Pengertian Teks Eksposisi Adalah : Contoh, Manfaat dan Kaidah Penulisan

Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi – Pengertian teks eksposisi ialah sebuah pengembangan paragraf tulisan yang berisi informasi dengan tujuan untuk mengajak seseorang. Informasi dalam tulisan ini lebih singkat dan padat sehingga memudahkan pembaca dalam memahaminya.

Eksposisi text ini menjadi pokok bahasan dalam dunia pendidikan. Para siswa akan diajarkan bagaimana cara membuatnya. Para siswa mampu membuatnya dengan catatan tahu strukturnya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menunjukkan struktur utama dari teks eksposisi. Selain itu, kami juga akan membagikan ciri-cirinya. Dengan memahaminya, seseorang bisa mengenali sekaligus mampu membuatnya.


Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Apa yang disebut dengan teks eksposisi? Pengertian teks eksposisi adalah sebuah paragraf berisi informasi dan pengetahuan yang dijelaskan secara singkat dan akurat. Penulisan gagasan ini membuat pembaca lebih mudah dalam memahami informasi yang diberikan.

Pendapat lainnya menjelaskan eksposisi sebagai pengembangan paragraf dalam sebuah karya tulis yang mana penulisannya menjelaskan ide/gagasan dengan metode yang singkat serta akurat. Ini berarti bahwa penulisan paragraf tidak terlalu panjang. Tapi informasi yang ditanamkan sudah memberikan pemahaman.

Tujuan dari pembuatan teks ini tak lain untuk mengajak seseorang. Teks ini dilengkapi dengan pendapat, serta bukti dari berbagai sumber. Oleh karenanya, informasi yang dikeluarkan dapat dipertanggung jawabkan.

Baca Juga: Pengertian Proposal


Struktur Dalam Penulisan Teks Ekposisi

Struktur Dalam Penulisan Teks Ekposisi

Teks eksposisi yang lengkap memiliki struktur pembangun yang utuh. Ada 3 struktur teks yang wajib disematkan di dalamnya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Thesis

Diketahui dari pengertian teks eksposisi bahwa teks ini berisikan tentang pendapat yang didukung dengan sumber informasi yang asli. Sumber informasi ini bisa didapatkan dari hasil penelitian. Tepatnya berasal dari pendapat para ahli yang telah melakukan penelitian akan suatu obyek yang akan dijelaskan.

Untuk membuat sebuah teks eksposisi, struktur pertama dalam penulisannya dimulai dengan thesis. Thesis merupakan pendapat pribadi dari penulis. Maksudnya, ada obyek yang sedang ditekankan untuk diinformasikan sekaligus diharapkan untuk bisa diikuti.

Argument

Struktur kedua adalah argument. Setelah menyatakan pendapat tentang suatu masalah, seorang penulis akan memberikan beberapa bukti dari ide/gagasan yang disampaikan pada paragraf pertama.

Bisa dikatakan kalau argumen adalah sejumlah alasan-alasan yang digunakan untuk memperkuat pendapat sang penulis. Alasan ini didapatkan dari hasil penelitian seorang peneliti. Dan ini akan menjadi bukti kuat dalam mendukung pendapat pribadi penulis sebelumnya.

Reiteration

Struktur yang ketiga adalah Reiteration. Reiteration dipahami sebagai penulisan dalam bentuk penegasan kembali pendapat yang disampaikan sebelumnya. Pengukuhan pendapat ini biasanya dibarengi dengan bukti pendukung lainnya.

Sederhananya, reiteration biasanya digunakan untuk menyimpulkan informasi yang telah disampaikan. Tujuannya jelas untuk membuat pembaca benar-benar mengetahui maksud dari penulis. Bahkan struktur ini mengedepankan pada proses untuk mengajak pembaca agar mengikuti gagasan yang disampaikan.


Ciri-Ciri Dari Teks Eksposisi

Ciri Ciri Dari Teks Eksposisi

Terkadang masih ada yang tidak memahami pengertian teks eksposisi itu. Tapi dengan melihat struktur serta ciri-cirinya, seseorang bisa memahaminya lebih detail. Untuk strukturnya sudah dijelaskan di atas. Sementara ciri-ciri teks eksposisi bisa dilihat di bawah ini.

Kepadatan Informasi

Ciri khas dari teks eksposisi adalah kepadatan informasi. Maksudnya, infomasi dijelaskan secara singkat dan padat. Namun informasinya sangat akurat.

Gagasan Yang Dijelaskan Secara Obyektif

Ciri yang kedua adalah obyektif. Seorang penulis akan menyoroti obyek/peristiwa tertentu secara obyektif. Tidak ada kesan memihak lantaran didukung dengan sejumlah bukti yang kongkrit.

Dukungan Bukti Dari Pendapat

Ciri selanjutnya adalah terdapat bukti ilmiah di dalam penulisannya. Bukti ini dipaparkan setelah mengutarakan gagasan/pendapat di paragraf pertama. Ada juga bukti dari pelaksanaan yang nantinya digunakan untuk memperkuat pendapat.

Teks Bersifat Persuasif

Ciri yang selanjutnya adalah bersifat persuasif. Maksudnya, tulisan yang dibuat bertujuan untuk mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai dengan pendapat yang diutarakan.

Baca Juga: Pengertian Proposal


Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Jenis Jenis Teks Eksposisi

Banyak sekali jenis dari teks eksposisi ini. Masing-masing memiliki ciri khas. Namun kenyataannya memiliki tujuan yang sama. Yakni menyampaikan informasi secara singkat kepada para pembacanya. Lalu, apa saja jenis teks eksposisi tersebut?

Eksposisi Jenis Ilustrasi

Jenis teks ini biasanya menggunakan frasa penghubung yang dimanfaatkan untuk menggambarkan sesuatu. Normalnya menggunakan penggambaran yang sederhana. Kemudian dibuat dengan ilustrasi yang memiliki kesamaan sifat.

Eksposisi Jenis Berita

Teks yang satu ini biasanya ditemukan di dalam majalah ataupun surat kabar. Informasi yang disampaikan menjelaskan urutan sebuah peristiwa. Dan urutannya penyampaian dalam penulisan dibuat sesederhana mungkin.

Eksposisi Analisis

Dalam pembuatannya, teks ini akan dibuat dengan memisahkan informasi ke dalam beberapa sub bagian. Setiap sub nantinya akan dikembangkan. Pengembangan ini menjadi bagian dari analisis teks yang berorientasi pada penguatan pendapat.

Eksposisi Perbandingan

Jenis lainnya adalah eksposisi perbandingan. Isi dari tulisan tak lain untuk membandingkan satu obyek dengan obyek lain yang diutarakan. Meskipun begitu, tidak ada keberpihakan pada satu obyek saja.

Jenis lainnya dari teks ini adalah pertentangan yang metode penulisannya akan menggambarkan pertentangan antara satu obyek dengan yang lainnya. Kemudian ada juga eksposisi proses serta definisi. Intinya, tulisan ini dibuat secara singkat untuk menyatakan pendapat yang disertai dengan bukti. Itulah sekilas mengenai pengertian teks eksposisi.

Pengertian Teks Eksposisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *