Pengertian Sampah Adalah : Contoh, Jenis, Dampak dan Manfaat

Pengertian Sampah

Pengertian Sampah – Tahukah Anda apa pengertian sampah? Sampah menjadi satu hal yang sangat tidak asing bagi kita. Hampir di setiap tempat, sampah pasti dapat kita temukan apapun bentuknya.

Mulai dari sampah plastik, botol dan barang-barang bekas hingga sampah makanan dan sampah dari alam. Sisa-sisa barang yang sudah tidak terpakai lagi ini bahkan juga kerap menimbulkan masalah dalam masyarakat.


Pengertian Sampah Menurut Para Ahli

Pengertian Sampah Menurut Para Ahli

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan dan dibuang sebagai hasil dari suatu proses produksi atau setelah penggunaannya berakhir. Adapun definisi sampah menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

  • Juli Soemirat

Sampah merupakan sesuatu yang bersifat padat yang tidak dikehendaki atau diinginkan lagi oleh seseorang yang memilikinya.

  • Azwar

Beranggapan bahwa sampah adalah sebagian dari sesuatu yang sudah tidak lagi dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang wajib untuk dibuang. Biasanya berasal dari aktivitas manusia (termasuk industri) tapi bukan sesuatu yang biologis. Karena kotoran manusia tidak termasuk di dalamnya.

  • Bahar

Pengertian sampah menurut Bahar adalah barang buangan yang harus bersifat padat, sehingga tidak dapat diuraikan dengan sempurna oleh alam. Yang pada akhirnya mengakibatkan kerusakan lingkungan, turunnya nilai sumber daya, menimbulkan polusi, membawa penyakit dan dampak negatif lainnya.

  • Basriyanta

Mengemukakan pendapat bahwa sampah adalah barang yang tidak lagi dipakai oleh pemiliknya sehingga dianggap harus dibuang. Akan tetapi barang tersebut mungkin masih bisa dipakai atau diolah kembali menjadi sesuatu yang baru.

  • Tanjung

Definisi sampah menurut Tanjung adalah suatu barang yang dibuang oleh pemiliknya karena sudah tidak berguna lagi.

  • Wijaya Jati

Menurut Wijaya Jati, sampah adalah sesuatu yang dihasilkan sebagai bentuk konsekuensi dari seluruh kegiatan yang dilakukan manusia.

  • WHO

World Health Organization atau WHO beranggapan bahwa sampah merupakan sesuatu yang berasal dari aktivitas manusia yang sudah tidak lagi digunakan, tidak disukai dan sudah dibuang. Yang mana sesuatu tersebut tidak terjadi dengan sendirinya.

  • KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, sampah diartikan sebagai suatu barang yang dibuang oleh pemiliknya karena tidak terpakai lagi.

  • Undang-Undang

Menurut UU tentang pengelolaan sampah No. 18 Tahun 2008, pengertian sampah adalah sisa dari kegiatan manusia yang dilakukan sehari-hari dan juga dari proses alam yang berbentuk padat.

Baca Juga: Pengertian Integritas


Jenis-Jenis Sampah

Jenis Jenis Sampah

Terdapat beberapa jenis sampah berdasarkan sifat, sumber dan bentuknya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan jenis-jenis sampah berikut ini:

1. Berdasarkan Sifatnya

  • Sampah Organik

Merupakan sampah yang berasal dari bahan hayati yang bisa membusuk dan terurai secara alami untuk kemudian bisa diolah menjadi kompos. Contohnya seperti sampah sayuran, sisa makanan, bangkai tumbuhan dan hewan, daun-daun kering dan lain sebagainya.

  • Sampah Non Organik

Adalah jenis sampah dari bahan non hayati yang tidak mudah membusuk ataupun diuraikan. Akan tetapi dapat didaur ulang menjadi suatu produk baru yang lebih bermanfaat. Seperti plastik, botol minuman, kaleng, kaca, bungkus makanan, logam besi dan sebagainya.

2. Berdasarkan Sumbernya

Jenis sampah berdasarkan sumbernya ada beragam, yakni sampah alam, sampah manusia, sampah konsumsi, sampah nuklir atau radioaktif, sampah industri hingga sampah pertambangan.

3. Berdasarkan Bentuknya

  • Sampah Padat

Pengertian sampah padat adalah sampah yang dibuang oleh manusia, kecuali kotoran. Seperti plastik dan kaleng bekas, sampah dapur, pecahan gelas, botol minuman dan lain sebagainya.

  • Sampah Cair

Definisi sampah cair adalah sampah dari suatu bahan cair yang tidak dibutuhkan dan dibuang oleh manusia. Misal seperti air bekas cucian, sampah cair dari toilet hingga sisa cairan dari dapur dan industri.

Baca Juga: Pengertian Jurnal


Dampak Sampah Bagi Masyarakat

Dampak Sampah Bagi Masyarakat

Menurut Gelbert dkk (1996), dampak sampah bagi kehidupan di masyarakat ada tiga. Yakni sebagai berikut:

1. Dampak Sampah Terhadap Kesehatan

Langkah penanganan sampah yang tidak tepat akan memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan masyarakat. Karena sampah tersebut berpotensi berbagai penyakit yang berbahaya bagi kesehatan seperti diare, kolera, tifus, penyakit jamur, cacingan hingga keracunan.

2. Dampak Sampah Terhadap Lingkungan

Penanganan sampah yang tidak baik juga akan menimbulkan masalah terhadap lingkungan di masyarakat. Sebut saja seperti tumpukan sampah di aliran air yang membuatnya menjadi tersumbat dan berpotensi mengakibatkan banjir. Atau sampah cair yang dibuang ke sungai akan menimbulkan bau tidak sedap dan mencemari sekaligus meracuni mahluk hidup di dalamnya.

3. Dampak Sampah Terhadap Sosial dan Ekonomi

Tidak hanya berdampak pada kesehatan dan lingkungan, penanganan sampah yang tidak tepat juga berdampak pada sosial dan ekonomi. Dampak ini antara lain semakin tingginya biaya kesehatan karena munculnya penyakit dan kondisi lingkungan yang tidak bersih karena sampah. Yang pada akhirnya hal ini akan berdampak pada kehidupan masyarakat secara keseluruhan.

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan pengertian sampah, jenis-jenis sampah dan dampak yang bisa ditimbulkan bagi masyarakat. Diharapkan Anda bisa menjadi lebih bijak dalam mengelola sampah sehingga dapat membantu mengurangi masalah yang diakibatkan oleh sampah.

Pengertian Sampah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *