Penyebab Banjir di Indonesia – Jenis, Solusi dan Proses Terjadinya

Penyebab Banjir Di Indonesia

Penyebab Banjir – Pada zaman sekarang ini, banjir bukanlah suatu hal yang jarang dan langka terjadi di Indonesia. Penggundulan hutan, pembuangan sampah plastik ke sungai merupakan sedikit dari banyaknya penyebab banjir. Hal ini tak lepas dari tangan manusia yang turut serta menjadi faktor terjadinya banjir di Indonesia.

Banjir sendiri merupakan luapan air yang berasal dari sungai atau perairan dan menggenangi daratan. Ada banyak jenis dari banjir sendiri, mulai dari banjir air hingga banjir bandang. Masing-masing memiliki tingkat bahaya sendiri-sendiri yang tidak bisa disepelekan.


Jenis-Jenis Banjir

Jenis Jenis Banjir

Ada banyak jenis banjir yang sering terjadi di Indonesia. Mulai dari banjir air hingga banjir lumpur, berikut adalah beberapa jenis banjir yang perlu untuk diketahui antara lain :

1. Banjir Air

Banjir air merupakan bencana alam akibat air yang meluap dan menggenangi daratan. Luapan air ini dikarenakan turunnya hujan tanpa henti. akibatnya, sungai ataupun danau tempat menampung air tidak kuat menampung kapasitas air yang semakin meningkat.

2. Banjir Cileunang

Banjir Cileunang merupakan banjir yang terjadi akibat luapan air dari sungai yang menggenangi daratan. Jenis banjir ini sangatlah berbeda dengan banjir air karena banjir cileunang terjadi bersama dengan arus air yang cukup deras sehingga menyebabkan banjir.

3. Banjir Rob

Banjir Rob atau yang bisa disebut sebagai banjir laut pasang merupakan bencana alam yang terjadi akibat naiknya air laut. Prosesnya ialah pasangnya air laut yang tinggi menahan air sungai yang mengalir menuju laut. Hal ini menyebabkan tanggul sungai tidak kuat menahan dan kemudian terjadilah banjir rob yang menggenangi daratan.

4. Banjir Bandang

Bendungan air yang tidak kuat menahan kapasitas dan derasnya air akan menyebabkan bencana alam yakni banjir bandang. Banjir ini sangat berbeda dengan banjir air karena banjir bandang ikut membawa sampah dan lumpur.

Banjir bandang dapat membahayakan manusia karena sampah-sampah dan lumpur yang terseret arus akan membuat manusia menjadi susah untuk berenang menyelamatkan diri. Disamping itu, arus air dari banjir ini cenderung kuat sehingga tidak memudahkan para korban untuk menyelamatkan diri mereka.

5. Banjir Lumpur

Banjir lumpur cukup mirip dengan banjir bandang namun memiliki beberapa perbedaan. Lumpur yang berada di banjir ini berasal dari dalam bumi menjadi salah satu ciri kuat alasan terjadinya banjir lumpur. Banjir ini dinilai berbahaya karena lumpur ini memiliki gas kimia dan kandungan yang berbahaya bagi manusia.

Baca Juga: fenomena alam


Penyebab Terjadinya Banjir

Penyebab Terjadinya Banjir

Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi terjadinya banjir cukup tinggi. Hal ini tak luput dari campur tangan manusia yang ikut serta menjadi alasan penyebab terjadinya banjir di negara yang penuh dengan potensi alam ini. Berikut adalah penyebab-penyebab banjir yang terjadi di Indonesia :

1. Meluapnya Air Sungai

Penyebab banjir yang pertama ialah meluapnya air sungai. Ada beberapa alasan mengapa air sungai dapat meluap. Pertama, adanya endapan di dasar sungai yang menyebabkan daya tampung air semakin sedikit. Kedua, menyempitnya lahan permukaan sungai yang berakibat aliran sungai semakin kecil sehingga berpotensi terjadinya banjir.

2. Penebangan Hutan Secara Liar

Dengan terjadinya penebangan hutan yang liar akan mengakibatkan berkurangnya pohon dan hutan akan menjadi gundul. Padahal, hutan dan pohon memiliki fungsi penting yakni sebagai penyerap air, terutama saat hujan.

Namun, karena manusia sering menggunduli hutan untuk memenuhi kepentingan mereka, hutan menjadi gundul. Akibatnya, daya resapan air akan semakin berkurang dan potensi terjadinya banjir akan terus semakin meningkat.

3. Curah Hujan Yang Tinggi

Indonesia memiliki 2 musim utama, musim kemarau dan musim hujan. 2 musim ini terjadi secara berkala dengan masing-masing memiliki waktu sekitar 6 bulan lamanya. Hal ini menjadi pengaruh yang cukup kuat di Indonesia karena musim hujan terjadi selama 6 bulang lamanya.

Dengan intensitas curah hujan yang cenderung tinggi dan sering, menyebabkan banjir di Indonesia cukup sering terjadi. Hujan yang turun secara terus menerus mengakibatkan sungai-sungai tidak kuat menampung kapasitas air yang terus ada.

4. Adanya Pemukiman Di Bantaran Kali

Sungai memiliki fungsi utama yakni sebagai tempat menampung air hujan yang turun. Dengan fungsi utama tersebut, jenis tanah yang ada di sekitar sungai sangat subur yakni tanah aluvial. Tanah aluvial merupakan tanah yang subur dan berada di daerah dekat sungai.

Akan tetapi, saat ini banyak sekali warga yang tinggal dan menetap di bantaran sungai. Mereka juga melakukan aktivitas seperti mencuci baju, mandi, hingga membuang air besar dan kecil di sungai tersebut. Akibatnya, sungai kehilangan fungsi utamanya dan tanah aluvial tidak berfungsi dengan baik. Hal ini yang menyebabkan banjir di Indonesia.

Baca Juga: lapisan bumi

5. Perusakan Lahan Secara Terus Menerus

Ulah tangan manusia menjadi pelaku utama penyebab banjir di Indonesia kali ini. Perusakan lahan menjadi alasan lain mengapa banjir sering terjadi di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, tanah longsor juga menjadi bencana alam yang turut serta bersama dengan banjir yang terjadi di suatu lahan.

Hal ini dikarenakan manusia yang sering merusakkan lahan hanya untuk melakukan penebangan liar demi kepentingan pribadi mereka. Akibatnya hujan yang turun di suatu lahan yang rusak akan menyebabkan 2 bencana alam sekaligus, banjir dan tanah longsor.

6. Sampah Yang Menjadi Alasan Utama Pendangkalan Sungai

Ketika hujan turun, pohon/hutan dan juga sungai akan bekerja sebagai penampung air. Hal inilah yang menyebabkan banjir jarang terjadi di masa lalu. Namun sekarang, banyak sekali masyarakat yang mulai menyepelekan fungsi utama sungai.

Masyarakat membuang sampah sembarangan di sungai. Mulai dari sampah organik hingga anorganik yang susah diurai. Hal ini menyebabkan sampah-sampah tersebut menjadi mengendap di dasar sungai dan menyebabkan menipisnya kapasitas sungai.

7. Rendahnya Dataran Suatu Daerah

Penyebab banjir lainnya ialah rendahnya dataran suatu daerah. Pada dasarnya, hujan turun dari langit menuju permukaan tanah. Dari tanah yang tinggi, air-air hujan akan mengalir menuju dataran yang rendah. Jika di dataran rendah tidak memiliki daya serap air yang baik, maka besar kemungkinan terjadinya banjir.

8. Air Yang Tidak Terserap Dengan Oleh Tanah

Ada berbagai macam jenis tanah di Indonesia. Salah satunya ialah tanah aluvial yang mampu menyerap air dengan baik. Namun tidak semua bagian Indonesia memiliki tanah subur aluvial. Ada beberapa tanah yang kurang bisa menyerap air.

Sampah-sampah yang tergeletak di tanah dan terurai bersama tanah menjadi faktor lain penyebab banjir di Indonesia. Akibatnya tanah menjadi kehilangan fungsinya dan tidak mampu menyerap air dengan baik.

Itulah 8 penyebab banjir yang menjadi alasan utama terjadinya banjir, terutama di Indonesia. Manusia sepatutnya sadar akan seberapa merugikannya banjir dan mulai melakukan aksi untuk mengurangi banjir. Mulai dari tidak membuang sampah sembarangan hingga tidak membangun rumah di daerah sekitar sungai dapat mengurangi terjadinya banjir.

Masyarakat juga dapat melakukan perubahan mulai dari menanam pohon atau reboisasi hingga pembersihan endapan sungai. Hal ini ditujukan agar berkurangnya banjir di Indonesia yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit lainnya serta kerusakan material.

Penyebab Banjir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *