Segmentasi Pasar Adalah : Manfaat, Jenis dan Tujuan Strategi Pemasaran

Segmentasi Pasar Adalah

Segmentasi Pasar – Setiap orang pasti ingin memiliki bisnis yang sukses dan berkembang. Untuk itu perlunya menentukan target pasar dengan benar. Pada umumnya, pebisnis belum memahami tentang pentingnya segmentasi pasar.

Banyak pemula yang melakukan usaha tanpa melihat pesaing sesuai dengan karakteristik atau produk yang dijalankan dengan apa yang hendak dilakukan oleh pemula tersebut. Selain produk, ada cara pemasaran maupun tempat pemasaran yang perlu dipertimbangkan juga.

Pentingnya mempersiapkan setiap proses sebelum melakukan usaha agar semua yang sudah disiapkan mampu mengembangkan usaha. Berikut ini beberapa hal penting dari segmentasi pasar sebelum melakukan suatu usaha, diantaranya :


Pengertian Segmentasi Pasar

Pengertian Segmentasi Pasar

Segmentasi dalam pasar diartikan sebagai suatu proses kegiatan dalam membagi pasar dengan kategori yang berbeda dilihat dari karakteristik, jenis perilaku maupun kebutuhan. Ada beberapa ahli yang mengartikan segmentasi pasar ini yaitu menurut Philip Kotler mendefinisikan dengan membagi yang awalnya pasar heterogen menjadi pasar homogen sesuai dengan karakteristik tertentu.

Pemaparan dari Pride dan Ferrel bahwa suatu kegiatan membagikan pasar dengan mengelompokkan karakteristik yang sama daru melihat tingkah laku sedangkan penjelasan dari Swasthara dan Handoko mengelompokkan pasar dengan kebutuhan masing-masing dan dirubah menjadi pasar homogen.

Selain itu ada beberapa tipe segmentasi yang perlu diperhatikan, yang pertama segmentasi lokasi dengan melihat pemasaran berdasarkan lokasi dan target yang ingin dicapai. Segmentasi waktu berkaitan dengan melakukan pengelompokan kegiatan dengan waktu tertentu seperti saat wisuda usaha yang paling laku apa saja? Bisa jasa foto, jual buket maupun menjual makanan dan minuman.

Tipe yang terakhir dengan melihat segmentasi harga yang mana dimaksudkan jika ingin melakukan suatu usaha perlu membentuk harga yang bermacam-macam dari murah, sedang ataupun mahal tergantung dari kalangan yang membutuhkan.


Syarat Segmentasi Pasar yang Efektif

 

Ada beberapa syarat dalam segmentasi yang harus dipenuhi agar pemasaran yang dilakukan efektif. Yang pertama measurable (dapat diukur), berkaitan dengan ukuran dan daya dalam menentukan suatu produk yang ingin dijual. Accesible (dapat dicapai) maksudnya segmen pasar yang bisa disiapkan harus benar-benar dapat dicapai dengan maksimal dan memenuhi tujuan, Differentiable (dapat dibedakan), dalam hal ini harus bisa membedakan segmen pasar dengan karakteristiknya yang sama.

Actionable (dapat dilaksanakan) dengan melaksanakan setiap segmen pasar agar setiap tujuan dapat dicapai dengan jelas, profitable (memberikan keuntungan) yang mana setelah melakukan setiap segmen dan membedakan berdasarkan kebutuhan maka dikatakan tercapai. Namun, jika setiap pemasaran tidak terpenuhi setelah mengelompokkan segmen tersebut dikatakan tidak berhasil.

Baca Juga: perang diponegoro


Jenis-Jenis Segmentasi Pasar

Jenis Jenis Segmentasi Pasar

Mampu membedakan jenis pasar dalam segmentasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas dalam pembagian pasar serta bisa melakukan promosi yang tidak terlalu meluas berdasarkan dari karakteristik jenis segmentasi. Berikut beberapa ulasan mengenai jenis-jenis segmentasi pasar yang perlu diterapkan diantaranya :

1. Segmentasi Berdasarkan Geografi

Segmentasi geografis dilakukan dengan mengelompokkan berdasarkan wilayah serta lokasi dari produk tersebut ingin dipasarkan. Dalam jenis segmen ini bisa menggabungkan dengan cara demografis. Contohnya, jika ingin menjual parfum mahal bisa dipasarkan di warga Jakarta seperti ibu-ibu sosialita.

2. Segmentasi Berdasarkan Demografi

Untuk menentukan segmentasi secara demografis ini dapat dilihat dengan cara mengelompokkan berdasarkan jenis kelamin, usia, pendidikan, pendapatan maupun pekerjaan. Dalam segmentasi berdasarkan demografis memang cukup mudah dalam menghasilkan pangsa pasar. Namun, karena penggolongan tersebut luas dan perlu memilih segmen yang sesuai.

3. Segmentasi Berdasarkan Psikografi

Dalam melakukan segmentasi ini berkaitan dengan faktor psikologis seperti apa yang bisa membuat konsumen tertarik dan bisa dipromosikan dari segi kesukaan atau hobi dan kegiatan yang berkaitan. Dalam melakukan pemasaran dengan jenis ini dapat menggabungkan dengan jenis demogafi untuk bisa dijadikan pangsa pasar yang luas.

4. Segmentasi Berdasarkan Social Cultural

Pada dasarnya setiap wilayah di Indonesia memiliki kebudayaan masing-masing. Untuk dalam pengelompokan ini berdasarkan dari kebudayaan yang dimiliki dari wilayah tertentu. Seperti, budaya yang ada di Jawa dengan di Bali tentu sangat berbeda. Jadi, jika menjual produk khas ke beda budaya tentu tidak akan menghasilkan pangsa pasar yang sesuai.

5. Segmentasi Pasar Dilihat dari Hubungan Secara Ekstrim

Segmentasi pasar yang berkaitan dengan hubungan secara ekstrim ini berdasarkan penggunaan merek produk tertentu. Dalam hal ini, merk dari setiap produk dapat dilihat dari tingkat kesadaran, tingkat penggunaan maupun loyalitas merek. Tingkat kesadaran berhubungan dengan kesiapan dalam memberikan informasi setiap produk. Tingkat penggunaan berkaitan dengan beratnya produk ada yang ringan, sedang maupun berat.

6. Segmentasi Hybird

Segmentasi ini dapat dilakukan berdasarkan kombinasi dari beberapa variable yang di atas. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat dari tujuan, kepribadian maupun ketertarikan pada setiap produk yang sedang dipasarkan. Segmen ini juga bisa dilakukan dengan membentuk segmen tunggal seperti geodemografis.

7. Segmentasi Berdasar Benefit

Segmentasi ini dibentuk dengan cara mengelompokkan pembeli dengan manfaat masing-masing sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Dalam segmentasi ini hal yang perlu diperhatikan nilai uang, kualitas, manfaat sosial, manfaat emosi positif maupun negatif. Dengan memperhatikan hal penting tersebut akan menghasilkan segmentasi yang kuat.

8. Segmentasi Berdasarkan Tingkah Laku

Dalam hal ini berdasarkan perilaku, pengalaman, pengetahuan maupun loyalitas dalam melakukan segmen pasar agar bisa tercapai dengan sesuai. Pangsa pasar menjadi tidak dengan mengelompokkan kategori tersebut.


Tingkatan dalam Melakukan Segmentasi Pasar

Tingkatan Dalam Melakukan Segmentasi Pasar

Hal penting selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam melakukan segmentasi dalam pemasaran yaitu mengenai tingkatannya. Diantaranya mulai dari pemasaran masal dimaksudkan dengan melakukan proses produksi, distribusi maupun promosi secara masal untuk semua jenis produk. Pemasaran segmen dengan cara memisahkan produk yang sesuai dengan segmen yang sudah ditentukan.

Pemasaran peluang di mana bisa dilakukan dengan melakukan pemasaran sesuai dengan ciri khas dari setiap produk tertentu berdasarkan peluang yang ada. Sementara pemasaran mikro dikelompokkan menjadi pemasaran lokal dan individual. Dalam pemasaran lokal, sasaran pasar yang dituju pada masyarakat lokal atau dalam sebuah perkampungan. Sedangkan pemasaran individual, menawarkan suatu produk pada perorangan sesuai dengan kebutuhan pelanggan tersebut.

Baca Juga: lambang pancasila


Tujuan Dalam Segmentasi Pasar

Analisis Pasar Ruang Lingkup, Faktor, Tujuan, Keuntungan A

Tujuan dalam melakukan segmentasi ini dibutuhkan untuk kelancaran pemasaran. Tujuannya diantaranya memudahkan dalam membedakan pasar yang mana dimaksudkan dengan melakukan segmentasi ini bentuk pasar menjadi homogen dan lebih mudah dalam mengelompokkan masing-masing produk. Pelayanan konsumen menjadi lebih baik hal ini didasarkan agar mampu menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan sesuai kebutuhan konsumen.

Strategi pemasaran menjadi lebih terarah jika sudah melakukan segmentasi ini. Yang mana, dengan membentuk pasar homogeny akan lebih mudah dalam menentukan jenis produk, harga dan strategi promosi. Mengenal competitor dengan segmen yang sama menjadi hal penting dalam melakukan usaha dengan melihat pesaing tentu akan lebih mengevaluasi produk maupun strategi yang belum sesuai.

Strategi komunikasi lebih efektif berkaitan dengan melakukan hubungan kepada konsumen menjadi lebih mudah karena strategi yang tepat dengan sasaran. Tujuan yang terakhir yaitu mengevaluasi target dan rencana bisnis, setelah mengaplikasikan segmentasi perlu adanya penilaian produk serta target sudah sudah memenuhi atau belum.

Pemaparan tentang segmentasi pasar di atas terutama berkaitan dengan definisi, tujuan, jenis, syarat maupun tingkatan dalam melakukan segmentasi tersebut. Dengan melakukan segmentasi tentu akan sangat berguna bagi perusahaan yang ingin memperbaiki segala kinerjanya. Serta dapat menghasilkan keuntungan yang lebih jika strateginya benar-benar terarah.

Segmentasi Pasar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *