Pengertian Wirausaha Adalah : Contoh, Tujuan, Ciri ciri dan Karakteristik

Pengertian Wirausaha

Pengertian Wirausaha – Pengertian wirausaha dilihat dari sudut pandang bahasa berasal dari dua kata, yakni wira dan usaha. Wira memiliki arti berani dan usaha memiliki arti usaha. Dari sini bisa diambil kesimpulan jika wirausaha bisa dipahami sebagai seseorang yang berani mengambil risiko dam melihat peluang sebuah usaha.

Artinya wirausaha bisa dipahami sebagai kemampaun untuk berdiri sendiri mengejar peluang yang menuntut kemampuan mengelola serta pengalaman untuk memacu kreativitas. Sehinga bisa dikatakan jika wirausaha ini merupakan sebuah proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru, kreatif, dan inovatif yang bermanfaat serta memiliki nilai lebih.

Kemudian wirausahawan yang dalam bahasa Inggrisnya adalah enterpreneur bisa didefinisikan sebagai seseorang yang melakukan aktivitas wirausaha yang memiliki ciri-ciri pandai atau berbakat mengenali produk baru, lalu menentukan cara produksi baru, kemudian menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, setelah itu memasarkannya sekaligus mengatur pemodalan operasinya.


Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

  1. Richard Cantillon

Menurut Ricard Cantillon, pengertian wirausaha adalah seseorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang unik dan baru.

  1. B. Say

Wirausaha didefisikan sebagai pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumbr daya yang dimiliki secara ekonomis (artinya efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

  1. Syamsudin Suryana

Syamsudin Suryana memahami wirausaha sebagai seseorang yang memiliki karakteristik percaya diri, berorintesi tugas dan hasil, pengambilan risiko yang wajar, memiliki kepemimpinan yang lugas, kreatif untuk menghasilkan inovasi, dan berorientasi pada masa depan.

  1. Prawirokusumo

Mendefinisikan wirausaha dengan mereka yang melakukan upaya-upaya kretaif dan inovatif dengan cara mengembangkan ide serta meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.

  1. Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz

Pengertian wirausaha adalah seorang inovator yang memiliki kemampuan untuk mengubah kesempatan menjadi suatu ide yang bisa dijual, mampu memberikan nilai tambah melalui upaya, waktu, biaya, serta kecakapan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Baca Juga: Pengertian Sistem Informasi


Ciri-Ciri Utama Wirausaha

Ciri Ciri Utama Wirausaha

Seseorang bisa dikatakan wirausaha jika minimal memiliki kriteria sebagai berikut ini:

  1. Memiliki keberanian dan memiliki daya kreasi

Seorang wirausaha harus memiliki keberanian dan daya kreasi atau tidak takut untuk bermimpi dan merencanakannya. Paling tidak harus selalu ingat STOP (Stop, Think, Observation, dan Plan) apabila terjadi hal-hal yang membuat ide tertunda atau mandek.

  1. Berani ambil risiko

Salah satu sifat seorang wirausaha adalah berani mengambil risiko. Namun harus berjalan dengan perencanaan yang sudah dilakukan serta pengamatan yang sudah dilakukan terhadap ide yang dimilikinya.

  1. Mempunyai semangat dan kemauan keras

Selain berani mengambil risiko, seorang dikatakan wirausaha jika memiliki semangat dan kemauan keras untuk sukses.

  1. Mempunyai analisis yang tepat

Seseorang dikatakan wirausaha jika memiliki pengetahuan untuk membuat analisa yang tepat, setidaknya analisanya mendekati 100% benar.

  1. Tidak konsumtif

Seorang wirausaha haruslah tidak konsumtif, atau paling tidak konsumsinya jauh lebih sedikit dari penghasilannya.

  1. Mempunyai jiwa kepemimpinan

Jiwa pemimpin harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Dengan ini, mereka memiliki kemampuan untuk mengembangkan usahanya menjadi jauh lebih maju.

  1. Berorientasi pada masa depan

Sudah sangat jelas jika Anda merupakan wirausahawan yang inovatif, keratif, serta memiliki ciri-ciri wirausaha yang lain, maka secara otomatis Anda akan memiliki kemampaun ini.

Baca Juga: Pengertian Kewirausahaan


Peran Penting Wirausaha dalam Perekonomian

Peran Penting Wirausaha Dalam Perekonomian

Anda tidak boleh memandang sebelah mata peran para wirausahawan dalam mendukung jalannya perekonomian. Pertanyaannya kemudian adalah apa saja peran wirausaha dalam perekonomian?

Pencipta lapangan pekerjaan

Adanya pengangguran terjadi lantaran ketidak seimbangan antara angkatan kerja dengan lapangan kerja yang tersedia. Adanya para wirausahawan paling tidak akan sedikit membantu menyerap pera pengangguran.

Meningkatkan pendapatan nasional

Inovasi yang selalu dilakukan oleh para wirausahawan membuat jumlah permintaan naik dan diikuti juga dengan naiknya jumlah produksi barang. Artinya kenaikan jumlah permintaan dan produksi ini secara otomatis akan meningkatkan pendapatan nasiona suatu negara.

Meningkatkan taraf hidup masyarakat

Para wirausahawan mampu menciptakan lapangan-lapangan perkejaan baru. Artinya mereka akan menyerap para pengangguran terutama yang ada di sekitar wilayah mereka. Pada akhirnya kondisi semacam ini akan membuat taraf hidup masyarakat yang ada di sekitar mereka akan meningkat.

Dengan demikian bisa diambil kesimpulan jika wirausaha memiliki peranan yang sangat penting di dalam kehidupan ekonomi sebab bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat, umumnya yang ada di sekitar mereka.

Mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial

Masyarakat yang mampu menjadi wirausahawan secara otomatis pendapatannya sedikit demi sedikit akan bertambah. Kondisi seperti ini secara perlahan akan membuat kesenjangan sosial yang ada di masyarakat bisa dikurangi.

Itulah beberapa poin penting terkait dengan pengertian wirausaha. Setelah tahu apa pengertian wirausaha, sekarang tugas Anda adalah mencari jenis wirausaha apa yang kira-kira cocok untuk Anda tekuni.

Pengertian Wirausaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *