Pengertian Musik Adalah : Contoh, Jenis, Unsur dan Menurut Para Ahli

Pengertian Musik

Pengertian Musik – Susunan nada dalam urutan yang menghasilkan komposisi suara merupakan gambaran sederhana dari pengertian musik. Penyusunannya menghasilkan beberapa jenis. Dan unsur yang ada di dalamnya juga beragam.

Hampir setiap orang pernah mendengarkan musik. Musik dianggap sebagai sesuatu yang menenangkan. Lantunan nada yang dihasilkan dari sejumlah alat yang dipadukan dengan baris syair bisa membangkitkan emosional seseorang.

Musik juga bisa mewakili perasaan seseorang. Dengan bermusik, seseorang bisa berekspresi sekaligus menunjukkan apa yang dirasakannya saat itu. Oleh karenanya, musik bisa dikatakan sebagai cara untuk berbagi rasa dengan orang lain.

Pertanyaannya sekarang ada apa yang dimaksud dengan musik itu sendiri? Untuk mengetahuinya, mari perhatikan pendapat dari beberapa ahli mengenai pengertian musik berikut.


Pengertian Musik Menurut Para Ahli

Pengertian Musik Menurut Para Ahli

Meskipun sering didengarkan, belum tentu seseorang mengetahui apa yang dimaksud dengan musik. Untuk memahaminya, simaklah beberapa pendapat yang dikemukakan para ahli di bawah ini.

David Ewen

Musik merupakan sebuah seni kombinasi ritmik dengan beberapa nada yang mencakup harmoni dan melodi sebagai ekspresi dari segala hal yang diungkapkan. Ini berarti bahwa musik yang dihasilkan adalah bagian dari mengekspresikan diri akan sesuatu yang dirasakan saat itu.

Reed dan Sidnell

Musik adalah cabang seni berbentuk suara yang mengandung unsur ritme, harmoni, melodi dan timbre. Unsur-unsur ini tergabung, menjadi satu kesatuan. Kombinasi ini menghasilkan karya seni yang luar biasa.

Jamalus

Pengertian musik tak lain adalah sesuatu yang menghasilkan karya seni berupa bunyi berbentuk lagu/komposisi. Lagu ini mengungkapkan perasaan dan fikiran dari pembuatnya.

Rina

Rina memberikan pendapat sederhana bahwa musik merupakan cabang kesenian yang pengungkapannya diperoleh dari bunyi-bunyian atau suara. Ini berarti bahwa setiap bunyi yang dihasilkan dari sesuatu dianggap sebagai musik. Dengan catatan, hasilnya tergolong dalam karya seni.

Sunarto

Menurut Sunarto, pengertian musik adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur. Bunyinya memiliki unsur yang teratur. Begitu juga memiliki keselarasan yang indah.

Sederhananya, musik adalah satu jenis karya seni yang dihasilkan dari bunyi-bunyian/suara. Bunyi-bunyian ini diselaraskan dengan syair yang memiliki penyusunan yang indah. Kombinasi ini membentuk musik yang mewakili fikiran/perasaan seseorang.

Baca Juga: Pengertian Saham


Unsur-Unsur Yang Terdapat Dalam Musik

Unsur Unsur Yang Terdapat Dalam Musik

Musik berfungsi sebagai hiburan ataupun media untuk mengekspresikan diri. Musik bisa terlahir dari perasaan/fikiran seseorang yang dituangkan dalam bunyi-bunyi maupun syair. Untuk membuat keseluruhan nada yang selaras, dibutuhkan unsur-unsur musik berikut ini.

Irama

Irama sendiri menjadi penentu ketukan di dalam musik. Hal ini memungkinkan bunyi dari ketukan/musik menjadi lebih panjang/pendek ataupun keras maupun lembut.

Melodi

Daya tarik dalam musik terdapat dalam unsur melodi. Melodi dipahami sebagai kesatuan frasa yang diperoleh dari nada-nada yang berurutan.

Harmoni

Harmoni adalah keselarasan dalam musik. Nada-nada yang dimainkan bersama-sama bisa menghasilkan bunyi-bunyian yang enak didengar. Susunannya dibuat dari akor-akor yang normalnya dimainkan dengan alat musik.

Birama

Unsur musik lainnya adalah birama. Birama dikenali sebagai ayunan ketukan musik yang dilakukan secara berulang dan teratur. Keteraturan ini memiliki dasar-dasar sendiri. Ada yang dikenal dengan birama bainar dan ada yang dinamai dengan teinar.

Tempo

Tempo adalah kecepatan dari birama lagu. Ketika musik dimainkan dengan sangat cepat, temponya juga akan semakin besar. Kategorinya cukup banyak. Diantaranya adalah tempo lambat, sedang sampai yang paling cepat.

Dinamika

Dinamika berhubungan dengan permainan nada dengan volume tertentu. Dinamika menjadi penanda apakah nada akan dimainkan dengan volume keras atau tidak. Dengan dinamika, lagu bisa dipahami sebagai lagu sedih, riang dan lain sebagainya.

Timbre

Timbre adalah kualitas dari bunyi itu sendiri. Kualitasnya ditentukan oleh sumber bunyi. Misalnya suara suling akan berbeda dengan suara yang dihasilkan alat musik lainnya.

Tangga Nada

Ini dipahami sebagai susunan nada bertingkat. Ada yang disebut diatonis yang tangga nadanya tersusun dari 7 buah nada. Ada pula pentatonis yang hanya disusun dari 5 buah nada.

Ekspresi

Unsur yang terakhir adalah ekspresi. Ini berkaitan dengan pembawaan dari penyanyi. Misalnya apakah mampu menterjemahkan lagu dengan pembawaan yang tepat atau tidak.

Baca Juga: Pengertian Produksi


Jenis-Jenis Musik

Jenis Jenis Musik

Banyak sekali jenis musik yang didengar saat ini. Secara umum, musik terbagi menjadi dua. Yaitu musik tradisional dan modern. Tetapi secara spesifik, jenis musik dibagi menjadi sebagai berikut ini.

Dangdut

Jenis musik ini berpusat pada musik melayu. Pemanfaatan alat seperti gendang dan suling sangat besar. Dan dangdut sendiri menjadi identitas musik tanah air.

Pop

Jenis ini paling populer di dunia. Ini merupakan bentuk modern dari musik rock and Roll. Awal terbentuknya musik ini di era tahun 1950an.

Rock

Musik ini berasal dari jenis rock and roll. Kemudian dipengaruhi oleh jenis lainnya seperti jazz dan klasik. Hal yang paling disorot dalam musik ini adalah penggunaan gitar listriknya.

Masih banyak sekali jenis musik. Terhitung ada jazz, hip hop, country dan lain sebagainya. Tentunya jenis musik ini memiliki ciri khasnya sendiri.

Kesimpulannya, musik adalah bagian dari seni yang didapatkan dari alunan bunyi suara yang bisa mewakili perasaan dari pembuatnya. Itulah gambaran sederhana mengenai pengertian musik.

Pengertian Musik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *