Arti Ungkapan Sempit Hati Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Sempit Hati

Arti Sempit Hati – Pernahkah melihat orang yang sempit hati? Orang yang punya penyakit sempit hati biasanya lebih mudah sensitif terhadap suatu hal. Dalam kehidupan bermasyarakat selalu ada orang yang sempit hatinya dan merusak suasana atau mood orang di sekitar.

Berbicara dengan orang yang sempit hati harus lebih berhati-hati karena tidak ada yang tau kapan emosi orang itu meledak. Namun tahukah apa itu arti ungkapan sempit hati? Berikut penjelasannya.


Arti Ungkapan Sempit Hati

Arti Ungkapan Sempit Hati

Di sekitar lingkungan tempat tinggal, sekolah, atau tempat kerja manusia akan dihadapkan dengan banyak jenis manusia lainnya. Tipe manusia yang paling ribet untuk dihadapi adalah si sempit hati. Orang yang sempit hati lebih mudah tersinggung dengan hal-hal sepele. Sifat ini sangat dibenci masyarakat karena apa-apa mudah terbawa perasaan. Dalam Bahasa gaulnya disebut baper atau bawa perasaan.

Definisi arti ungkapan sempit hati itu sendiri adalah cepat marah. Marah adalah perasaan emosional yang menyebabkan tekanan darah naik dan meningkatkan denyut jantung manusia. Terlalu banyak marah sangat dilarang oleh dunia kesehatan. Memang tidak dilarang untuk marah namun alangkah baiknya jangan mudah atau cepat marah terhadap hal sepele. Amarah dapat meningkatkan gejala stress, gangguan tidur, pusing, tekanan darah, dan lain-lain.

Sempit hati merupakan sebuah idiom (ungkapan). Ciri khas idiom adalah membentuk makna baru. Bila diuraikan “sempit hati” tersusun atas dua kata yaitu sempit dan hati. Sempit dalam kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) Artinya adalah kurang luas, penuh sesak atau mepet. Sedangkan hati bisa disamakan dengan perasaan. Jadi sempit hati adalah kondisi dimana perasaan menjadi lebih sesak sehingga cepat marah.

Baca Juga: Arti Ungkapan Perang Pena


Contoh Kalimat Ungkapan Sempit Hati

Contoh Kalimat Ungkapan Sempit Hati

Penggunaan ungkapan sempit hati umumnya sudah banyak dipakai oleh masyarakat. Namun ada sebagian orang awam yang hanya ikut-ikutan menyebut kata “sempit hati” sehingga konteksnya melenceng dari makna ungkapan tersebut.

Supaya lebih paham mengenai penggunaan ungkapan sempit hati, berikut dibawah ini adalah contoh-contoh kalimatnya. Semoga penjelasan dibawah dapat dimengerti dan menjadi referensi bagi banyak orang.

Baca Juga: Arti Ungkapan Mendarah Daging


1, “Semenjak di PHK oleh perusahaannya, Tian Jadi Sempit Hati.”

Ungkapan sempit hati diatas bermaknakan cepat marah. PHK adalah pemutusan hubungan kerja. Biasanya karena habis kontrak, mengundurkan diri dari perusahaan, atau pemberhentian mendadak yang dilakukan perusahaan. PHK (pemutusan hubungan kerja) pada kalimat atas mungkin karena tiba-tiba dipecat oleh perusahaan. Sebab itu Tian menjadi cepat marah dan mudah tersinggung walaupun karena hal sepele.

2. “Yeni Adalah Orang yang Sempit Hati Padahal Yuan Tidak Sengaja Menyenggol Badannya dan Sudah Minta Maaf.”

Orang yang sempit hati mudah tersulut emosinya walaupun penyebabnya adalah masalah yang geleng kepala. Kalimat diatas maksudnya adalah Yeni adalah orang yang mudah marah karena Yuan tidak sengaja menyenggol badannya. Saat orang sudah mengucapkan kalimat maaf maka orang tersebut menyesal atas perilakunya. Sebagai manusia harusnya kita saling memaafkan satu sama lain.

3. “Perempuan Itu Jadi Sempit Hati Habis Putus Hubungan dengan Pacarnya.”

Putus cinta rasanya memang sangat menyakitkan bagi semua orang termasuk kaum wanita. Namun kekanakan rasanya karena hal tersebut membuat manusia jadi sempit hati. Idiom sempit hati disini artinya adalah cepat marah atau mudah tersinggung. Boleh sedih tetapi jangan sampai menjadi orang yang menyebalkan. Banyak perempuan yang sempit hati karena habis putus dengan pacarnya padahal masih ada keluarga dan teman-teman yang menyayangi.

4. “Bram adalah Lelaki yang Sempit Hati dan Suka Bermain Tangan”

Kalimat diatas menjelaskan bahwa Bram merupakan laki-laki yang cepat marah, mudah emosional, dan suka bermain tangan atau bermain fisik. Maksud bermain fisik adalah orang yang suka kasar dan menyakiti fisik orang lain. Idiom sempit hati dapat digunakan dalam berbagai konteks yang menunjukkan orang itu punya masalah dengan emosinya atau mudah marah atau lagi susah mengontrol perasaan emosi.

Itulah penjelasan secara detail terkait arti ungkapan sempit hati dan contohnya. Janganlah menjadi manusia yang mudah marah. Saat marah setan akan mudah merasuki diri sehingga membuat manusia lupa atas keberadaan Tuhan yang Maha Esa. Orang yang sempit hati akan mudah melakukan perbuatan yang keji dan buruk. Oleh sebab itu jagalah kebersihan hati dan hindarilah diri dari penyakit sempit hati. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dijadikan referensi.

Arti Ungkapan Sempit Hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *