Pengertian Literasi Adalah : Contoh Jenis, Budaya dan Pentingnya

Pengertian Literasi

Pengertian Literasi – Secara sederhana pengertian literasi adalah kemampuan dalam membaca dan menulis. Atau dalam arti lain sering disebut dengan istilah melek aksara atau keberaksaraann. Literasi sendiri sering dianggap sebagai inti kemampuan atau modal utama bagi siswa maupun generasi muda dalam belajar serta menghadapi tantangan-tantangan di masa yang akan datang.

Sedangkan menurut KBBI, literasi diartikan sebagai kemampuan menulis dan membaca. Juga bisa diartikan sebagai kemampuan individu dalam mengolah sebuah informasi dan pengetahuan untuk kecapakan hidup.

Literasi bisa dikatakan sebagai salah satu tonggak kemajuan suatu bangsa. Oleh sebab itu penting sekali untuk terus memupuknya dengan tujuan agar para generasi muda gemar membaca dan menulis. Terlebih lagi di era digital seperti sekarang ini yang segala sesuatunya membutuhkan kemampuan literasi.


Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki definisi yang cukup beragam berkaitan dengan pengertian literasi, diantaranya adalah:

Harvey J. Graff

Harvey mendefinisikan literasi sebagai kemampuan yang ada dalam diri seseorang untuk menulis dan membaca.

Jack Goody

Goody mendefinisikan literasi sebagai suatu kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis.

Cordon

Cordon mendesinisikan literasi sebagai sumber ilmu yang menyenangkan yang mampu membangun imajinasi mereka supaya bisa menjelajahi dunia dan ilmu pengetahuan.

National Institute for Literacy

Mendefinisikan literasi sebagai kemampuan seorang individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, hingga memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang dibutuhkan dalam pekerjaan, keluarga, serta masyarakat.

UNESCO

Menurut UNESCO, pengertian literasi adalah seperangkat ketrampilan nyata, yakni kemampuan kognitif berupa membaca dan menulis. Hal ini terlepas dari konteks darimana ketrampilan tersebut didapatkan dan dari siapa serta bagaimana cara mendapatkannya.

Baca Juga: Pengertian MusikPreview Changes (opens in a new tab)


Pengertian Literasi Berdasarkan Jenisnya

Pengertian Literasi Berdasarkan Jenisnya

Mengacu pada definisi literasi di atas, literasi bisa dibagi ke dalam beberapa jenis, diantaranya adalah:

Literasi Dasar

Literasi dasar bisa didefinisikan sebagai kemampuan dasar dalam membaca, menulis, mendengar, dan berhitung. Tujuan dari literasi dasar ini adalah untuk mengoptimalkan kemampuan individu dalam membaca, menulis, berkomunikasi, dan berhitung.

Literasi Perpustakaan

Literasi perpustakaan bisa dipahami sebagai kemampuan dalam memahami serta membedakan karya tulis fiksi maupun non fiksi, memahami bagaimana cara menggunakan katalog dan indeks, hingga kemampuan untuk memahami informasi pada saat membuat suatu karya tulis dan penelitian.

Literasi Media

Literasi media bisa dipahami sebagai kemampuan untuk mengetahui dan membaca berbagai jenis media, baik media elektronik, cetak, dan lain sebagainya, serta memahami cara menggunakan media-media tersebut.

Literasi Teknologi

Literasi teknologi dapat dipahami sebagai seperangkat kemampuan untuk mengetahui dan memahami segala hal yang berhubungan dengan teknologi, seperti hardware dan software, serta mengerti bagaimana cara menggunakan internet, hingga memahi etika dalam memanfaatkan sebuah teknologi.

Literasi Visual

Pengertian literasi visual adalah pemahaman dan kemampuan dalam menginterpretasikan dan memberi makna informasi yang berbentuk gambar atau visual. Literasi visual ini hadir dengan alasan jika suatu gambar bisa dibaca dan artinya bisa dikomunikasikan dari proses membaca.

Baca Juga: Pengertian Saham


Prinsip-Prinsip Literasi

Prinsip Prinsip Literasi

Terdapat beberapa prinsip-prinsip penting di dalam pengembangan literasi. Menurut Kylene Beers terdapat empat prinsip penting dalam pengembangan literasi, utamanya di lembaga pendidikan.

Bersifat Berimbang

Setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Maka dari itu sekolah harus menerapkan prinsip ini dengan menerapkan strategi dalam membaca dan variasi bacaannya.

Bahasa Lisan Sangat Pentin

Setiap siswa harus memiliki kemampuan berdiskusi tentang suatu informasi dengan format diskusi terbuka yang memungkinkan terjadinya sebuah perbedaan pendapat. Dengan demikian, diharapkan siswa mampu menyampaikan pendapatnya serta melatih kemampuan berpikir kritis.

Berlangsung pada Semua Kurikulum

Program literasi harus diterapkan pada seluruh siswa dan tidak hanya tergantung pada kurikulum tertentu. Artinya kegiatan literasi menjadi suatu hal yang wajib bagi semua guru dan bidang studi.

Pentingnya Keberagaman

Keberagaman merupakan sesuatu yang layak dihargai dan dirayakan di setiap sekolah. Hal semacam ini bisa diusahakan dengan cara menyediakan berbagai buku betema kekayaan budaya negara Indonesia, sehinga pada akhirnya siswa lebih mengenal budaya bangsa dan diharapkan bisa turut serta melestarikannya.


Realita Dunia Literasi di Indonesia

Realita Dunia Literasi Di Indonesia

Sampai saat ini bisa dikatakan jika kegiatan literasi masyarakat Indonesia masih tergolong cukup rendah. Hal ini dipengaruhi oleh minimnya pemahaman tehadap pentingnya kemampuan literasi. Selain itu, minimnya ketersediaan buku-buku selain buku pelajaran juga turut menjadi pemicu rendahnya minat baca masyarakat Indonesia.

Namun ada kabar yang cukup menggembirakan. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh World Culture Index Score pada tahun 2018, kegemaran masyarakat Indonesia dalam hal literasi mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Indonesia menempati urutan ke-17 dari 30 negara. Padahal sebelumnya indonesia menempati rangking 60 dari 61 negara dalam hal literasi dan membaca.

Dalam hal membaca, rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu membaca enam jam per minggu, mengalahkan Brazil, Argentina, Mexico, Turki, Kanada, Spanyol, Jerman, Italia, Amerika Serikat, Jepang. Taiwan, dengan masing-masing tiga jam per minggu.

Mengingat begitu pentingnya kegiatan literasi ini, penting bagi setiap individu untuk mulai menggalakkan kegiatan literasi ini. Dan semoga ulasan singkat pengertian literasi ini bisa semakin menyadarkan tentang begitu pentingnya kegiatan literasi untuk kehidupan Anda dan Bangsa Indonesia.

Pengertian Literasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *