Profil Negara Jepang : Mengenal Bentuk, Karakteristik dan Sejarahnya

Profil Negara Jepang

Profil Negara Jepang – Jepang adalah salah satu negara paling sukses dan modern di dunia ini. Tampil sebagai Cahaya Asia, Jepang membuktikan diri bahwa negara kecil –yang juga rawan gempa, mampu memiliki kekuatan ekonomi yang luar biasa. Oleh karena itu, membaca profil negara Jepang menjadi hal yang menarik untuk menambah pengetahuan secara umum.

Saat ini, Jepang menjadi salah satu produsen teknologi terbesar di dunia. Negara ini memproduksi banyak hal yang terkait dengan teknologi industri, terutama industri otomotif. Banyak negara yang menjadi target ekspor dari produk otomotif Jepang, salah satunya adalah Indonesia.

Selain dikenal sebagai negara yang maju dalam hal industri, Jepang juga dikenal sebagai negara dengan kedisiplinan penduduknya yang luar biasa. Banyak gambaran bagaimana disiplin-nya penduduk Jepang sehingga menjadi contoh dan teladan masyarakat dunia.


Profil Lengkap Negara Jepang

Profil Lengkap Negara Jepang

Ada banyak hal yang menarik terkait negara Jepang yang bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan. Selain itu, banyak inspirasi pula yang bisa didapatkan dari negara Jepang. Lantas, bagaimana profil lengkap dari negara maju di Asia ini? Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Profil Negara Singapura

  • Bentuk Negara dan Agama

Jepang adalah negara yang berbentuk kekaisaran dengan pemerintah tertinggi di-jabat oleh seorang kaisar. Selain itu, dalam tradisi Jepang terdapat keyakinan bahwa kaisar adalah seorang yang mulia hingga adanya keyakinan kaisar adalah keturunan dari Dewa.

Dalam menjalankan pemerintahannya, kaisar akan dibantu oleh seorang perdana menteri. Perdana menteri di Jepang memiliki kekuasaan yang sangat penting yang akan berpengaruh pada keputusan yang akan dijalankan oleh pemerintahan hingga sampai ke masyarakat.

Sementara terkait agama, masyarakat Jepang kebanyakan menganut agama Shinto yaitu agama yang menyembah nenek moyang. Agama ini muncul didasari dengan kepercayaan Jepang terhadap roh leluhur yang selalu hadir di sekitar mereka.

Namun, di Jepang juga ada beberapa jenis agama yang berbeda yang dianut masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya cukup banyak tempat beribadah agama-agama di Jepang.

  • Letak dan Luas Wilayah

Secara astronomis, letak negara Jepang adalah 30 derajat lintang utara hingga 47 derajat lintang utara dan 128 derajat bujur timur dan 146 derajat bujur timur. Letak ini membuat Jepang memiliki 4 musim yang berbeda sepanjang tahun.

Selain itu, negara Jepang dibagi menjadi beberapa wilayah yang berbeda. Adapun pembagian wilayah Jepang menurut pulau yang paling besar adalah sebagai berikut:

  • Kyushu dengan total luas wilayah 42.030 kilometer persegi
  • Shikoku dengan total luas wilayah 18.782 kilometer persegi
  • Honshu dengan total luas wilayah 230.822 kilometer persegi
  • Hokkaido dengan total luas wilayah 78.513 kilometer persegi.

Secara keseluruhan, luas wilayah negara Jepang adalah sekitar 377.835 kilometer persegi. Total wilayah ini menunjukkan bahwa Jepang sebenarnya bukan termasuk negara yang besar dari segi wilayah. Namun, negara Asia Timur ini berhasil meraih kesuksesan yang teramat besar.

Sedangkan secara geografis, Jepang memiliki beberapa batas negara, yaitu:

  • Sebelah utara, Jepang berbatasan dengan Laut Okhotsk
  • Sebelah timur, Jepang berbatasan dengan Samudera Pasifik
  • Sebelah barat, Jepang berbatasan dengan Laut Jepang
  • Sebelah selatan, Jepang berbatasan dengan Laut Cina Timur.

Batas negara Jepang memang mayoritas laut. Oleh karena itu, iklim di Jepang sangat dipengaruhi oleh kondisi laut. Tidak hanya itu, karena letaknya ini, Jepang juga disebut sebagai kawasan semenanjung.

  • Iklim dan Vegetasi

Dipengaruhi dengan letaknya yang berada di dekat samudera, Jepang memiliki iklim monsun atau iklim yang dipengaruhi oleh adanya angin musim basah dan musim kering. Selain itu, karena letaknya yang berada di lintang sub-tropis, Jepang memiliki 4 musim yang berbeda sepanjang tahun.

Adapun musim yang ada di Jepang adalah musim semi, panas, gugur dan juga dingin. Keempat musim ini membuat hawa di Jepang cenderung stabil. Bahkan, saat musim semi tiba, pemandangan alam di Jepang akan menjadi sangat indah dengan adanya Sakura yang mekar.

Hal lain terkait profil negara Jepang adalah tentang vegetasi. Karena beragam faktor, termasuk faktor iklim, vegetasi alami di Jepang diubah menjadi lahan-lahan pertanian. Vegetasi yang paling terkenal di Jepang adalah pohon Sakura yang menjadi simbol negara.

Selain itu, ada hutan-hutan di Jepang di wilayah yang berbeda. Misalnya, hujan semi-tropis berada di Pulau Ryukyu. Di beberapa wilayah Jepang terdapat pula penghasil pohon oak dan mulberry.

Baca Juga: Profil Negara Thailand

  • Sumber Daya Alam

Bisa dikatakan bahwa Jepang bukan negara yang kaya akan sumber daya alam. Meskipun Jepang terletak di kawasan vulkanik dan ring of fire dunia, namun kandungan mineral di Jepang, seperti tembaga, nikel ataupun biji besi cenderung sangat terbatas.

Tidak hanya itu, kualitas dari sumber daya alam yang ada di Jepang tersebut cenderung rendah. Inilah salah satu faktor kenapa Jepang mengubah perekonomian negaranya menjadi berbasis teknologi industri.

Terkait sumber daya yang ada di Jepang, hutan menjadi salah satu sumber daya alam paling besar yang ada di Jepang. Hutan menutupi sekitar 70 persen kawasan Jepang. Pemerintah Jepang dalam hal ini tidak melakukan eksploitasi secara besar-besaran kawasan hutan mereka untuk menjaga iklim agar tetap stabil.

  • Sosial dan Ekonomi

Data terkait jumlah penduduk menyebutkan bahwa total penduduk yang mendiami wilayah Jepang adalah sekitar 125 juta jiwa dengan penduduk mayoritas adalah suku Jepang asli. Selain itu, mayoritas masyarakat Jepang adalah mereka yang memiliki semangat kerja yang tinggi dan juga tingkat disiplin yang tinggi pula.

Kedisiplinan yang tinggi menjadi salah satu bagian profil negara Jepang yang sangat penting dan menjadi inspirasi bagi dunia. Faktor kedisiplinan yang tinggi inilah yang membuat Jepang tampil menjadi negara maju di dunia dengan produk industri andalan mereka.

Masyarakat Jepang juga adalah masyarakat yang sangat menghargai budaya leluhur. Oleh karena itu, hal-hal yang berbau budaya sangat dijaga dengan erat di Jepang. Terkait budaya, ada banyak sekali budaya Jepang yang masih terjaga dan lestari hingga saat ini. Beberapa diantaranya adalah seni bela diri samurai, sumo, origami dan lainnya.

Selain itu, penduduk Jepang juga memiliki kesadaran yang sangat baik terkait kebersihan. Amat jarang ditemukan sampah yang berserakan di Jepang. Kepedulian tentang kondisi lingkungan ini membuat angka harapan hidup di Jepang cukup tinggi, yaitu di atas 75 tahun.

Jepang merupakan salah satu contoh nyata dari baiknya sikap disiplin yang dijalankan secara nasional. Dengan penerapan sikap disiplin ini, Jepang menjadi negara yang sangat teratur dan hampir tidak memiliki masalah pada masyarakatnya.

Pemerintah di Jepang juga sangat serius membangun Jepang, terutama pasca terjadinya Perang Dunia II yang membuat mereka kehilangan sebagian besar penduduknya. Dari peristiwa itulah pemerintah Jepang membangun negara dengan sangat hati-hati.

Demikian beberapa ulasan terkait profil negara Jepang yang bisa memberikan pengetahuan baru. Dari Jepang, banyak hal yang bisa dipelajari termasuk untuk diri sendiri. Semoga bermanfaat.

Profil Negara Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *