Pengertian Strategi Adalah : Contoh, Tujuan dan Manfaat Secara Umum

Pengertian Strategi

Pengertian Strategi – Pengertian strategi secara umum bisa didefinisikan sebagai penentuan rancana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang suatu organisasi, disertai dengan penyusunan suatu cara dan upaya bagaimana tujuan tersebut supaya bisa tercapai.

Kemudian secara khusus strategi bisa dipahami sebagai tindakan yang bersifat incremental (secara meningkat) dan terus menerus, dilakukan berdasarkan sudut pandang mengenai apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Artinya strategi hampir selalu dimulai dari apa yang bisa terjadi bukan berdasarkan dari apa yang akan terjadi.

Pendapat lain menyebutkan jika strategi adalah bagian terpadu dari suatu rencana (plan), sedangkan rencana adalah produk dari suatu perencanaan (planning), yang pada akhirnya merupakan salah satu fungsi dasar dari proses manajemen.

Strategi pada hakekatnya merupakan sebuah perencanaan dan manajemen untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Namun untuk mencapai tujuan tersebut, strategi berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukkan seperti apa teknik opersionalnya saja.

Sampai di sini bisa disimpulkan jika strategi merupakan kegiatan perencanaan (planning) untuk mencapai tujuan tertentu berdasakan metode tertentu.

Baca Juga: Pengertian Etika


Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

Agar supaya referensi Anda mengenai pengertian strategi semakin banyak, di bawah ini ada beberapa pendapat dari para ahli terkait dengan apa itu strategi.

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBI)

Menurut KBBI, definisi strategi adalah:

  • Rencana yang cermat terkait dengan kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.
  • Siasat perang atau akal (tipu muslihat) untuk mencapai suatu maksud.
  • Penetapan tujuan jangka panjang dari suatu organisasi dan pemilihan alternatif tindakan dan alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
  1. Wikipedia

Pengertian strategi menurut wikipedia adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan gagasan, dan eksekusi suatu aktifitas dalam kurun waktu tertentu.

  1. Henry Mintzberg

Henry Mintzberg mengemukanan 5P yang secara arti sama dengan strategi, yaitu:

  • Strategi adalah perencanaan (planning)

Pada dasarnya konsep strategi tidak lepas dari aspek perencanaan, arahan, maupun acuan gerak langkah perusahaan untuk mencapai suatu tujuan di masa depan.

Meskipun demikian, tidak selamanya strategi adalah perencanaan ke masa dpan yang belum dilaksanakan. Sebab strategi juga menyangkut segala sesuatu yang sudah dilakukan di masa lampau.

  • Strategi adalah pola (patern)

Setrategi merupakan pola yang selanjutnya disebut dengan intended strategy, sebab belum terlaksana dan berorientasi ke masa depan. Atau bisa disebut juga dengan realizad strategy, sebab sudah dilakukan oleh perusahaan.

  • Strategi adalah posisi (position)

Artinya menempatkan produk tertentu ke pasar tertentu yang disetujui. Strategi sebagai posisi ini cenderung melihat ke bawah, artinya kesatu titik bidik dimana suatu produk tertentu bertemu dengan pelanggan, dan melihat keluar, yakni meninjau berbagai aspek lingkungan eksternalnya.

  • Strategi adalah prespektif (perspective)

Jika P kedua dan ketiga cenderung melihat ke bawah dan ke luar, prespektif cenderung melihat ke dalam.

  • Strategi adalah permainan (play)

Strategi adalah suatu manuver tertentu untuk memperdaya lawan atau pesaing.


Fungsi Strategi

Fungsi Strategi

Pada dasarnya fungsi strategi adalah agar strategi yang disusun bisa diimplementasikan secara efektif. Oleh sebab itu, terdapat enam fungsi strategi yang perlu dilakukan secara simultan, yakni:

  1. Mengkomunikasikan suatu maksud atau visi yang ingin dicapai kepada orang lain.
  2. Mengkaitkan atau menghubungkan kekuatan dan keunggulan dengan peluang dari lingkungannya.
  3. Memanfaatkan atau mengeksploitasi keberhasilan yang didapat saat ini, sekaligus juga menyelidiki adanya peluang-peluang baru.
  4. Menghasilkan serta membandingkan sumber-sumber daya yang lebih banyak dari yang digunakan saat ini.
  5. Mengarahkan serta mengkoordinasikan kegiatan atau aktivitas ke depan.
  6. Menggapai dan bereaksi atas keadaan yang baru dihadapi sepanjang waktu.

Baca Juga: Pengertian Integrasi


Perumusan Strategi Yang Efektif

Perumusan Strategi Yang Efektif

Perumusan strategi bisa dipahami sebagai proses penyusunan langkah-langkah kedepan yang dimaksudkan untuk membangun visi dan misi organisasi, untuk menetapkan tujuan strategis dan keuangan perusahaan, dan untuk merancang strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

Kemudian beberapa langkah yang perlu dilakukan pada saat ingin merumuskan strategi adalah sebagai berikut ini:

  1. Melakukan identifikasi lingkungan yang akan dimasuki di masa depan serta menentukan misi perusahaan atau organisasi untuk mencapai visi yang dicita-citakan dalam lingkungan tersebut.
  2. Menganalisis lingkungan baik internal maupun eksternal dengan maksud untuk mengukur kekuatan dan kelemahan hingga peluang dan ancaman yang akan dihadapi pada saat ingin menjalankan misi tersebut.
  3. Merumuskan faktor-faktor ukuran keberhasilan atau key succes factors dari strategi-strategi yang dirancang berdasakan hasil analisis sebelumnya.
  4. Menuntukan tujuan dan target terukur, mengevaluasi berbagai alternatif strategi dengan cara mempertimbangkan sumber daya yang dimiliki dan kondisi eksternal yang dihadapi.
  5. Memilih strategi yang paling sesuai untuk mencapai tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

Itulah beberapa hal penting terkait dengan definisi strategi. Semoga ulasan singkat mengenai pengertian strategi ini bisa menambah sedikit pemahaman Anda mengenai strategi.

Pengertian Strategi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *