Profil Negara Australia : Mengenal Bentuk, Karakteristik dan Sejarahnya

Profil Negara Australia

Profil Negara Australia – Australia merupakan negara federal yang letaknya berada di benua Australia. Negara ini juga merupakan negara satu-satunya yang berada di benua terkecil yang ada di Dunia.

Secara astronomis negara ini berada diantara 9⁰LS-44⁰LS dan 112⁰BT-154⁰BT. Negara ini berbatasan dengan Indonesia, Timor Leste, Papua Nugini di sebelah tenggaranya. Sedangkan di sebelah utaranya, negara ini berbatasan dengan Selandia baru.

Negara yang satu ini juga termasuk ke dalam anggota PBB dan lembaga-lembaga di bawah PBB. Nah, untuk Anda yang penasaran mengenai profil negara Australia, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.


Sejarah Negara Australia

Profil Negara Australia

Pada awalnya benua Australia ini ditemukan oleh penjajah belanda yang bernama Willems Janzs pada tahun 1606. Namun, sebelum penjajah datang, ternyata sejak 40.000 tahun yang lalu benua ini sudah dihuni oleh suku Aborigin.

Nah, pada abad ke-18 Australia diduduki oleh inggris dan digunakan sebagai tempat pembuangan para kriminal. Hingga suatu saat diketahui dalam negara ini terdapat tambang emas yang begitu banyak.

Tak lama kemudian, tambang emas tersebut banyak diketahui oleh orang-orang di Dunia. Sehingga, banyak sekali imigran dari seluruh dunia berdatangan untuk mengambilnya.

Pada tanggal 1 januari 1901, Australia membentuk sebuah negara federal yang berdaulat. Negara tersebut biasa disebut dengan Persemakmuran Australia. Ibu kota federal dibentuk pada tahun 1911.

Canberra merupakan suatu wilayah yang akan dijadikan sebagai lokasi ibu kota Australia di masa depan. Ketika Canberra sedang dalam proses pembangunan, Melbourne pernah menjadi pusat pemerintahan pada tahun 1901 hingga 1911.

Saat perang Dunia I pada tahun 1914, negara federal ini bergabung dengan Britania dengan dukungan dari partai buruh yang baru memulai tugasnya. Selain itu, kedua negara tersebut juga didukung oleh partai Liberal yang demisioner.

Rakyat dari negara federal ini pernah mengikuti banyak perang besar seperti misalnya masuk ke dalam barisan barat. Banyak sekali pasukan yang terbunuh dan tak sedikit juga yang mengalami luka-luka.

Sebagian besar warga Australia menganggap bahwa kekalahan Korps Tentara Australia dan Selandia Baru merupakan kelahiran bangsa aksi militer besar pertama. Kampanye jalur kokoda dipandang oleh banyak pihak.

Kampanye tersebut juga dianggap sebagai analogi bangsa terhadap apa yang sudah terjadi dalam perang Dunia II. Sebagian besar hubungan konstitusional antara Australia dan Britania diakhiri secara resmi melalui Undang-Undang Westminster pada tahun 1931.

Baca Juga: Profil Negara Jerman


Letak Geografi Negara Australia

Profil Negara Australia

Luas daratan negara yang berada di Benua terkecil di Dunia ini adalah 7.617.930 km². Letaknya berada di lempeng Indo-Australia dan dikelilingi oleh Samudra Hindia dan Samudra Pasifik dan dipisahkan dari Asia oleh Laut Timor dan Laut Arafura.

Negra ini menempati benua terkecil di Dunia. Meski demikian, ukuran negara ini sangat luas. Bahkan negara ini dinobatkan sebagai benua pulau karena memiliki ukuran pulau terbesar di Dunia.

Selain itu, negara yang satu ini juga mempunyai garis pantai sepanjang 34.218 km. Ukuran tersebut belum termasuk ukuran pulau-pulau di lepas pantai benua. Negara ini juga memiliki ukuran AEE seluas 8.148.250 km².

Luas wilayah ZEE ini tidak termasuk ke dalam Teritorial Antartika Australia. Secara astronomis, negara ini terletak diantara 9⁰LS-44⁰LS dan 112⁰BT-154⁰BT. Negara yang satu ini memiliki gunung Augustus yang diakui sebagai monolit terbesar di Dunia.

Australia merupakan benua terdaftar dengan lapisan tanah yang sangat tua dan tidak begitu subur. Sehingga kondisi tanah ini tidak bagus ditanami tumbuhan. Kepadatan penduduk di negara berjumlah 2,8 jiwa per kilometer persegi.

Negara ini memiliki berbagai macam iklim. Setiap wilayahnya memiliki iklim yang berbeda-beda. Sebagian wilayahnya beriklim dominan tropis. Sedangkan wilayah barat daya Australia beriklim Mediterania.

Pada wilayah tenggara negara ini termasuk Tasmania beriklim sedang. Kondisi hutan di negara ini sebagian besar memiliki spesies yang selalu hijau. Khususnya pohon eukaliptus yang ditemukan di daerah tanah kurang subur.

Meski negara ini memiliki kondisi tanah yang kurang subur, tapi negara federal ini mempunyai beraneka ragam habitat. Ya, mulai dari padang rumput beriklim Alpen hingga hutan hujan tropika dimilikinya.

Selain itu, Australia juga diakui sebagai Negara Megadiversitas, karena umur benua yang ditempati sangat tua. Selain itu, juga terdapat beberapa pola cuaca yang variatif, keterpencilan geografis dan mempunyai beraneka ragam biota yang unik.

Negara yang satu ini juga mempunyai berbagai jenis fauna lho. Diantaranya adalah koala, kangguru, wombat dan lain-lain. Tapi banyak dari spesies tumbuhan dan hewan di negara ini punah karena banyaknya manusia yang berdatangan.

Oleh karena banyaknya hewan yang punah, untuk menanganinya pemerintah membuat Undang-Undang federal. Yang berisi tentang perlindungan hutan dan cagar keanekaragaman hayati.

Undang-undang tersebut merupakan salah satu cara yang dilakukan agar flora dan fauna yang berada di negara ini tidak mudah punah. Sehingga, flora dan fauna yang berada di wilayah Australia bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.


Kondisi Ekonomi Negara Australia

Profil Negara Australia

Sistem ekonomi yang dilakukan oleh negara ini adalah sistem ekonomi pasar dengan PBB. Keadaan perekonomian Australia terbilang sangat baik. Tingkat penganggurannya sangat rendah.

Bursa saham negara ini merupakan bursa saham terbesar ke-9 di dunia setelah pembangunan Sydney Futures Exchange dan Australian Stock Exchange. Pembangunan tersebut dilakukan pada tahun 2006.

Selain itu, pada tahun 2010 negara ini menempati urutan ke 3 dalam indeks kebebasan ekonomi. Australia merupakan negara yang memiliki tingkat ekonomi terbesar ke 13 di Dunia dan mempunyai PDB per kapita terbesar ke-9 di dunia.

Baca Juga: Profil Negara Prancis


Sistem Politik Australia

Profil Negara Australia

Salah satu bagian yang harus diketahui dari profil negara Australia ini adalah mengenai sistem politiknya. Ya, negara ini merupakan monarki konstitusional dengan pembagian kekuasaan federatif.

Sistem pemerintahan negara ini menganut sistem parlementer dengan pemimpinnya yang bernama Ratu Elizabeth II. Ratu tersebut tinggalnya menetap di Britania Raya dan memiliki beberapa wakil yang bertempat di Australia.

Wakil tersebut bertindak sebagai penurut para Menteri-Menterinya. Otoritas tertinggi berada pada konstitusi Australia. Namun, kekuasaan menjalankannya diserahkan pada gubernur jendral yang menjabat.

Pelaksanaan kekuasaan cadangan yaitu saat pembubaran pemerintah Whitlam ketika terjadi krisis konstitusional pada tahun 1975. Terdapat tiga cabang pemerintahan di Australia, diantaranya sebagai berikut:

  • Eksekutif, lembaganya yaitu dewan eksekutif federal yang terdiri dari Gubernur Jenderal dengan penasihat yang terdiri dari Perdana Menteri dan Menteri-menteri lainnya
  • Legislatur, lembaganya yaitu Parlemen Australia yang terdiri dari Gubernur Jenderal, dewan Perwakilan dan Senat
  • Judisial, lembaganya yaitu Mahkamah Agung dan beberapa pengadilan federal lainnya. Para hakimnya diangkat oleh Gubernur Jendral berdasarkan nasihat dari dewan.

Australia merupakan satu-satunya negara yang terletak di benua terkecil di Dunia. Meski demikian, kondisi ekonomi negara ini sangatlah baik. Bahkan negara yang satu ini mampu menempati peringkat ke-13 sistem ekonomi terbesar di Dunia.

Dengan mengetahui lebih banyak tentang profil negara Australia, kini Anda bisa memiliki pengetahuan lebih banyak mengenai negara yang ada di Dunia. Selain itu, Anda juga bisa memberikan informasi tersebut kepada orang lain.

Profil Negara Australia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *