Profil Negara Singapura : Mengenal Bentuk, Karakteristik dan Sejarahnya

Profil Negara Singapura

Profil Negara Singapura – Singapura yang memiliki nama resmi Republik Singapura ini merupakan sebuah negara kepulauan yang berada di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya. Dengan memiliki luas total hanya 722.5 km persegi, ternyata tidak menjadikan Singapura menjadi negara yang tertinggal.

Bahkan, Singapura merupakan pusat keuangan nomor tiga yang ada di dunia. Belum lagi Singapura juga termasuk salah satu kota metropolitan yang memiliki peran penting dalam sektor perdagangan dan keuangan internasional

Hal ini dibuktikan lagi dengan kondisi pelabuhan di Singapura yang menjadi salah satu dari lima pelabuhan tersibuk yang ada di dunia. Penasaran dengan profil Negara Singapura lebih lengkapnya? Simak penjelasan berikut ini


Sejarah Negara Singapura

Profil Negara Singapura

    • Sebelum Abad ke 19

Catatan pemukiman di Singapura berawal di abad ke 2 masehi. Sebelum nya pulau ini merupakan bagian luar dari kerajaan sriwijaya di Sumatra yang memiliki nama Temasek yang jika dalam bahasa jawa berarti kota laut.

Diantara abad ke 16 hingga abad ke 19, Singapura masuk menjadi bagian dari kesultanan Johor. Sedangkan pada tahun 1613 penjajah portugis membakar pemukiman di bagian sungai Singapura hingga menyebabkan pulau ini terabaikan.

  • Kekuasaan Kolonial Britania

Awalnya Thomas Stamford Raffles mendarat di Singapura dan menjumpai pemimpin bernama Tumenggung Abdu’r Rahman. Melihat adanya peluang maka Rafles membujuk Tumenggung agar mau membantu merebut tahta Kesultanan Johor.

Setelah menandatangani perjanjian dengan Sultan Johor tersebut, Rafles memutuskan untuk menjadikan Singapura sebagai pelabuhan bebas. Namun pada tahun 1824 akhirnya Singapura diserahkan kepada EIZ oleh Sultan.

  • Kemerdekaan Sejak 1965

Profil Negara Singapura selanjutnya dibuktikan dengan memperoleh kedaulatannya pada tanggal 9 agustus 1965. Dengan menjabatkan Yusof bin Ishak sebagai presiden serta Kuan Yew sebagai perdana Menteri pertama di Republik Singapura.

Baca Juga: Profil Negara Thailand


Politik Negara Singapura

Profil Negara Singapura

Singapura merupakan sebuah Republik parlemen yang memiliki sistem pemerintahan Unicameral Westminster yang mewakili berbagai konstituensi. Konstitusi yang ada di Singapura memilih demokrasi perwakilan sebagai sistem politik.

Sedangkan kekuasaan eksekutif dipegang oleh kabinet yang dipimpin oleh perdana menteri. Secara historis, presiden Singapura merupakan jabatan seremonial meskipun untuk jabatannya tetap dilakukan melalui pemilu rakyat.

Hal yang patut ditiru dari Singapura ialah negara tersebut tercatat sebagai salah satu negara dengan tingkat korupsi yang paling rendah didunia. Dalam segi hukum, Singapura mewarisi hukum dari inggris dan india britania.

Hukum yang dimiliki diantaranya hukum Korporal Yudisial yang berbentuk pencambukan sebagai pelanggaran pemerkosaan, kekerasan, kerusuhan, penggunaan obat-obatan terlarang hingga sejumlah pelanggaran imigrasi.

Bahkan tercatat juga jika Singapura memiliki hukum mati wajib bagi pembunuhan tingkat pertama, penyelundupan obat-obatan terlarang hingga pelanggaran senjata api.

Pemerintah menyebutkan jika Singapura memiliki hak berdaulat yang berfungsi untuk menentukan system yudisialnya serta memaksakan sesuatu yang dianggap sebagai hukuman yang pantas.

  • Hubungan Luar Negeri

Selanjutnya ialah profil Negara Singapura ditinjau dari hubungan diplomatiknya dengan 175 negara. Meskipun Singapura tidak menempatkan seorang komisi tinggi ataupun kedutaan di beberapa negara.

Singapura merupakan anggota dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Persemakmuran, ASEAN, serta Gerakan Non-Blok. Berdasarkan alasan geografis yang jelas, hubungan antara Singapura dengan Malaysia dan Indonesia merupakan yang terpenting.

Meskipun terkadang politik domestic yang mengelilingi tiga negara tersebut sering kali mengancam hubungan mereka. Sama halnya dengan negara Eropa, Singapura juga memiliki hubungan yang baik yakni dengan Prancis, Jerman dan lain-lain.

Singapura menjunjung tinggi konsep regionalisme Asia Tenggara serta menjalankan perannya secara aktif di Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). Singapura juga ditunjuk sebagai Sekretariat dalam forum Asia Pacific Economic Cooperation (APEC).

Negara ini bahkan tercatat sebagai salah satu negara pertama yang memiliki hubungan normal dengan Republik Rakyat Tiongkok pasca membuka diri di tahun 1978. Bukan hanya itu saja, keduanya memiliki hubungan dagang yang luas.

  • Militer

Beralih ke sektor militernya. Meskipun tergolong negara dengan ukurannya yang tidak begitu luas, Singapura ternyata memiliki salah satu pasukan militer yang paling maju di Asia Tenggara.

Kementerian pertahanan yang dipimpin oleh Teo Chee Hean mengawasi angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara Singapura yang secara keseluruhan disebut sebagai Angkatan Bersenjata Singapura.

Untuk Kepala Pasukan Pertahanan, Singapura dipimpin oleh Letnan Jendral Neo Kian Hong. Angkatan bersenjata memiliki tugas untuk mencegah terjadinya kemungkinan serangan serta menyediakan bantuan kemanusiaan untuk negara lain.

Hal ini menyebabkan sumber daya pertahanan Singapura dimanfaatkan pada misi-misi bantuan kemanusiaan internasional, termasuk menjalankan tugas sebagai penjaga perdamaian di Perserikatan Bangsa-Bangsa yang beranggotakan 11 negara.

Pada bulan September 2005, Angkatan Udara Republik Singapura atau disingkat RSAF mengutus 3 helikopter ke Louisiana, guna membantu operasi kemanusiaan dari badai katrina.

Selanjutnya, pasca tsunami Asia 2004, angkatan ini juga mengirimkan tank serta helicopter untuk memberikan bantuan kepada negara yang terkena dampak tsunami.

Baca Juga: Profil Negara Indonesia


Dari Segi Ekonomi

Profil Negara Singapura

  • Pariwisata

Profil Negara Singapura dari segi ekonomi sangat jelas terlihat dari kejuan pariwisatanya. Hal itu di tunjang karena Singapura termasuk kota tujuan perjalanan yang sangat terkenal. Pada tahun 2007 bahkan tercatat jumlah kedatangan mencapai 10,2 juta jiwa.

Ternyata guna menarik lebih banyak lagi wisatawan, pemerintah mengizinkan dua resor perjudian kasino yang dibangun di Marina South dan Pulau Sentosa. Hal lain yang menarik minat pengunjung untuk berwisata ke Singapura ialah makanan.

Makanan juga dijadikan sebagai atraksi pengunjung seperti pada Singapore Food Festival yang rutin diadakan pada bulan Juli. Selain itu Singapura juga memiliki acara tahunan lainnya yaitu Singapore Sun Festival, Christmas Light Up serta Singapore Jewel festival.

Bukan dari pariwisata sebagai hiburan saja, nyatanya Singapura juga mempromosikan negaranya sebagai negara pariwisata kesehatan. Karena setiap tahunnya terdapat sekitar 200.000 warga asing mencari pengobatan di negara ini.

Layanan kesehatan Singapura menargetkan hingga satu juta pasien asing untuk setiap tahunnya. Mulai tahun 2012 Singapura bahkan memperoleh pendapatan sebesar USD 3 miliar. Dan program ini berhasil membuka lapangan pekerjaan baru sekitar 13.000 lowongan.

  • Mata Uang

Mata uang yang dimiliki Singapura ialah dolar Singapura yang disimbolkan dalam S$ atau dengan singkatan ISO SGD. Sedangkan untuk bank sentralnya ialah Otoritas Moneter Singapura yang bertugas untuk mengeluarkan uang.

  • Transportasi

Pelabuhan dan Penerbangan

Singapura merupakan sebuah hubungan transportasi internasional yang ada di Asia. Hal ini dikarenakan negara ini terletak di berbagai rute perdagangan laut maupun perdagangan udara.

Pelabuhan Singapura yang dikelola oleh operator pelabuhan PSA Internasional merupakan pelabuhan tersibuk kedua di dunia. Hal ini dibuktikan dengan pernyataan dari tonase pengapalan dan tonase kargo.

Bukan hanya itu saja, Singapura bahkan tercatat sebagai pelabuhan tersibuk pertama di dunia berdasarkan lalu lintas pengapalan serta pusat pengisian bahan bakar kapal yang terbesar yang ada di dunia.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai profil Negara Singapura yang bisa dikatakan sangat maju itu. Mungkin hal itu juga yang menyebabkan Negara Singapura ini memiliki julukan sebagai macan Asia.

Meskipun tidak seluas negara-negara lain, namun perkembangan ekonomi Singapura termasuk yang paling pesat terutama di sektor industri dan pariwisata. Dengan begitulah negara ini bisa menjadi negara yang maju.

Profil Negara Singapura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *