Profil Negara Amerika Serikat : Mengenal Bentuk, Karakteristik dan Sejarahnya

Profil Negara Amerika Serikat

Profil Negara Amerika – Amerika Serikat adalah negara Republik Konstitusional Federal yang terdapat di Benua Amerika Utara. Pada umumnya Amerika serikat disebut dengan United Stated of America atau disingkat menjadi USA.

Untuk mengetahui mengenai profil negara Amerika Serikat serta letaknya baik secara astronomis maupun geologis, simak penjelasan dibawah ini.


Informasi Umum Negara Amerika Serikat

Profil Negara Amerika

  • Nama Lengkap : Amerika Serikat (United States of America)
  • Kepala Negara : Presiden
  • Kepala Pemerintahan : Presiden
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Konstitusional Federal
  • Ibukota : Washington, DC
  • Bahasa Resmi : Bahasa Inggris
  • Mata Uang : Dollar Amerika Serikat (USD)
  • Hari Kemerdekaan : 4 Juli 1776
  • Lagu Kebangsaan : The Star-Spangled Banner
  • Kode Telepon : 1.

Baca Juga: Profil Negara Filipina


Bidang Ekonomi dan Kependudukan

Profil Negara Amerika

Dengan luas wilayah sekitar 9.833.517 km², negara Amerika Serikat sudah diduduki kurang lebih 326.625.791 jiwa. Hal tersebut didukung dengan hasil survey pada tahun 2017 yang menyatakan bahwa tingkat pertumbuhan penduduknya mencapai 0.81%.

Negara yang memiliki angka kelahiran 12,5 bayi per 1000 penduduk ini mayoritas penduduknya bersuku bangsa kulit putih dengan persentase 72,4%. Sedangkan untuk kulit hitam hanya ada 12,6 % saja. Sisanya adalah suku Indian Amerika, Alaska, Hawai Asli, etnis kepulauan Pasific dan etnis lainnya.

Kepercayaan yang dianut penduduk USA 45,5% adalah Kristen Protestan, Katolik Roma sebanyak 20,8%. Lainnya terbagi atas Mormon, Yahudi, Islam, Buddha, Hindu dan agama-agama lainnya.

Negara yang terletak di Benua Amerika Utara ini memiliki pendapatan perkapita berkisar US$ 59.500. Angka yang cukup tinggi jika dibandingkan negara-negara maju lainnya. Maka dari itu, Amerika Serikat menduduki peringkat ke 12 tertinggi di seluruh dunia.

Dari profil negara Amerika Serikat, yang paling banyak dicari adalah pada sektor perekonomian negara ini. Karena termasuk kedalam golongan yang termaju di seluruh dunia. Berbagai brand terkenal suatu produk kebanyakan merupakan keluaran negara Amerika Serikat.

Contoh dari brand yang banyak dikenal dunia adalah Microsoft, Apple, Amazon, Google, Twitter serta Facebook. Pasti Anda sudah tidak asing dengan brand-brand tersebut, karena produk berbentuk teknologi tersebut adalah yang sering dipakai orang di berbagai belahan dunia.

Tidak hanya mengembangkan produk teknologi saja, tetapi USA juga menjadi penghasil pesawat terbang, gas dan minyak. Selain itu, hasil dari produk agrikultur juga tidak ketinggalan yakni seperti jagung, kacang kedelai, gandum, susu, daging dan sayur serta buah-buahan.

Salah satu dari 5 negara yang boleh memiliki senjata nuklir adalah negara Amerika Serikat, sehingga tidak heran jika negara ini menjadi pemenang pada perang dunia kedua dan menjadi negara nomor satu yang berhasil mengembangkan senjata nuklir.

Negara Amerika Serikat juga termasuk dalam anggota PBB yang mengurusi masalah Hubungan Luar Negeri. Kedudukan Amerika Serikat yaitu sebagai Dewan Keamanan PBB, sehingga memiliki hak veto atau hak untuk membatalkan suatu keputusan ataupun ketetapan yang berkaitan dengan resolusi PBB.


Letak Geografis

Profil Negara Amerika

Secara geografis, negara Amerika Serikat berbatasan dengan beberapa negara. Di sebelah utara berbatasan langsung dengan Kanada, sementara untuk sebelah selatan bersebelahan dengan Meksiko. Pada bagian timur berbatasan dengan Samudera Atlantik dan sebelah barat adalah Samudera Pasifik.

Ada pula bagian dari wilayahnya yang terpisah jauh dengan daratan Amerika Serikat, yakni Alaska yang letaknya berada di ujung laut Benua Amerika Utara. Bahkan malah lebih dekat dengan negara Rusia di bagian baratnya, hanya disekat oleh selat Bering.

Satu lagi wilayahnya yang terpisah jarak cukup jauh adalah Hawaii. Hawaii terletak di Samudera Pasifik. Memang penyebaran wilayahnya cukup jauh, tidak seperti negara Laos yang dihimpit oleh negara-negara lain tanpa berbatasan dengan wilayah perairan.

Baca Juga: Profil Negara Brunei Darussalam


Perkembangan Budaya

Profil Negara Amerika

Negara Amerika Serikat merupakan negara yang multikultural, dimana di negara ini terdapat banyak etnik serta tradisi yang hidup didalamnya. Kebudayaan yang berkembang pesat di sana adalah berasal dari kebudayaan barat yang sumbernya dari tradisi imigran Eropa.

Kebudayaan tersebut kemudian dipengaruhi oleh tradisi yang dibawa bersama budak-budak Afrika. Adanya gelombang migrasi dari Asia dan juga Amerika Latin ikut menambah budaya Amerika Serikat. Meskipun para imigran tersebut tetap mempertahankan karakter budaya aslinya.

Kebudayaan yang ada di Amerika Serikat merupakan kebudayaan yang individualistik di antara negara-negara lain didunia. Banyak orang beranggapan bahwa kehidupan yang terjadi di Amerika lebih baik dari segi sosialnya.

Dari profil negara Amerika Serikat kemudian menimbulkan anggapan tersebut yang kemudian menarik kalangan imigran untuk berbondong-bondong menuju negara ini. Meskipun pada kenyataannya budaya yang ada menunjukkan bahwa Amerika merupakan negara tanpa membedakan kelas sosial.

Para pakar telah meneliti kebudayaan di USA, dan hasil yang diperoleh berbeda dengan pernyataan diatas. Para pakar bahkan menemukan adanya perbedaan kelas sosial yang sangat signifikan dilihat dari proses sosialisasi, dari bahasa yang digunakan serta dari nilai-nilai.

Penduduk Amerika Serikat yang termasuk kelas menengah ke atas adalah yang memperkenalkan gaya hidup yang kontemporer. Misalnya seperti Feminisme Modern, Environmentalisme serta multikulturalisme.

Di kehidupan sosial, budaya warga USA selalu dikaitkan dengan hasil pencapaian dan juga kemajuan negara Amerika Serikat. Sementara kebiasaan dari warga Amerika Serikat lebih kepada menilai sesuatu dilihat dari prestasi sosial dan ekonomi.


Kehidupan Politik di USA

Profil Negara Amerika

Amerika Serikat termasuk federasi yang tertua di dunia dan tentunya masih bertahan hingga saat ini. Negara ini adalah Republik Konstitusional dan juga menggunakan demokrasi perwakilan. Adapun urusan pemerintahan diatur dengan sistem Konstitusi Amerika Serikat yang menjadi sumber hukum tertinggi negara.

Sistem federal AS membuat warganya tunduk dan patuh pada tiga tingkatan pemerintahan. Antara lain tingkat federal, negara bagian dan juga pemerintah daerah. Untuk tugasnya, pemerintah daerah kemudian dibagi lagi menjadi setingkat kabupaten.

Proses pemilihan pejabat eksekutif dan legislatif ditentukan dengan cara pemungutan suara pluralitas. Pemungutan tersebut diambil dari semua warga negara disesuaikan dengan distrik. Semua harus ikut andil dan tidak diperkenankan mengutus perwakilan dari berbagai tingkatan.

Pemerintahan dengan sistem federal mempunyai tiga badan, antara lain:

  • Legislatif yang terdiri dari senat dan juga DPR. Tugas dari dewan legislatif adalah membuat undang-undang federal, menyetujui perjanjian yang dianggap sesuai, menyatakan adanya perang, menyetujui perjanjian-perjanjian serta menyetujui anggaran.

Badan legislatif juga mempunyai hak atas pertanggungjawaban pemerintah, yang mana bisa membuat seseorang lengser dari jabatan pemerintahannya.

  • Eksekutif terdiri dari presiden yang menjadi pimpinan militer tertinggi. Selain itu, presiden juga mempunyai hak veto untuk menunda dan bahkan menolak RUU yang dibuat oleh legislatif sebelum disahkan secara resmi.

Presiden juga berwenang untuk memilih anggota kabinet yang akan menjabat pemerintahan serta mengatur kebijakan undang-undang federal.

  • Yudikatif terdiri atas Mahkamah Agung dan pengadilan federal dibawahnya. Hakim yang berwenang di pengadilan dipilih oleh presiden atas persetujuan dari senat. Tugasnya menegakkan undang-undang dan membatalkan hukum yang inkonstitusional.

Setiap negara tentunya memiliki peraturannya sendiri-sendiri. Yang mana peraturan serta kebudayaan sudah disesuaikan dengan kondisi penduduk serta lingkungannya. Karena belum tentu jika menurut Anda baik, akan baik pula jika diterapkan untuk banyak orang.

Semoga dengan profil negara Amerika Serikat diatas, bisa Anda jadikan sebagai referensi dan pembelajaran dari sisi baiknya.

Profil Negara Amerika Serikat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *