Pengertian Saham Adalah : Contoh, Jenis, Keuntungan dan Resiko

Pengertian Saham

Pengertian Saham – Pengertian saham secara umum adalah suatu jenis berkas atau dokumen berharga yang berguna untuk menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan.

Dikeluarkan oleh perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dan merupakan salah satu jenis surat berharga yang diperdagangkan di pasar modal. Sederhananya, saham adalah bukti kepemilikan atas suatu perusahaan yang berwujud selembar kertas.


Pengertian Saham Menurut Para Ahli

Pengertian Saham Menurut Para Ahli

Saham dapat didefinisikan sebagai pernyataan bahwa pemilik saham tersebut adalah pemilik suatu bagian dari perusahaan yang menerbitkan saham tersebut. Sementara menurut para ahli, ada beberapa pendapat mengenai pengertiannya yaitu:

Sapto Raharjo

Menyebutkan bahwa definisi saham ialah suatu surat berharga yang merupakan alat bukti kepemilikan atau penyertaan dari individu atau instansi dalam suatu badan perusahaan.

Sunariyah

Saham adalah suatu bentuk surat berharga yang dikeluarkan oleh perusahaan berbentuk PT atau yang biasa disebut dengan emitmen.

Swadidji Widoatmodjo

Ialah surat berharga yang diterbitkan oleh perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas atau yang disebut emiten.

Nofie Iman

Saham diartikan sebagai surat berharga yang memberikan peluang keuntungan yang tinggi dengan resiko yang tinggi pula.

Rusdin

Menjelaskan pengertian saham sebagai sebuah sertifikat yang membuktikan kepemilikan dari suatu perusahaan. Pemegang saham berhak untuk klaim atas penghasilan dan aktiva perusahaan.

Tjiptono Darmaji dan Hendy M. Fakhrudin

Saham sebagai surat berharga yang merupakan bukti kepemilikan individu atau instansi atas suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Yang mana saham ini berwujud selembar kertas berharga yang menyatakan bahwa pemilik saham adalah pemilik perusahaan yang menerbitkan saham tersebut.

Irham Fahmi

Menyatakan saham ialah kertas tanda bukti penyertaan kepemilikan modal atau dana pada sebuah perusahaan. Yang mana tercantum dengan jelas nilai nominal dan nama perusahaan, lengkap dengan hak dan kewajiban yang jelas kepada setiap pemegangnya.

Paulus Situmorang

Saham merupakan bukti penyertaan modal pada sebuah perusahaan perseroan terbatas dengan perolehan manfaat berupa deviden.

Sri Hermuningsih

Pengertian saham adalah salah satu surat berharga yang diperdagangkan di pasar modal yang bersifat kepemilikan dan merupakan tanda penyertaan modal seorang atau badan usaha dalam sebuah perusahaan atau perseroan terbatas.

Baca Juga: Pengertian Produksi


Jenis-Jenis Saham

Pengertian Saham Menurut Para Ahli

  1. Berdasarkan Kemampuan Hak Tagihnya
  2. Saham Biasa, ialah saham yang menempatkan pemiliknya sebagai prioritas terakhir terhadap pembagian dividen dan hak atas kekayaan perusahaan bila dilikuidasi. Yang mana jika perusahaan bangkrut maka kerugian maksimum yang ditanggung adalah sebesar jumlah investasi.
  3. Saham Preferen, ialah saham yang karakteristiknya merupakan kombinasi antara obligasi dan saham biasa. Karena bisa menghasilkan pendapatan tetap seperti obligasi atau juga bisa tidak memperoleh hasil yang dikehendaki.
  4. Berdasarkan Cara Peralihannya
  5. Saham Atas Unjuk, saham tidak tercantum nama pemilik agar mudah untuk dipindah tangankan.
  6. Saham Atas Nama, saham yang didalamnya tercantum jelas nama pemilik dan peralihannya harus melalui cara tertentu.
  7. Berdasarkan Kinerja Perdagangan
  8. BlueChip Stocks, saham biasa dari perusahaan yang memiliki reputasi sangat bagus (saham unggulan).
  9. Income Stocks, saham biasa dari emitmen dengan kemampuan membayar dividen diatas rata-rata yang dibayarkan di tahun sebelumnya. Saham ini umumnya dapat memberikan pendapatan tinggi dan deviden tunai dengan teratur (saham pendapatan).
  10. Growth Stocks, saham dengan pertumbuhan yang tinggi dan market leader di industri sejenis dengan reputasi tinggi (saham pertumbuhan).
  11. Speculative Stocks, saham dari perusahaan yang belum konsisten dalam pendapatan rutin setiap tahunnya. Tetapi berpotensi memiliki pendapatan tinggi di masa akan datang meski belum pasti.
  12. Counter Cyclical Stockss, pengertian saham yang tidak terpengaruh dengan kondisi ekonomi makro ataupun kondisi bisnis secara umum.

Keuntungan Saham

Keuntungan Saham

Banyaknya investor saham sekarang ini tidak lepas karena besarnya keuntungan yang dapat diperoleh. Keuntungan yang bisa didapatkan pemilik saham tersebut, secara garis besar dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

  1. Capital Gain, keuntungan yang didapatkan dari selisih harga jual dan harga beli, yang mana harga jual saham lebih tinggi dari harga belinya.
  2. Dividen, keuntungan yang didapat dari pembagian dividen tunai suatu emiten, atau bagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham.

Baca Juga: Pengertian HTML


Resiko Investasi Saham

Resiko Investasi Saham

Meskipun menjanjikan keuntungan yang besar, saham juga memiliki resiko yang harus diantisipasi. Adapun beberapa resiko tersebut adalah:

Capital Loss

Terjadi ketika harga jual saham lebih rendah dibanding harga belinya sehingga investor kehilangan modalnya.

Resiko Likuidasi

Terjadi ketika perusahaan yang sahamnya dimiliki bangkrut atau dibubarkan. Yang mana hak klaim dari pemegang saham mendapat prioritas terakhir setelah kewajiban perusahaan tersebut dibayar, yang bisa jadi mereka tidak mendapat apapun ketika aktiva tidak tersisa.

Saham Delisting dari Bursa

Kerugian yang disebabkan karena saham dihapus atau dikeluarkan dari bursa sebab alasan tertentu sehingga saham tersebut tidak bisa diperdagangkan.

Tidak Adanya Pembagian Dividen

Terjadi ketika keuntungan perusahaan digunakan oleh emiten untuk ekspansi usaha sehingga tidak membagikan dividen pada pemegang saham.

Itulah ulasan mengenai pengertian saham beserta jenis-jenis saham, keuntungan dan juga resiko investasi saham. Beberapa informasi tersebut bisa jadi pertimbangan Anda jika ingin mencoba investasi saham.

Pengertian Saham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *