Pengertian Proposal Adalah : Contoh, Fungsi, Tujuan dan Struktur

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal – Pengertian proposal dipahami sebagai sebuah rencana berisi tentang rancangan kerja yang dibuat secara sistematis. Proposal dibuat dengan berbagai kepentingan. Tergantung jenis dari proposal itu sendiri.

Proposal sendiri berasal dari bahasa Inggris berupa Propose. Artinya adalah mengajukan ataupun memohon. Ini berarti bahwa pihak pembuat sedang mengajukan ide/gagasan pada pihak lain dengan tujuan supaya memperoleh dukungan.

Dukungan ini bisa apa saja. Mulai dari dukungan perijinan untuk melakukan kegiatan, sampai dukungan sponsorship. Ini bisa diartikan sebagai permohonan bantuan dana.

Untuk membuatnya lebih mudah dipahami, proposal harus dibuat secara sistematis. Ada unsur-unsur baku yang harus dipenuhi. Apa saja unsurnya? Mari temukan jawabannya bersamaan dengan pengertian proposal serta tujuannya di bawah ini.


Pengertian Proposal Menurut Para Pakar

Pengertian Proposal Menurut Para Pakar

Apa yang dimaksud dengan proposal? Para pakar memberikan pendapatnya terkait jawaban tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut!

Hasnun Anwar

Menurut Hasnun Anwar, proposal adalah sebuah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu. Ini berarti bahwa tulisan yang dibuat berisikan tentang gambaran dari sebuah kegiatan. Susunan ini dibuat secara urut untuk memudahkan pembaca dalam memahami apa yang diharapkan oleh pembuat proposal.

Rieefky

Menurut Rieefky, proposal ialah sebuah rancangan kegiatan yang berbentuk formal dan standar. Maksudnya, rancangan kegiatan yang dibuat mengikuti aturan-aturan bakunya. Yakni ada tahap-tahapnya yang saling berkaitan dengan yang lainnya.

Jay (2006)

Jay berpendapat bahwa pengertian proposal tidak lain merupakan sebuah alat bantu menagemen standar untuk membuat managemen organisasi bisa berfungsi secara efisien dan efektif. Hal ini sangat masuk akal. Karena proposal sendiri diisi dengan sejumlah tahapan yang berbentuk rencana kerja.

Ketika memiliki rencana kerja tersebut, managemen bisa mengetahui apa yang harus dilakukan. Tentunya kegiatan akan dilakukan sesuai urutan yang telah disusun dalam proposal tersebut.

Hadi

Hadi menjelaskan proposal sebagai usulan terstruktur yang dimanfaatkan sebagai agenda kerjasama bisnis antara lembaga serta sebagai usulan untuk pemecahan masalah. Tentunya, usulan ini berisikan tentang kejelasan sebuah masalah yang bisa dipahami oleh pihak pembaca. Dengan begitu, ada persetejuan untuk melakukan penelitian yang diharapkan mampu memecahkan masalah yang diangkat.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa pengertian proposal merupakan sebuah rencana kerja yang dibuat dalam bentuk tulisan secara sistematis. Rencana ini akan disampaikan pada pihak lain. Tentunya dengan berbagai tujuan.

Baca Juga: Pengertian Artikel


Tujuan Dari Pembuatan Proposal

Tujuan Dari Pembuatan Proposal

Proposal ini memiliki gambaran singkat dari hal-hal yang akan dilakukan kedepannya. Penyederhanaannya dalam tulisan ini memungkinkan pihak pembaca lebih mudah dalam memahaminya. Makanya, penerimanya akan tanggap dengan apa yang diinginkan oleh si pembuat.

Mengenai tujuan pembuatannya, proposal dibuat untuk memperoleh persetujuan atau perijinan dari pihak penerima. Misalnya meminta persetujuan untuk mengadakan sebuah kegiatan di tempat tersebut. Caranya dengan melampirkan informasi tentang rencana kegiatan di dalamnya.

Selain itu, tujuan proposal diantaranya adalah untuk mengajukan bantuan kerjasama dengan pihak lain. Ini berkaitan dengan pendanaan. Maksudnya adalah meminta bantuan dana untuk menjalankan sebuah rencana kerja.


Jenis-Jenis Proposal

Jenis Jenis Proposal

Sebagai bagian dari rencana kerja, proposal ini memiliki beberapa jenis. Jenisnya bergantung pada tujuannya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Proposal Penelitian

Kebanyakan proposal jenis ini digunakan pada bidang akademisi. Tujuannya adalah untuk memperoleh persetujuan dalam melakukan penelitian terhadap isu yang diangkat. Contohnya adalah proposal untuk membuat skripsi ataupun tesis.

Proposal Kegiatan

Proposal ini dibuat untuk memperoleh ijin dalam melakukan kegiatan yang sudah direncanakan. Proposal ini sekaligus digunakan untuk meminta bantuan dana. Dengan adanya permintaan bantuan dana, pihak pemohon biasanya akan memberikan sesuatu yang berguna bagi donaturnya.

Proposal Bisnis

Proposal jenis ini berhubungan dengan kegiatan usaha/bisnis yang dilakukan oleh seseorang. Pengajuan ini bisa berupa permintaan ijin untuk mendirikan sebuah usaha di tempat tertentu. Selain itu bisa digunakan untuk mengajukan kerjasama dengan pihak lainnya.

Proposal Proyek

Jenis ini juga hampir menyerupai proposal bisnis. Bedanya adalah rencana yang dibuat berisi rangkaian rencana kegiatan pembangunan. Entah itu pembangunan sebuah gedung ataupun jalan dan fasilitas umum lainnya.

Baca Juga: Pengertian Pariwisata


Unsur Yang Terdapat Dalam Proposal

Unsur Yang Terdapat Dalam Proposal

Dalam membuat proposal, terdapat unsur-unsur pembentuk yang harus dipenuhi. Unsur ini sangat dibutuhkan untuk memberikan gambaran ide secara jelas. Bahkan untuk mengetahui setiap langkah yang akan diambil yang disertakan dengan berbagai asumsi.

Diantara unsur yang dibutuhkan adalah latar belakang masalah, rumusan masalah serta tujuan dibuatnya sebuah proposal. Selain itu terdapat unsur hipotesis, manfaat proposal, kajian pustak dari sebuah masalah yang diteliti serta definisi operasional yang terdapat dalam proposal.

Kesemua unsur dituliskan secara sistematis dan urut. Penulisan ini diharapkan bisa menjadi gambaran sederhana yang bisa dipahami dengan baik. Bahkan asumsi dari hasil kegiatan diketahui oleh pihak lain sehingga memudahkan untuk memberikan persetujuan.

Dari gambaran di atas, proposal tidak lain merupakan rancangan berbentuk tulisan mengenai kegiatan-kegiatan yang ditulis secara sistematis. Tulisan ini meliputi latar belakang, tujuan, hipotesis serta manfaat. Itulah kurang lebih yang bisa dipahami dari pengertian proposal.

Pengertian Proposal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *