Pengertian Pasar Modal Adalah : Contoh, Fungsi, Jenis dan Manfaat

Pengertian Pasar Modal

Pengertian Pasar Modal – Secara sederhana pengertian pasar modal atau capital market adalah pasar untuk berbagai instrumen keungan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan. Artinya pasar modal merupakan sarana dan prasarana aktivitas jual beli dak aktivitas lainnya yang terkait.

Selain itu pasar modal juga bisa dipahami sebagai fasilitas pendanaan untuk perusahaan maupun lembaga lainnya dan sebagai sarana kegiatan berinvestasi. Contohnya seperti ekuiti (saham), surat utang (obligasi), reksadana, instrumen derivatif dan instrumen lainnya.


Definisi Pasar Modal Menurut Para Ahli

Definisi Pasar Modal Menurut Para Ahli 4

Untuk memahami apa itu pasar modal, pengertian pasar modal dari beberapa ahli di bawah ini bisa dijadikan sebagai bahan rujukan.

Saud Husnan

Pasar modal didefinisikan sebagai pasar untuk berbagai instrumen keuangan atau sekuritas jangka panjang yang dapat diperjualbelikan. Instrumen tersebut termasuk dalam bentuk hutang maupun modal sendiri, baik yang diterbitkan pemerintah, publik, maupun perusahaan swasta.

Sunariyah

Pasar modal didefinisikan sebagai tempat pertemuan antara penawaran dan permintaan surat berharga.

Irham

Pasar modal didefinisikan sebagai sebuah pasar tempat dana-dana modal seperti halnya skuitas dan utang diperdagangkan.

Tjiptono Darmadji dan Hendy M. Fakhruddin

Pengertian pasar modal menurut Tjipto Darmadji dan Hendy M. Fakhruddin bisa dipahami sebagai pasar untuk berbagi instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik dalam bentuk utang, ekuitas (saham), instrumen derivatif maupun insrumen lainnya.

Baca Juga: Pengertian Literasi


Fungsi Pasar Modal

Fungsi Pasar Modal

Pasar modal memiliki fungsi yang sangat vital bagi pihak yang ingin mendapatkan keuntungan dari investasi. Adapun fungsi pasar modal diantaranya adalah:

Bagi perusahaan

Pasar modal bisa memberikan peluang bagi perusahaan untuk memperoleh dana yang relatif memiliki resiko investasi atau cost of capital yang rendah jika dibandingkan dengan sumber dana jangka pendek yang berasal dari pasar uang.

Bagi investor

Pasar modal bisa dikatakan sebagai salah satu alternatif investasi terbaik bagi para pemodal, utamanya pada instrumen pasar modal yang menawarkan likuiditas tinggi. Artinya pasar modal bisa memberikan ruang kepada para investor untuk memperoleh return yang cukup tinggi.

Bagi perekonomian nasional

Pasar modal dapat mendorong dan mendukung perekonomian nasional. Artinya pasar modal ini memiliki peran yang cukup vital untuk pertumbuhan dan stabilitas ekonomi nasioanl.


Jenis-Jenis Pasar Modal

Jenis Jenis Pasar Modal

Jenis-jenis pasar modal bisa dibagi menjadi empat kategori, diantaranya adalah:

Primary Market atu Pasar Perdana

Primary market atau pasar perdana merupakan penawaran saham dari perusahaan yang menerbitkan saham kepada para investor dalam waktu yang telah ditetapkan sebelum saham tersebut diperdagangkan di secundery market atau pasar sekunder.

Secundery Market atau Pasar Sekunder

Di dalam secundery market atau pasar sekunder ini saham dan sekuritas lainnya diperjualbelikan secara lebih luas setelah melewati primary market atau pasar perdana. Harga saham di dalam pasar sekunder ini sangat dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran antara penjual dan pembeli.

Third Market atau Pasar Ketiga

Third Market atau pasar ketiga ini merupakan tempat perdagangan saham atau sekuritas lainnya di luar bursa atau dalam istilah lain sering disebut dengan over the counter market.

Fourth Market atau Pasar Keempat

Fourth market atau pasar keempa ini adalah bentuk perdagangan efek antara pemodal atau pengalihan saham dari pemilik satu ke pemilik yang baru tanpa melalui perantara bursa efek.

Baca Juga: Pengertian Musik


Manfaat Pasar Modal

Manfaat Pasar Modal

Setelah tahu pengertian pasar, fungsi, dan jenisnya, pertanyaan yang akan muncul setelah itu adalah apa saja manfaat dari pasar modal itu sendiri? Untuk lebih jelasnya lagi, di bawah ini adalah manfaat pasar modal.

Sarana pengalokasian dana yang efisien

Kenapa? Para investor dapat melakukan investasi di beberapa perusahaan sekaligus melaui pembelian yang ditawarkan atau diperdagangkan di pasar modal. Sebaliknya, melalui pasar modal tersebut perusahaan juga bisa memperoleh dana yang dibutuhkan dengan cara menawarkan instrumen jangka panjang.

Sebagai alternatif investasi

Pasar modal bisa dijadikan sebagai alternatif lain pada saat ingin berinvestasi. Namun yang perlu diingat adalah meskipun pasar modal menjanjikan keuntungan investasi yang cukup besar, namun di sisi lain resikonya pun sama besarnya.

Para investor bisa memiliki perusahaan yang sehat

Perusahaan yang sehat dan memiliki prospek yang menjanjikan sebaiknya tidak hanya dimiliki oleh sejumlah orang saja. Ketika kepemilikan disebarkan secara luas maka akan mendorong perusahaan tersebut terus berkembang dan menjadi lebih transparan.

Pelaksanaan manajemen perusahaan lebih profesional

Keikutsertaan masyarakat di dalam kepemilikan perusahaan maka akan mendorong perusahaan tersebut bekerja lebih profesional, efisien, dan berorientasi pada keuntungan. Kondisi ini selanjutnya akan menciptakan kondisi good corporate governance.

Peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat

Dengan adanya pasar modal, perusahaan-perusahaan akan lebih mudah dalam memperoleh modal, sehinga pada akhirnya akan berdampak pada perekonomian nasional yang terus meningkat. Kondisi seperti ini secara otomatis akan menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih luas hingga mampu meningkatkan pendapatan negara pada sektor pajak.

Demikianlah ulasan singkat terkait dengan pasar modal. Sampai di sini pastinya Anda sudah paham betul apa itu sebenarnya pasar modal. Terlebih lagi di atas sudah dijelaskan pengertian pasar modal baik secara umum maupun dari para ahli.

Pengertian Pasar Modal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *