Profil Negara Myanmar : Mengenal Bentuk, Karakteristik dan Sejarahnya

Profil Negara Myanmar

Profil Negara Myanmar – Myanmar adalah negara yang terletak di bagian paling barat ASEAN dan memiliki ibukota Naypyidaw. Dulunya, negara ini dikenal dengan nama Burma sebelum berubah menjadi Myanmar. Menyimak mengenai profil negara Myanmar menjadi hal yang menarik untuk menambah wawasan.

Perlu diketahui bahwa Myanmar memiliki sejarah yang panjang terkait pembentukan negaranya. Setelah melewati masa dinasti mulai dari tahun 849 hingga 1752, pada tahun 1886 Myanmar jatuh ke tangan Inggris yang memulai masa kolonial.

Myanmar mendapatkan kemerdekaan pada tahun 1948. Namun, kondisi politik di negara tersebut tidak stabil hingga akhirnya terjadi kudeta militer pada tahun 1962. Baru pada tahun 2011 yang lalu Myanmar melakukan pemulihan presiden untuk mengatasi kondisi negara hingga saat ini.


Profil Lengkap Negara Myanmar

Profil Lengkap Negara Myanmar

Sebagai salah satu anggota ASEAN, Myanmar cukup aktif dan memberikan ide-ide untuk membangun negara Asia Tenggara yang maju. Bahkan, ada tokoh di Myanmar yang berhasil mendapatkan nobel perdamaian atas nama Aung San Suu Kyi.

Berbincang tentang profil negara Myanmar, ada beberapa informasi menarik yang perlu untuk disimak sebagaimana ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Profil Negara Malaysia

  • Kondisi Geografi

Negara Myanmar membentang dengan luas wilayah sekitar 676.578 kilometer persegi. Myanmar terletak di posisi 9 derajat lintang utara dan 29 derajat lintang utara serta 92 derajat bujur timur dan 102 derajat bujur timur. Wilayah negara Myanmar merupakan wilayah perbukitan yang cukup terjal.

Pegunungan yang ada di Myanmar juga menjadi batas negara tersebut dari negara tetangga. Misalnya saja, Pegunungan Hengduan yang menjadi batas negara ini dengan China. Selain itu, ada pula pegunungan lain di Myanmar yang memanjang dari utara hingga ke selatan Himalaya.

Selain pegunungan, negara Myanmar memiliki cukup banyak sungai besar yang menjadi sungai penting. Beberapa sungai besar yang ada di Myanmar diantaranya adalah Sungai Irawadi, Salween (Thanlwin), dan Sittaung. Sungai Irawadi adalah sungai terpanjang dengan panjang hingga 2170 kilometer.

  • Potensi Negara

Myanmar termasuk salah satu negara ASEAN yang memiliki cukup banyak potensi untuk digali. Potensi ini menjadi peluang besar bagi Myanmar untuk menjadi negara yang kuat dan lebih berdaulat.

Adapun potensi yang terdapat di Myanmar adalah sebagai berikut.

  • Potensi Alam

Myanmar memiliki kondisi alam yang bisa dikatakan sangat bervariasi. Tidak hanya pegunungan yang menjulang, namun juga ada pula sungai yang memanjang. Kondisi ini membuat dataran Myanmar cenderung subur. Kesuburan tanah Myanmar sangat menunjang beragam kegiatan agraris yang ada seperti perkebunan, pertanian dan hutan.

  • Potensi Perdagangan

Letak Myanmar cenderung cukup strategis di kawasan ASEAN. Letaknya yang strategis ini membuat arus perdagangan bisa terjalin dengan cukup baik dan ramai. Myanmar sendiri memiliki beberapa komoditas perdagangan seperti kayu, pupuk, beras dan beragam jenis kerajinan.

  • Potensi Sosial Budaya

Myanmar termasuk negara dengan etnis penduduk yang berbeda-beda. Penduduk yang mendiami Myanmar berasal dari ragam budaya yang berbeda dan memiliki bahasa yang berbeda-beda pula. Namun, bahasa resmi negara adalah Myanmar dan agama resmi yang ditetapkan adalah Buddha.

  • Potensi Pariwisata

Untuk sektor pariwisata, Myanmar termasuk negara dengan potensi yang bisa dikatakan cukup mumpuni. Ada banyak hal di Myanmar yang menjadi daya tarik perihal pariwisata. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah bangunan bersejarah, festival berbalut agama dan aneka kesenian tradisional.

  • Potensi Industri

Myanmar juga memiliki potensi industri yang cukup melimpah. Beberapa jenis industri seperti industri pertambangan, industri pengolahan ikan, industri tekstil, industri semen dan lainnya.

  • Iklim dan Cuaca

Dipengaruhi oleh letaknya secara astronomis, Myanmar memiliki iklim tropis – subtropis. Iklim ini mengakibatkan ada tiga musim berbeda yang terjadi di Myanmar sepanjang tahun. Musim yang ada di Myanmar adalah musim hujan, musim kemarau dan musim panas.

  • Flora dan Fauna

Myanmar termasuk salah satu negara yang memiliki hutan yang cukup lebat. Di negara ini terdapat hutan tropis yang membentang cukup panjang terutama di kawasan lembah sungai. Selain itu, di bagian pegunungan di Myanmar juga terdapat hutan yang kebanyakan ditumbuhi pohon pinus.

Lalu, bagaimana dengan fauna yang ada di Myanmar? Dalam catatan profil negara Myanmar, ada cukup banyak fauna yang hidup di Myanmar. Beberapa diantaranya adalah gajah, harimau, kerbau liar dan juga rusa.

Baca Juga: Profil Negara Jepang

  • Kondisi Politik

Myanmar mungkin menjadi salah satu negara yang cukup rawan terkait dunia politik. Negara ini pernah mengubah nama negara dari Burma menjadi Myanmar pada masa junta militer sekitar tahun 1989 yang lalu. Perubahan nama ini bertujuan untuk mengatur agar etnis di luar Burma juga merasa menjadi bagian dari Myanmar.

Selain itu, Myanmar juga cukup sering didera oleh masalah kericuhan antar suku hingga skala besar. Namun, kondisi ini berangsur membaik seiring berjalannya waktu.

  • Kelompok Etnis

sebagaimana disinggung sebelumnya, Myanmar adalah negara yang dihuni oleh banyak etnis. Kelompok etnis ini mendiami wilayah yang berbeda di negara bagian yang ada di Myanmar. Adapun beberapa etnis yang termasuk besar yang tinggal di Myanmar adalah sebagai berikut.

  • Birma. Dua pertiga dari total penduduk Myanmar adalah etnis Birma. Etnis ini memiliki agama Buddha dan merupakan etnis asli Myanmar yang kebanyakan tinggal di wilayah besar Myanmar kecuali wilayah pedesaan.
  • Karen. Merupakan suku yang tinggal di daerah pegunungan yang merupakan batas dengan Thailand. Suku ini menganut negara Buddha dan Kristen. Karen adalah suku yang terus memperjuangkan otonomi hingga 60 tahun lamanya.
  • Kayah. Merupakan suku yang tidak terlalu besar di Myanmar. Etnis ini adalah etnis yang dianggap memiliki kerabat dekat dengan suku Thai yang ada di Thailand.
  • Arakan. Etnis ini sering disebut dengan nama Rakhine yang mendiami wilayah perbukitan yang ada di daerah Myanmar barat.
  • Mon. Merupakan etnis yang tinggal di Myanmar dan memeluk agama Buddha. Etnis ini tinggal dan menetap di daerah yang berbatasan dengan Thailand
  • Kachin. Adalah etnis yang kebanyakan beragama Kristen. Populasi etnis ini cukup besar di Myanmar dan menyebar hingga ke wilayah India
  • Rohingya. Adalah etnis minoritas yang ada di Myanmar. Mereka adalah salah satu dari etnis di Myanmar yang menganut agama Islam. Etnis Rohingya tinggal di sebelah utara Rakhine.

Ada banyaknya suku ini membuat budaya yang ada di Myanmar menjadi lebih beragam. Hanya saja, ada risiko yang cukup besar tentang gesekan antar suku yang menjadi pekerjaan rumah dari pemerintah.

Demikian beberapa ulasan tentang Myanmar sebagai salah satu negara ASEAN dan juga negara tetangga Indonesia. Negara dengan bentang alam yang unik ini menyimpan potensi yang cukup besar.

Dengan mengetahui beragam hal terkait profil negara Myanmar, tentu pengetahuan tentang negara ini akan semakin kaya dan mendalam. Juga, ada banyak hal yang bisa dipelajari seperti bagaimana Myanmar menata diri untuk menciptakan kondisi negara yang lebih stabil. Semoga bermanfaat.

Profil Negara Myanmar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *