Pengertian PHP Adalah : Contoh, Fungsi, Sejarah dan Kelebihan

Pengertian PHP

Pengertian PHP – Sudahkah Anda mengetahui tentang pengertian PHP? PHP merupakan kependekan dari Hypertext Preprocessor. Ini menjadi istilah pokok dalam dunia pemograman.

Di dunia pemograman, hasil akhir dari sebuah program ditentukan oleh kegiatan pemograman itu sendiri. Script diletakkan di dalam text editor, kemudian diolah untuk memudahkan user dalam memberikan perintah pada perangkat komputer.

Script ini berupa sebuh simbol atau kata-kata sederhana yang sudah dibakukan sebagai bahasa pemograman. Bentuknya sangat mirip dengan HTML. Tetapi kenyataannya PHP dan HTML ini berbeda.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menunjukkan tentang pengertian PHP menurut sejumlah pakar. Di samping itu, kami juga mengajak Anda untuk mengetahui fungsi beserta jenisnya yang biasanya digunakan dalam pembuatan website.


Pengertian PHP Menurut Para Ahli

Pengertian PHP Menurut Para Ahli

Istilah PHP muncul pada tahun 90an. Kemunculannya berkaitan dengan perkembangan teknologi. Khususnya perkembangan komputer dan jaringan Internet.

Dahulu, PHP dikenal sebagai Personal Home Page. Yakni sebuah script khusus yang sengaja ditanam dalam bentuk HTML ke dalam sebuah perangkat komputer. Skrip ini nantinya akan dieksekusi oleh server untuk menciptakan hasil yang diinginkan oleh programmer.

Untuk menjelaskan tentang pengertian PHP, Anda bisa melihat definisi yang dijelaskan oleh sejumlah pakar. Berikut adalah penjelasan para ahli seputar PHP.

Arief (2011) mendefinisikan PHP sebagai bahasa server side scripting yang menyatu dengan HTML. Bahasa ini digunakan untuk membuat sebuah halaman website dinamis. Ini jelas berbeda dengan HTML yang hanya ditujukan untuk membuat halaman statis.

Sintaks yang ditanam ke dalam sebuah program memungkinkan server untuk melakukan eksekusi. Hasil dari pengolahan server nantinya dikirim ke browser dalam bentuk HTML.

Sementara menurut Betha Sidik (2012), PHP diartikan sebagai bahasa pemograman script yang membuat sebuah dokumen HTML yang nantinya akan dieksekusi di dalam server web. Dokumen yang dibuat bukan menggunakan teks editor, melainkan menggunakan aplikasi yang dikenal dengan pemograman server side.

Sedangkan Sibero (2011) mengartikan pengertian PHP sebagai pemograman interpreter. Maksudnya adalah sebagai proses penterjemah kode sumber menjadi kode mesin yang dimengerti oleh komputer secara langsung.

Ketika baris kode dijalankan, hal ini membentuk perintah yang nantinya dimengerti oleh mesin. Dan bila berhubungan dengan server side programming, seluruh proses ini akan dijalankan pada server.

Dari beberapa penjelasan pakar bisa ditarik kesimpulan kalau PHP adalah bahasa pemograman yang diproses pada komputer server untuk membuat website dinamis. Bahasa ini berupa sebuah kata yang diperoleh dari kepanjangan singkatan kata itu sendiri.

Baca Juga: Pengertian Demokrasi


Fungsi Dari PHP

Fungsi Dari PHP

Berjalannya waktu, PHP menjelma sebagai salah satu bahasa pemograman sebuah website terpopuler. Kepopulerannya mengalahkan bahasa pemograman lainnya. Bahkan situs-situs besar mulai memanfaatkan PHP ini.

Sifatnya yang open source membuat programmer leluasa dalam menciptakan sebuah tampilan website yang lebih menarik. Artinya, PHP dimanfaatkan untuk bergulat dengan mesin komputer atau server saja, melainkan untuk membuat para visitor website semakin memahami apa yang diinginkan dari pembuatan website tersebut.

Bicara mengenai fungsi PHP, salah satu fungsi utamanya adalah untuk membuat halaman sebuah website. Script PHP ini bisa ditanam dan menyatu dengan HTML. Tentunya untuk menciptakan halaman website yang lebih dinamis.

Tidak hanya itu saja, PHP juga berfungsi untuk pengembangan website. Kemudian bisa digunakan untuk menyimpan data dalam database, serta memproses form sesuai hal yang diinput oleh user. Makanya, seorang programmer harus menguasai PHP ini.

Baca Juga: Pengertian Algoritma


Jenis-Jenis Data PHP

Jenis Jenis Data PHP

Dalam membuat website dinamis, seorang programmer seharusnya menguasai jenis-jenis data PHP. Maksudnya adalah karakter atau bahasa yang biasanya digunakan di dalamnya. Karena penguasaan ini menentukan keberhasilan dalam membuat sebuah program yang berjalan dengan baik.

Salah satu jenisnya adalah integer. Karakter yang digunakan berupa bilangan bulat. Fungsinya untuk menunjukkan bilangan bulat itu sendiri.

Jenis lainnya adalah Float. Tipe data ini menghasilkan bilangan berkoma pada tampilan website. Hanya saja, penggunaan karakter yang ditanamkan dalam sebuah program berbentuk titik.

Kemudian ada tipe string. Tipe ini biasanya ditulis dalam bentuk kata ataupun teks. Kata yang ditulis memiliki fungsi untuk menjelaskan sesuatu dalam suatu halaman.

Selain itu, ada juga yang dinamakan dengan Boolen. Tipe ini menjelaskan tentang nilai true/false yang digunakan untuk menjelaskan sebuah logika. Contohnya adalah penggunakan karakter IF.

Ada juga tipe array. Tipe ini memiliki banyak nilai. Bisa dikatakan jika tipe array merupakan kumpulan beberapa tipe data yang ada dalam pemograman.

Keseluruhan tipe data ini akan menjadi satu kesatuan untuk membuat sebuah program yang berjalan utuh. Masing-masing tipe memiliki tipe karakter sendiri-sendiri dan memiliki arti/fungsi. Makanya, programmer perlu mempelajari beberapa karakter yang biasanya digunakan untuk menjalankan fungsi tertentu dalam sebuah program.

Intinya, PHP adalah sebuah bahasa pemograman yang ditujukan untuk membuat sekaligus mengembangkan sebuah website dinamis sesuai keinginan programmer. Bahasa ini kemudian dieksekusi oleh server yang nantinya muncul dalam browser dalam format HTML. Itulah kurang lebih informasi tentang pengertian PHP.

Pengertian PHP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *