Profil Negara Vietnam : Mengenal Bentuk, Karakteristik dan Sejarahnya

Profil Negara Vietnam

Profil Negara Vietnam – Vietnam adalah salah satu negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara dan merupakan salah satu anggota ASEAN. Negara yang satu ini termasuk salah satu negara paling padat di dunia yang berada di peringkat ke-13. Menyimak tentang profil negara Vietnam menjadi hal yang menarik, terutama menyimak sejarah kemerdekaan Vietnam.

Vietnam memiliki cerita kemerdekaan yang cukup panjang. Negara ini mendapatkan kemerdekaan dari Perancis pada 2 September 1945. Namun, mengalami kejatuhan Saigon pada 30 April 1975 dan akhirnya re-unifikasi Vietnam pada 2 Juli 1976.

Negara yang memiliki ibukota Hanoi dan memiliki nama resmi Republik Sosialis Vietnam ini dulunya disebut dengan negara Indo-china bersama Laos dan Kamboja. Selain itu, karena menganut sistem sosialis, negara ini menggunakan sistem pemerintahan dengan satu partai.


Profil Lengkap Negara Vietnam

Saat ini, Vietnam menjadi salah satu negara dengan sistem sosialis yang tersisa di dunia. Penerapan sistem sosialis di Vietnam ini tidak lepas dari sejarah panjang dan perjuangan rakyat untuk mendapatkan kesetaraan dan kesamaan hak di negara tersebut.

Ada beberapa informasi yang sangat menarik terkait profil negara Vietnam untuk disimak sebagaimana ulasan di bawah ini;

Baca Juga: Profil Negara Inggris

  • Sejarah Vietnam

Vietnam adalah negara yang dulunya tergabung dalam negara-negara Indo-China. Seperti kebanyakan negara di Asia Tenggara, Vietnam juga mengalami masa penjajahan yang cukup panjang dari negara Perancis. Namun, akhirnya, Vietnam mendapatkan kemerdekaan setelah melalui perjuangan yang panjang.

Menurut catatan sejarah, orang-orang yang mendiami wilayah Vietnam berasal dari bangsa Mongol dan orang wilayah Cina daratan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Vietnam menjadi bagian otonom dari Cina di abad 15 yang lalu.

Perjuangan kemerdekaan Vietnam sangat tidak mudah. Partai Komunis Vietnam yang dipimpin oleh Ho Chi Minh melakukan perlawanan kepada penjajah hingga mendapatkan kemerdekaan pada 2 September 1945. Akan tetapi, setelah itu meletus perang Vietnam dan agresi militer berkepanjangan hingga tahun 1975.

  • Letak Wilayah dan Batas Negara

Secara astronomis, Vietnam terletak antara 9 derajat lintang utara hingga 23 derajat lintang utara dan 102 derajat bujur timur hingga 110 derajat bujur timur. Letaknya secara astronomis ini membuat Vietnam memiliki iklim yang dipengaruhi oleh angin monsun dengan dua musim yang berbeda sepanjang tahun.

Namun, kondisi daratan Vietnam yang berbeda-beda, yaitu pegunungan dan lembah, membuat musim bisa cukup berbeda di kawasan tersebut. Hal inilah yang menjadikan suhu di Vietnam akan sangat berbeda di wilayah pegunungan dan wilayah lainnya, terutama di lembah.

Selain itu, Vietnam memiliki batas wilayah yang cukup bervariasi yang mengelilinginya. Adapun batas wilayah dari negara Vietnam adalah sebagai berikut:

  • Sebelah barat berbatasan dengan Laos dan Kampuchea
  • Sebelah utara berbatasan dengan China
  • Sebelah timur berbatasan dengan Teluk Tonkin
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Laut China Selatan.

Wilayah Vietnam kebanyakan merupakan daerah pegunungan. Namun, ada tiga wilayah daratan rendah di Vietnam yang cukup curam. Di Vietnam juga mengalir Sungai Mekong yang merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara. Sungai ini membentuk cukup banyak cabang yang menghasilkan delta yang luas.

  • Bahasa dan Pendidikan

Menurut angka resmi yang beredar, sekitar 86 persen penduduk Vietnam menggunakan bahasa Vietnam sebagai bahasa ibu. Selain itu, bahasa Perancis menjadi bahasa yang banyak digunakan oleh generasi awal di Vietnam sebagai salah satu warisan kolonial.

Hal yang menarik terkait bahasa adalah Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua yang digunakan di negara ini. Keputusan ini dibuat pada tahun 2007 yang lalu.

Terkait pendidikan, Vietnam adalah negara yang melakukan perbaikan mendalam tentang dunia pendidikan. Ada banyak universitas baru yang didirikan untuk menunjang dunia pendidikan di Vietnam terutama universitas spesialis untuk mengembangkan tenaga kerja secara nasional.

  • Potensi Alam

Vietnam yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan memiliki garis pantai yang bisa dikatakan sangat panjang. Karena kondisi alamnya ini, Vietnam memiliki hasil perikanan yang bisa dikatakan cukup melimpah dan menjadi penyumbang ekonomi terbesar di negara tersebut.

Selain itu, bentang alam Vietnam yang merupakan pegunungan –dan juga gunung api serta lembah, membuat daratan di Vietnam cenderung subur dan gembur. Tanah di Vietnam bisa menumbuhkan beragam jenis tanaman hingga menjadikan Vietnam sebagai salah satu negara agraris terbesar di Asia Tenggara.

Kondisi ini membuat sektor pertanian di Vietnam maju pesat. Vietnam menjadi salah satu negara terbesar penghasil beberapa produk pertanian dan perkebunan, seperti beras, tembakau, kopi, karet dan lainnya.

  • Potensi Sosial Budaya

Hal penting lain dari profil negara Vietnam yang perlu disimak adalah potensi sosial budaya. Dalam hal ini, penduduk Vietnam didominasi oleh suku bangsa Vietnam dengan persentase hingga 90 persen. Dengan hal ini, bisa dipastikan jika penduduk Vietnam cenderung homogen.

Selain itu, Vietnam memiliki sejarah yang cukup panjang terkait keuletan dari para penduduknya. Masyarakat Vietnam dikenal sebagai masyarakat yang suka bekerja dan menganut agama Buddha yang sangat taat.

Di samping Buddha, ada beberapa agama lain yang juga diakui menjadi pilihan dari para penduduk Vietnam. Beberapa agama tersebut adalah Kristen, Islam, Katolik dan Hindu. Negara Vietnam termasuk yang menerapkan sistem sekular, sehingga urusan agama tidak menjadi urusan pemerintah.

Kondisi penduduk yang ada di Vietnam menjadikan negara ini cenderung rukun dan aman. Terlepas dari adanya godaan dan isu yang dilempar oleh negara lain untuk menyerang stabilitas negara.

Baca Juga: Profil Negara Kamboja

  • Potensi Industri

Vietnam memiliki potensi industri yang cukup banyak dan menjadi sumber pendapatan tertinggi di negara tersebut. Dalam masalah industri, Vietnam memiliki hasil alam yang cukup melimpah melalui sektor tambang dan sektor pertanian.

Selain itu, dunia industri di Vietnam didukung dengan sumber tenaga kerja yang banyak dan melimpah. Tidak hanya itu, upah kerja yang ada di Vietnam cenderung terjangkau yang menjadikan investor asing banyak menanamkan modal di Vietnam.

Industri yang saat ini banyak berkembang di Vietnam adalah industri bahan makanan, tekstil dan juga penggilingan padi. Di Vietnam, pusat industri terdapat di Kota Ho Chi Minh.

  • Potensi Pariwisata

Kondisi alam yang ada di Vietnam sebenarnya menyediakan bentang dan panorama alam yang sangat indah. Namun, potensi alam ini belum dikelola secara optimal. Hal ini dikarenakan fokus dari penduduk Vietnam masih seputar dunia agraria.

Namun, Vietnam tetap memiliki potensi pariwisata yang cukup tinggi, terutama dari wisata budaya. Di negara ini masih banyak bangunan tua peninggalan sejarah yang diubah menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. Tidak hanya itu, masih banyak acara bertema budaya yang diadakan di Vietnam yang menarik para wisatawan.

Vietnam menjadi salah satu negara di ASEAN yang memiliki perkembangan yang cukup signifikan. Terlepas dari sejarah kelam panjang masa lalu, Vietnam menjadi negara yang melakukan perubahan mendasar dalam sistem kenegaraan mereka saat ini.

Demikian beberapa ulasan tentang profil negara Vietnam. Negara tetangga ini bisa menjadi contoh pengembangan potensi alam terbaik, terutama perihal dunia agraria.

Profil Negara Vietnam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *