Arti Ungkapan Perang Mulut Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Perang Mulut

Arti Perang Mulut – Ungkapan atau istilah perang mulut tersebut merupakan penggabungan dari dua kata yaitu perang dan mulut. Apabila diartikan satu – persatu tentunya mempunyai arti yang ganjal apabila digunakan pada konteks kalimatnya. Arti ungkapan perang mulut sendiri ialah saling beradu argument atau pendapat antara dua orang atau lebih.

Selain itu ungkapan perang mulut juga mempunyai makna seperti pertikaian atau perkelahian antara dua orang atau lebih. Namun perkelahian ini bukan adu otot atau saling memukul satu sama lain, melainkan adu pendapat. Dengan kata lain perang mulut bisa diartikan dengan saling mencaci maki atau bertengkar dengan cara mengumpat orang lain.


Penggunaan Ungkapan Perang Mulut

Penggunaan Ungkapan Perang Mulut

Penggunaan ungkapan perang mulut kerap kali digunakan untuk menjelaskan situasi kronologi dua orang atau lebih yang sedang beradu argument. Misalkan saja digunakan ketika ada seorang suami istri bertengkar dan saling mencaci – maki. Contoh lain pula semisal digunakan pada sebuah rapat atau sidang dan ada pihak lain yang saling beradu argument.

Baca Juga: Arti Ungkapan Semata Wayang


Contoh Beserta Penjelasan Singkatnya

Contoh Beserta Penjelasan Singkatnya

Ada banyak contoh penggunaan ungkapan perang mulut pada sebuah kalimat yang kerap kali ditemui sehari – hari. Agar lebih paham mengenai penggunaan ungkapan tersebut dalam sebuah kalimat berikut kita simak beberapa

Baca Juga: Arti Ungkapan Buah Pikiran


1. “Setiap Hari Tetangga Depan Rumah Itu Selalu Berperang Mulut Dengan Suaminya Sendiri Hanya Karena Masalah Sepele”

Dari kalimat tersebut arti ungkapan perang mulut dengan suaminya ialah sama halnya seorang pasangan yang sedang bertengkar. Seperti halnya di acara sinetron tentunya sering kali dijumpai adegan saat suami istri saling bertengkar dan beradu mulut.

2. “Para Anggota Legislatif Tersebut Perang Mulut Saat Diselenggarakannya Persidangan Secara Langsung Kemarin”

Arti ungkapan perang mulut pada kalimat tersebut mempunyai makna yaitu para anggota legislatif tersebut saling beradu argumen atau pendapat. Tentunya adu pendapat atau argumen tersebut bukan dengan cara halus dan kepala dingin. Melainkan dengan menggunakan emosi kepada satu sama lain. Dari kalimat tersebut bisa disimpulkan pula bahwa ungkapan perang mulut tidak hanya dimaksudkan perdebatan antara dua orang namun bisa lebih.

3. “Setelah Melalui Perdebatan Yang Begitu Panjang Akhirnya Mereka Mengakhiri Perang Mulut Itu Juga”

Perang mulut pada contoh kalimat di atas juga memiliki makna yang sama yaitu bertengkar dan saling mengumpat. Dalam kalimat tersebut mempunyai arti bahwa ada beberapa orang yang saling mencaci – maki atau berdebat sangat lama sampai akhirnya berhenti.

4. “Setiap Pagi Dia Selalu Berperang Mulut Dengan Penjual Itu Agar Mendapatkan Harga Sayur Yang Murah”

Tidak berbeda jauh pula dengan contoh kalimat sebelumnya, arti ungkapan perang mulut yang satu ini juga mempunyai makna kiasan yang sama. Di mana sang pembeli harus melalui perdebatan setiap pagi dengan sang penjual agar memperoleh harga yang diinginkan. Perdebatan atau dalam ungkapan perang mulut tersebut tentunya mempunyai makna mengumpat pula.

5. “Karena Tidak Terima Anaknya Dihina, Bapak Tersebut Berperang Mulut Dengan Salah Seorang Pemuda Di Tengah Jalan”

Pada contoh kalimat ini menjelaskan bahwa seorang bapak yang juga beradu pendapat atau berdebat dengan seorang pemuda untuk membela anaknya. Ungkapan pada contoh kalimat ini pun memiliki arti yang sama pula dengan contoh – contoh kalimat sebelumnya. Sang bapak rela berdebat dengan seorang pemuda hanya untuk membela anaknya itu.

Dari kelima contoh tersebut dirasa sudah cukup untuk memberikan penjelasan secara lengkap mengenai arti ungkapan perang mulut. Penggunaan ungkapan tersebut harus sesuai dengan konteks kalimat serta situasi yang sesuai.

Arti Ungkapan Perang Mulut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *