Profil Negara Mesir : Mengenal Bentuk, Karakteristik dan Sejarahnya

Profil Negara Vietnam

Profil Negara Mesir – Mesir merupakan salah satu negara maju yang terdapat di benua Afrika. Mesir juga negara yang pertama kali mengakui kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia. Bisa dibilang Mesir adalah saudara dari Indonesia.

Maka dari itu pastikan Anda mengenal baik negara Mesir seperti apa melalui profil negara Mesir yang akan dibahas pada penjelasan di bawah ini:


Informasi Negara Mesir

Profil Negara Mesir

Nama Resmi : Republik Arab Mesir Jumhuriyyat Misr al-‘Arabiyyah (Arab)

Ibukota : Kairo

Lagu Kebangsaan : Biladi, Biladi, Biladi

Bentuk Pemerintahan : Republik Semi Presidensial

Sistem Pemerintahan : Semi Presidensial

Kemerdekaan : Diumumkan pada tanggal 18 Juni 1953

Kepala Negara : Presiden

Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri

Bahasa Nasional : Bahasa Arab

Agama : Islam dan Kristen

Mata Uang : Pound Mesir

Zona Waktu : UTC+2

Kode Telepon : +20.

Baca Juga: Profil Negara Amerika Serikat


Sejarah Negara Mesir

Profil Negara Mesir

Nama Mesir berasal dari bahasa Arab Misr yang diambil dari rumpun semit yang memiliki arti perbatasan atau daerah pinggiran. Negara ini termasuk negara yang tertua di dunia, usianya sudah mencapai 5000 tahun.

Mesir merupakan negara yang wilayahnya terletak di bagian Afrika Timur Laut. Disana Mesir digolongkan kedalam negara maju. Selain itu, Mesir juga merupakan salah satu negara yang paling berjasa bagi Indonesia karena merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Mesir adalah negara yang sangat populer dengan peradaban kunonya. Banyak juga yang mengenal Mesir karena memiliki monumen kuno yang megah, bahkan menjadi paling megah di dunia. Contohnya seperti Piramid Giza, Lembah Raja, Kuil Karnak dan juga Kuil Ramses.

Melalui sebuah kota yang bernama Luxor, Mesir kini semakin dikenal dan diakui di mata dunia. Sebab di kota tersebut terdapat 65% artefak kuno di dunia. Mesir ini juga menjadi pusat perkembangan budaya dan politik bagi wilayah Arab serta Timur Tengah.


Letak Geografis

Profil Negara Mesir

Secara geografis, Mesir berbatasan langsung dengan beberapa wilayah, diantaranya:

  • Di bagian utara berbatasan dengan Palestina, Israel dan juga Laut Mediterania
  • Pada bagian selatan berdampingan dengan Sudan
  • Sedangkan di sebelah Barat berbatasan dengan Libya
  • Timur berbatasan dengan Teluk Aqaba dan Laut Merah.

Selain letak secara geografis, di profil negara Mesir ini juga dijelaskan mengenai letak astronomisnya secara detail. Secara astronomis negara Mesir berada diantara garis lintang 22° LU- 32° LU, dan pada garis bujur terletak di garis 25° BT sampai 35° BT.

Adapun luas wilayahnya sekitar 1.001.450 km². luas yang cukup menakjubkan untuk suatu negara. Maka dari itu, Mesir termasuk kedalam 30 negara terbesar di dunia.

Mesir merupakan negara dengan iklim yang bisa dibilang cukup ekstrim dan juga gersang. Mayoritas penduduk terpusat di sepanjang lembah sungai Nil yang memiliki wilayah sempit dan juga delta. Jika dipersentasekan, ada kurang lebih 99% penduduk yang tinggal di lembah sungai Nil dan dekat Laut Mediterania.

Adanya jembatan tanah atau yang kerap disebut dengan Tanah Genting Suez di Mesir ini dijadikan sebagai lokasi geopolitik yang amat penting. Sebab jembatan tersebut merupakan penghubung wilayah Asia dan Afrika.

Selain sungai Nil dan Laut Mediterania, hampir seluruh wilayahnya adalah gurun, serta ada pula oasis yang bertebaran di kawasan tersebut. Akibat tiupan angin yang kencang, kemudian menimbulkan bukit-bukit pasir dengan tinggi 100 kaki.

Mesir juga merupakan bagian dari gurun yang mungkin sering Anda dengar, yakni Gurun Sahara dan Gurun Libya. Yang mana Gurun tersebut sangat dilindungi oleh Kerajaan Fir’aun dari bahaya Barat atau tanah merah.

Baca Juga: Profil Negara Filipina


Kependudukan Negara Mesir

Profil Negara Mesir

Di daerah Arab, Mesir adalah negara yang memiliki penduduk dengan jumlah yang banyak, yakni ada 74 juta jiwa. Semuanya hampir sejenis, yang berbeda hanya ada di bagian utara yang terkena pengaruh dari Mediterania dan juga Arab. Dan sebelah selatan ditempati oleh penduduk asli hitam.

Bahasa yang digunakan oleh penduduk Mesir dari sejak zaman dahulu adalah bahasa yang berasal dari rumpun bahasa Afro-Asia, atau lebih tepatnya berasal dari Ethiopia Tanduk Afrika. Bahasa tersebut ditulis dengan huruf hieroglif Mesir.

Profil negara Mesir tidak hanya sampai disitu saja, tetapi juga membahas mengenai aspek yang tidak kalah penting dan ikut berperan besar. Aspek tersebut adalah aspek agama. Hal ini terbukti dengan adanya konstitusi Mesir yang menyatakan bahwa semua peraturan perundang-undangan disesuaikan dengan hukum Islam.

Negara ini menganut mazhab Hanafi melalui Kementerian Agamanya. Setiap orang yang menjadi imam di negara ini, harus dilatih di sekolah keahlian khusus untuk imam dan juga di Universitas Al-Azhar. Dimana komite nya memiliki hak untuk memberikan fatwa yang terkait dengan masalah agama.

Penduduk Mesir 90% nya adalah pemegang ajaran Islam. Islam yang dianut adalah Islam Sunni dan Sufi Lokal. Sedangkan 10%nya adalah pemeluk agama Kristen yang sudah didominasi koptik. Gereja dari Kristen Koptik memiliki keunikan pada bgian bahasanya.

Bahasa yang digunakan adalah bahasa kuno seperti bahasa liturgi atau biasanya berbentuk bahasa bentuk Koptik.


Faktor Ekonomi

Profil Negara Mesir

Hampir seluruh penduduk Mesir tergantung pada hasil pertanian mereka, kegiatan ekspor dan juga pariwisata. Untuk kegiatan eskpornya bermacam-macam jenis. Ada ekspor minyak hasil bumi, ada ekspor minyak bumi, ekspor gas dari alam dan yang tidak boleh ketinggalan adalah wisata.

Ada pula penduduknya yang memutuskan untuk bekerja di luar negeri, yaitu sekitar tiga juta orang Mesir. Negara yang menjadi tujuan utama bekerja adalah seperti Arab Saudi, Eropa dan Teluk Perisia.


Kemajuan Sastra

Profil Negara Mesir

Novelis yang pertama kali melakukan percobaan dengan menggunakan metode dalam sastra Arab adalah novelis dan penyair yang berasal dari Mesir. Dari bentuk yang para penyair kembangkan, kemudian dijadikan panutan dalam dunia sastra.

Novel pertama yang terbit dan digemari berjudul Zainab. Yang kemudian dijadikan film dan disutradarai oleh Muhammad Husain Haekal tahun 1913. Novelis yang bernama Naguib Mahfouz adalah novelis pertama yang menuangkan ide kreatifnya melalui bahasa Arab.

Keahlian menulis dengan bahasa Arab lalu dihadiahi dengan Nobel sastra. Selain beliau, ternyata masih banyak pula penulis sekaligus penyair dari Mesir yang memiliki kemampuan luar biasa sehingga mampu menghasilkan karya yang fantastis.


Kemajuan Pendidikan

Profil Negara Mesir

Berdasarkan riwayat pendidikan yang ada di dalam profil negara Mesir, bahwa awal mulanya pendidikan di Mesir dimulai dengan pengenalan dunia pengetahuan dan juga teknologi.

Kemajuan IPTEK yang diraih oleh Napoleon Bonaparte seorang yang berkebangsaan Perancis ini cukup memberikan banyak inspirasi bagi para kaum pembaharu Mesir.

Para pembaharu berkeinginan untuk terus memajukan pendidikan di Negara Mesir yang memang selama ini diam ditempat. Ada banyak tokoh yang menekuni bidangnya masing-masing. Tetapi tujuan mereka tetap sama yaitu untuk memajukan dunia pendidikan Mesir.

Banyak hal yang bisa dipelajari dan diambil hikmahnya dari penjelasan profil negara Mesir diatas. Baik dari pendidikan, agama dan lain sebagainya. Apalagi Mesir adalah negara yang sudah maju.

Mulailah untuk terus berkaca dari negara-negara tetangga yang sudah lebih maju satu langkah di depan Indonesia. Karena sebenarnya perubahan besar berawal dari perubahan kecil. Tentunya itu semua harus dimulai dari diri sendiri.

Profil Negara Mesir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *