Arti Ungkapan Rendah Hati Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Rendah Hati

Arti Rendah Hati – Masih banyak orang yang keliru mengartikan rendah hati dan rendah diri, walaupun susunan katanya hampir sama, kedua kata sifat ini memiliki arti yang sangat jauh berbeda. Arti ungkapan rendah hati diartikan sebagai kata sifat positif yang bermakna tidak sombong sementara rendah diri berarti minder yang dianggap sebagai sifat negatif dalam diri seseorang.


Membahas Arti Ungkapan Rendah Hati

Membahas Arti Ungkapan Rendah Hati

Rendah hati biasanya diartikan sebagai sifat tidak angkuh, mau menerima kritik, dan peduli terhadap sesama. Bagi sebagian orang, arti ungkapan rendah hati juga dipahami dengan istilah baik hati.

Rendah hati biasa diungkapkan oleh seseorang dengan melihat cara bicara, tutur kata, tulisan, dan gestur tubuh. Biasanya orang yang memiliki sifat rendah hati ini sangat disukai oleh orang. Namun juga sering dimanfaatkan oleh orang yang tidak tahu diri dengan kerendah hatiannya.

Baca Juga: Arti Ungkapan Bintang Lapangan


Contoh Kalimat Rendah Hati

Contoh Kalimat Rendah Hati

Ungkapan rendah dalam suatu kalimat tetap memiliki makna seperti penjelasan di atas. Walaupun terdiri dua kosa kata yang memiliki arti berbeda, ungkapan rendah hati tidak bisa diartikan berdasarkan arti dasar masing-masing kata. Berikut 5 contoh penggunaan ungkapan rendah hati dalam kalimat:

Baca Juga: Arti Ungkapan Tangan Kanan


1. “Meskipun Pintar Dan Kaya, Nisa Tetap Rendah Hati”

1. Meskipun Pintar Dan Kaya Nisa Tetap Rendah Hati

Ungkapan rendah hati pada kalimat ini bermakna tidak sombong dan angkuh. Nisa tidak menunjukkan sifat sombong dengan kekayaan dan kepintaran yang dimiliki. Sewajarnya setiap siswa punya sifat rendah hati agar memiliki banyak teman di sekolah.


2. “Jadilah Orang Yang Memiliki Sifat Rendah Hati”

2. Jadilah Orang Yang Memiliki Sifat Rendah Hati

Kalimat tersebut merupakan nasehat agar memiliki sifat tidak sombong dan tidak angkuh terhadap sesama manusia. Sifat rendah hati memang sewajarnya selalu dimiliki oleh setiap orang supaya hatinya tentram. Dengan begitu, kegiatan sehari-hari akan terasa lebih nyaman dan damai karena tidak dipenuhi pikiran negatif.


3. “Sofiya Dipandang Teman-Temannya Selalu Bersikap Rendah Hati Karena Tidak Pernah Membedakan Perlakuan Terhadap Siapapun”

Sofiya Dipandang Teman Temannya Selalu Bersikap Rendah Hati Karena Tidak Pernah Membedakan Perlakuan Terhadap Siapapun

Salah satu ciri sikap rendah hati adalah tidak membedakan perlakuan kepada sesamanya. Tidak memandang orang lain lebih buruk atau lebih baik, tidak membeda-bedakan karena setiap orang dianggap sama. Semua orang diperlakukan dengan baik dan menganggap setiap individu memiliki martabat yang sama.


3. “Andi Seorang Yang Rendah Hati, Dia Selalu Membantu Teman-Temannya Yang Kesulitan Belajar”

Andi Seorang Yang Rendah Hati Dia Selalu Membantu Teman Temannya Yang Kesulitan Belajar

Rendah hati yang dimiliki Anda bermakna peduli terhadap orang lain, dirinya membantu teman-temannya yang kesulitan memahami pelajaran tertentu di kelas maupun di luar kelas. Tidak merasa dirinya paling hebat dan pintar, justru dengan membantu teman-temannya, ilmu yang dia miliki akan tambah terasah.


3. “Dengan Sifat Rendah Hati, Fina Tidak Marah Dengan Kritikan Yang Diberikan Oleh Sarah”

Dengan Sifat Rendah Hati Fina Tidak Marah Dengan Kritikan Yang Diberikan Oleh Sarah
Dengan Sifat Rendah Hati Fina Tidak Marah Dengan Kritikan Yang Diberikan Oleh Sarah

Ungkapan rendah hati yang ditunjukkan Fina memiliki arti tidak sombong, walaupun dia mempunyai kemampuan yang lebih daripada temannya, dia merasa tersinggung dengan kritikan Sarah. Apabila Fina angkuh, pasti dia akan marah bahkan menolak segala kritik yang diterima.


Karakteristik Serta Manfaat Dari Sifat Rendah Hati

Karakteristik Serta Manfaat Dari Sifat Rendah Hati

Seseorang yang memiliki sifat rendah hati biasanya terlihat setelah melakukan interaksi. Terkadang orang dengan mudah menilai diri seseorang hanya dengan melihat tampilan, rekaman pidato, tulisan, dan cerita dari orang lain. Tentunya akan sangat berbeda penilaian sifat rendah hati kepada seseorang ketika sudah bertemu dan saling berinteraksi dalam kurun waktu yang lama. Seseorang bisa dikatakan bersifat rendah hati apabila memiliki karakter mau mendengarkan kritikan, peduli terhadap sesama, berani mengakui kesalahan, dan lain sebagainya.

Memiliki sifat rendah hati akan memberikan banyak manfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Bagi diri sendiri, sifat ini memberikan perasaan tentram, memiliki banyak teman, dan aura positif terpancar dari diri. Dengan menerapkan sifat baik hati, membuat keluarga atau teman menerima keuntungan berupa perlakuan baik dari orang lain.

Nah, dari arti ungkapan rendah hati tersebut seharusnya sudah tidak ada kekeliruan lagi dengan rendah diri. Karakteristik yang beragam dari rendah hati akan berefek terhadap beragam manfaat yang didapatkan. Jadi, tidak akan pernah rugi untuk menjadi orang baik termasuk rendah hati.

Arti Ungkapan Rendah Hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *