikit penyempitan. Hingga akhirnya kewirausahaan dianggap sebagai usaha yang hanya berkiatan dengan bisnis. Muncullah pengertian kewirausahaan yang berbeda seperti yang dikatakan oleh Soeharto Prawiryo. Beliau mengatakan kewirausahaan merupakan nilai yang diperlukan bagi seseorang yang ingin memulai sebuah usaha atau bisnis.

Nah, dari pengertian tersebut, sudah jelas kan apa itu kewirausahaan? Awalnya ini bukan hanya bersifat bisnis. Tujuannya bukan untuk bisnis. Namun, ada kewirausahaan memiliki ciri-ciri yang unik, yaitu memberikan manfaat bagi banyak orang.

Contohnya saja seorang wirusahawan pasti tidak memberikan keuntungan bagi dirinya sendiri. Ia merekrut banyak karyawan sehingga mereka mendapatkan penghasilan. Barang yang dihasilkan pun banyak. Dan barang tersebut bisa dimanfaatkan oleh banyak orang.

Jadi, ada asas manfaat yang bisa dirasakan oleh banyak orang. Semoga ini membuat Anda semakin mengerti apa itu pengertian kewirausahaan.

Baca Juga: Pengertian Strategi


Apakah Anda Punya Karakter Sebagai Wirausahawan?

Apakah Anda Punya Karakter Sebagai Wirausahawan

Kewirausahaan merupakan upaya atau usaha. Sementara itu, orang yang mengupayakan disebut dengan wirausahawan.

Dari pengertian kewirausahaan tersebut di atas, ada satu ciri khas dari seorang wirausahawan atau yang juga disebut dengan pengusaha. Mereka adalah orang yang berani untuk melakukan sesuatu. Ini menjadi karakter utama dari seorang wirausahawan atau pengusaha.

Apakah itu saja karakternya? Tentu saja tidak. Setidaknya ada 5 karakteristik lagi sehingga Anda tepat jika ingin menjadi seorang wirausahawan.

Passion Yang Tinggi

Apa itu passion? Ini juga bisa dikatakan semangat, hasrat, dan kemauan yang keras. Seorang wirausahawan tidak cukup memiliki keberanian. Berani harus disempurnakan dengan pasion yang tinggi.

 

Seorang pengusaha punya ambisi untuk membuat sebuah bisnis. Ia butuh keberanian. Keberanian tersebut akan terus ada jika ada passion di dalam dirinya. Karena passion inilah yang membuatnya tidak takut dan terus maju melawan tantangan yang menghadang.

 

Memiliki Kemampuan Analisa Yang Kuat

Orang yang berani bisa salah mengambil keputusan dalam bisnis. Keberanian seorang pengusaha harus diimbangi dengan analisa yang kuat. Dengan demikian, risiko kesalahan dalam pengambilan keputusan bisa ditekan.

 

Sederhana

Pengusaha berusaha supaya barang yang dijual laku keras. Ia memanfaatkan sifat konsumtif calon pelanggan. Akan tetapi, pengusaha itu sendiri biasanya sangat tidak konsumtif.

 

Lihat saja beberapa pengusaha sukses. Justru penampilannya sederhana, bukan? Hal tersebut disebabkan mereka menahan dari berperilaku konsumtif.

 

Decisive

Apa itu decisive? Ini artinya mampu membuat keputusan yang tepat serta berani berkomitmen dengan keputusan tersebut. Seorang pengusaha bukan orang yang selalu bingung jika dihadapkan pada masalah. Ia berani membuat keputusan.

 

Berdedikasi

Wirausahawan memiliki komitmen yang kuat untuk mengejar apa yang ingin ia capai. Ia mencurahkan segara daya, upaya, dan pikiran untuk satu hal.

Nah, apakah Anda punya karakteristik seperti yang sudah dijelaskan di atas?

Baca Juga: Pengertian Integrasi


Mengapa Sedikit Yang Berani Jadi Wirausahawan?

Mengapa Sedikit Yang Berani Jadi Wirausahawan

Jumlah pengusaha jelas lebih sedikit dibandingkan dengan yang bukan pengusaha. Di Indonesia, angka pengusaha baru 3. Padahal, salah satu ciri negara yang maju memiliki jumlah pengusaha di atas 7% seperti halnya Singapura.

Lalu, mengapa masih sedikit sekali jumlah pengusaha di Indonesia? Banyak sekali faktor penyebabnya. Namun, setidaknya ada dua faktor utama. Yang pertama adalah mindset. Banyak anak muda yang ingin terlihat keren secara instan. Maka dari itu, banyak anak muda setelah lulus pendidikan langsung ingin jadi karyawan, bukan merintis usaha sendiri.

Faktor yang kedua adalah edukasi. Memang sekarang ini sedang digalakkan pendidikan kewirausahawan di setiap jurusan. Akan tetapi, hasilnya belum begitu bisa dirasakan.

Setelah Anda tahu banyak hal mulai dari pengertian kewirausahaan hingga karakteristik seorang pengusaha, mungkin Anda mulai tergerak untuk menjadi pengusaha. Seharusnya, spirit itu yang harus dimunculkan.

Karena dengan menjadi pengusaha, Anda tidak hanya bisa survive. Lebih dari itu, Anda juga membuat kesempatan bagi banyak orang untuk mendapatkan penghasilan. Jadi, bukan hanya finansial saja yang bisa Anda dapatkan tapi juga kepuasan secara moral. Anda tidak hanya menjadi orang yang bermanfaat bagi diri sendiri melainkan juga banyak orang.

Pengertian Kewirausahaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *