Profil Negara Prancis : Mengenal Bentuk, Karakteristik dan Sejarahnya

Profil Negara Prancis

Profil Negara Prancis – Prancis merupakan negara yang letaknya berada di benua Eropa tepatnya berada di eropa bagian barat. Negara ini juga memiliki beberapa pulau dan teritori yang letaknya di seberang laut di benua lainnya.

Negara yang terkenal dengan menara eiffel ini juga memiliki sejarah yang unik lho. Bukan hanya itu saja, dibidang ekonomi negara ini merupakan sebuah negara yang maju. Dan juga memiliki domestik bruto nominal yang tinggi yaitu mencapai US$2.856 triliun.

Sangat menarik bukan negara maju yang satu ini? Nah, bagi Anda yang penasaran mengenai profil negara Prancis dan ingin mengetahuinya lebih lanjut, yuk simak ulasan di bawah ini.


Sejarah Negara Prancis

Profil Negara Prancis

Perbatasan Prancis modern wilayahnya hampir sama dengan Gallia Kuno yang dihuni oleh Galia Kelt. Pada abad 1 SM Galia ini dikuasai Roma oleh Julius Caesar. Kebudayaan Romawi pun disebarkan olehnya.

Pada abad ke 2 dan 3 M kristen masuk ke Prancis dan ditetapkan sebagai agama resmi pada abad 4 dan 5 M. St. Jerome menulis bahwa Galia merupakan satu-satunya wilayah yang bebas dari kepercayaan menyimpang.

Pertahanan timur Galia di sepanjang Rhine dihancurkan oleh suku Jermanik pada abad ke 4 M. Suku tersebut berasal dari Frank. Nah, dari situlah nama kuno”Francie” berasal. Pendirian entitas terpisah dimulai saat adanya perjanjian Verdun pada tahun 843.

Dalam perjanjian tersebut dicantumkan bahwa terdapat pembagian kekaisaran Karoling Charlemagne. Ya, kekaisaran tersebut dibagi menjadi beberapa wilayah yaitu menjadi Francia Barat, Francia Timur dan Francia Tengah.

Dinasti Karoling memimpin negara ini hingga tahun 987 M. Puncak kejayaannya yaitu pada abad ke 17 dan kekuasaan XIV dari Prancis. Pada saat itu, negara ini memiliki penduduk terbesar.

Selain itu negara ini juga memiliki pengaruh terhadap ekonomi, politik dan budaya di Eropa. Pada abad ke 18, banyak sekali penemuan ilmiah yang berasal dari negara ini. Selain itu, Prancis juga mempunyai jajahan di Asia, Amerika dan Afrika.

Nah, setelah beberapa abad kemudian dan setelah melewati beberapa perang. Negara ini yang dulunya adalah negara monarki menjadi negara republik.

Baca Juga: Profil Negara Laos


Kondisi Geografi Negara Prancis

Profil Negara Prancis

Negara yang satu ini memiliki sejumlah teritori di Amerika Selatan, Karibia, Amerika Utara, Antartika, Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Teritori ini mempunyai berbagai macam bentuk pemerintahan.

Mulai dari bentuk departemen seberang laut hingga jajahan seberang laut. Luas wilayah Prancis yaitu 547.030 km². Wilayah tersebut termasuk ke dalam wilayah terluas di antara Uni Eropa dan juga lebih besar dari spanyol.

Negara ini juga memiliki berbagai macam lanskap mulai dari pantai hingga pegunungan Alpen. Bukan hanya itu saja, Prancis mempunyai Zona Ekonomi Eksekutif terbesar kedua di Dunia lho. Sangat menakjubkan bukan negara yang satu ini?

Luasnya yaitu mencapai 11.035.000 km². Nah, Prancis Metropolitan letaknya berada diantara 41⁰ dan 51⁰ utara di sisi barat Eropa dan terletak di Zona beriklim utara. Sedangkan iklim mediterania terjadi di bagian tenggara negara Prancis.


Sistem Politik Atau Pemerintah Negara Prancis

Profil Negara Prancis

Republik Prancis merupakan sebuah negara dengan sistem pemerintahan Republik Semi Presidensial, yang menggunakan tradisi demokratis yang kuat. Konstitusi republik kelima disetujui melalui referendum yang diadakan pada 28 September 1958.

Sehingga dapat memperkuat kewenangan eksekutif dengan parlemen. Cabang eksekutif sendiri mempunyai dua pemimpin, yang pertama yaitu presiden yang dipilih langsung oleh rakyat untuk menjabat selama 5 tahun.

Sedangkan yang kedua adalah pemerintah yang dipimpin oleh perdana menteri yang sudah ditunjuk langsung oleh presiden. Parlemen Prancis yaitu sebuah badan legislatif bikameral yang terdiri dari majelis nasional dan senat.

Anggota majelis nasional dipilih secara langsung dengan masa kerja 5 tahun. Tugasnya yaitu untuk mewakili konstituensi lokal. Majelis ini memiliki kekuasaan untuk membubarkan kabinet dan menetapkan pilihan pemerintah.

Sedangkan senator dipilih oleh dewan pemilih khusus untuk menjabat selama 6 tahun. Kekuasaannya sangat terbatas. Sistem politik negara ini ditandai oleh dua pengelompokkan yang saling menentang secara politik.

Kelompok tersebut yaitu golongan sayap kiri yang dipusatkan di sekitar partai sosialis Prancis. Sedangkan sayap kanannya saat ini dipusatkan di UMP atau bisa disebut dengan persatuan untuk gerakan rakyat.


Pembagian Administrasi Negara Prancis

Profil Negara Prancis

Negara ini dibagi menjadi 26 region administratif. Sebanyak 22 region terletak di Prancis Metropolitan dan sisanya adalah region seberang laut. Region tersebut kemudian dibagi lagi menjadi sesuatu yang lebih kecil lagi yaitu menjadi 100 departemen.

Departemen, Regio dan Komune biasanya dikenal sebagai jajahan teritorial. Yang berarti mereka juga mempunyai majelis lokal dan juga badan eksekutif. Selain mempunyai 26 region dan 100 departemen, ternyata negara ini mempunyai 6 jajahan seberang laut lho.

Negara yang satu ini juga berusaha untuk mempertahankan kontrol terhadap sejumlah pulau berpenghuni non permanen, yang letaknya berada di Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.


Sistem Ekonomi Negara Prancis

Profil Negara Prancis

Salah satu profil negara Prancis yang perlu Anda ketahui yaitu mengenai sistem ekonominya. Nah, negara ini menggabungkan perusahaan pribadinya sebanyak 2,5 perusahaan terdaftar dengan intervensi pemerintah.

Sejak awal tahun 1990 pemerintah mengendurkan kontrolnya secara bertahap. Perlahan-lahan pemerintah menjual saham di Air France, France Telecom, perbankan, industri asuransi dan pertahanan.

Negara ini menempati urutan ke 5 sebagai salah satu negara industri maju menurut PDB. Selain itu, negara ini juga bergabung dengan UE untuk meluncurkan Euro pada tahun 1999.

Bukan hanya itu saja, negara ini juga mempunyai tanah subur yang luas. Lahan tersebut digunakan untuk menjadikan negara ini sebagai produsen sekaligus pengekspor hasil pertanian terdepan di wilayah Eropa.

Hasil pertanian utama yang sering diekspor oleh negara ini adalah daging, unggas, gandum, susu, anggur dan babi. Sejak akhir Perang Dunia II pemerintah berusaha untuk bekerja sama dengan Jerman dalam bidang politik dan ekonomi.

Pada akhirnya, kedua negara tersebut membentuk sebuah inti yang digunakan untuk integrasi lebih besar ke Uni Eropa. Memang negara yang satu ini memiliki strategi perbisnisan yang sangat canggih.

Baca Juga: Profil Negara Vietnam


Demografi Negara Prancis

Profil Negara Prancis

Negara ini termasuk ke dalam negara terpadat di Dunia pada urutan ke 19 dengan jumlah penduduk yaitu 64,5 jiwa. Oleh karena negara ini mempunyai tingkat ekonomi yang baik, hal ini membuat banyak orang dari berbagai wilayah yang masuk dan menetap di Prancis.

Nah, bahasa resmi yang digunakan dalam negara ini adalah bahasa Prancis. Sedangkan agama yang ada dalam negara ini yaitu Kristen 54%, Budha 1,2%, Islam 4%, tak beragama 31%, Yahudi 1% dan agama lainnya yang tak berpendapat sebanyak 10%.

Prancis merupakan sebuah negara maju yang terletak di benua Eropa. Selain memiliki tingkat perekonomian yang baik, negara ini juga ternyata merupakan sebuah negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang cukup tinggi.

Negara Republik ini juga terkenal sebagai negara perindustrian terbesar di Dunia. Nah, dengan mengetahui profil negara Prancis secara lengkap, kini Anda bisa memberikan informasi di atas pada semua orang.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa mengajarkan apa yang sudah diketahui kepada teman atau rekan. Sehingga, ilmu yang sudah diperoleh bisa bermanfaat bagi sesama manusia.

Profil Negara Prancis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *