Sholawat Nariyah Memudahkan Rizki! Ini Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

SHOLAWAT NARIYAH

Sholawat Nariyah merupakan salah satu sholawat yang terbilang populer di kalangan masyarakat Indonesia pada umumnya, terutama umat Muslim. Melakukan Sholawat tidak hanya diartikan sebagai ibadah. Membaca bacaan Sholawat merupakah salah satu bentuk kecintaan umat Islam kepada Baginda Rasulallah Nabi Muhammad SAW.

Selain itu juga Sholawat bisa dijadikan pengingat atas kebesaran serta kemuliaan Allah SWT. Dengan bershalawat umat islam berharap serta memohon doa kepada Allah agar kelak mendapatkan syafaat Baginda Nabi Muhammad SAW.

Membaca sholawat merupakan salah satu perintah Allah yang terpuji, dalam Al-Qur’an di surat Al Ahzab ayat 56, Allah berfirman:

 

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓٮِٕكَتَهٗ يُصَلُّوۡنَ عَلَى النَّبِىِّ ؕ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا صَلُّوۡا عَلَيۡهِ وَسَلِّمُوۡا تَسۡلِيۡمًا‏

 

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (Al Ahzab ayat 56)

Jumhur ulama (kebanyakan ulama) juga menyatakan melakukan sholawat merupakan salah satu bentuk ibadah dan qurbah (mendekat pada Allah). Seperti dzikir, tasbih dan tahmid yang merupakan kewajiban seumur hidup, serta disunnahkan disetiap saat dan seyogyanya memperbanyak.

Apa dan Siapa Pengarang Sholawat Nariyah?

Sholawat Nariyah disebut juga Sholawat Tafrijiyyah yang artinya pelepasan dari kesusahan. Ada juga yeng menyebutnya Sholawat Taziyah yang dinisbatkan (dihubungkan) kepada Syekh Abdul Wahab at-Tazy.

Ustadz Sya’roni dalam blognya mengutip pendapat Habib Mundzir bin Fuad al Musawa menyatakan bahwa pengarang shalawat nariyah adalah Syekh Ibrahim at Tazy al Maghrib, ulama sufi asal Taza Maroko.

Apa Benar Dengan Bersholawat Nariyah Rezeki Jadi Lancar ?

SHOLAWAT NARIYAH PELANCAR REZEKI

Berikut ini ada beberapa keterangan perihal Shalawat Nariyah, yang sebagian besar dikutip dari Khazinatul Asrar karangan Syekh Muhammad Haqqi Nazili. Menurut ulama Maroko, disebut Shalawat Nariyah (berbangsa api), karena banyak orang yang membacanya sebanyak 4.444 (empat ribu empat ratus empat puluh empat) kali untuk maksud tertentu dan ternyata berhasil dengan segera, seperti kayu bakar yang cepat habis dilahap si jago merah.

Syekh ad Daynury menyatakan bahwa jika shalawat ini dibaca 11 kali setelah shalat maktubah secara rutin, maka akan dilancarkan rezekinya dan mendapat kehormatan yang baik dalam pergaulan di masyarakat. Senada, Syekh Muhammad at Tunisy menyatakan bahwa barangsiapa membaca shalawat ini setiap hari sejumlah 11 kali, maka Allah akan menurunkan rezekinya dari langit dan mengikutkan rezekinya dari belakang.

Sementara itu Syekh al Qurthuby berkata, “Bila dibaca 4.444 kali dalam satu majlis (sekali duduk), maka akan ditunaikan hajatnya yang besar dan dibebaskan dari musibah yang sangat membahayakan. Demikian pula hitungan yang sama disebutkan Syekh Ibnu Hajar al-Asqalany.

Adab Membaca Sholawat Nariyah

ADAB SHOLAWAT

Sebelum membaca shalawat nariyah hendaknya menghadiahkan surat Fatihah kepada Nabi Muhammad, dan para sahabat beliau, para wali dan ulama, dan kepada penyusun shalawat ini, yaitu Syekh Abdul Wahhab at-Tazy.

Sebaiknya shalawat ini dibaca secara dawam (terus menerus dengan tanpa disisipi hal lain pada suatu amalan) dengan disertai etika antara lain adalah suci dari hadats dan najis, dan tidak diselingi berbicara dengan orang lain. Wallahu a’lam.

Bacaan Sholawat Nariyah Dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

اَللّٰهُمَّ صلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَ سَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِى تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَ تَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَ تُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَ تُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَ حُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَ يُسْتَسْقََى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَ عَلىٰ آلِهِ وِ صَحْبِهِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ  مَعْلُوْمٍ لَكَ

‘ALLOOHUMMA SHOLI SHOLAATAN KAAMILATAN WASALLIM SALAAMAN TAAMMAN ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADINIL LADZII TANHALLU BIHIL ‘UQODU WA TANFARIJU BIHIL KUROBU WA TUQDHOO BIHIL HAWAA-IJU WA TUNAALU BIHIR-ROGHOO-IBU WA HUSNUL KHOWAATIMI WA YUSTASQOL GHOMAAMU BI WAJHIHIL KARIIMI WA ‘ALAA AALIHII WA SHOHBIHII FII KULLI LAMHATIN WA NAFASIN BI ‘ADADI KULLI MA’LUUMIN LAKA’

Artinya: “Ya Allah, berikanlah Shalawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada Beliau Baginda Nabi kami Muhammad yang dengannya terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan. Dan dengannya pula ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, dan memberi siraman (kebahagiaan) kepada orang yang sedih dengan wajahnya yang mulia, dan kepada keluarganya, para shahabatnya, dengan seluruh ilmu yang engkau miliki“.

Keutamaan Membaca Sholawat Nariyah

Untuk Anda yang bertanya-tanya, apa keutamaan yang diberikan Allah dalam mengamalkan sholawat Nariyah? Berikut ini beberapa keutamaan jika kita mengamalkan sholawat nariyah yang semata-mata untuk mengingat, berharap dan mengagungkan Allah serta Rasulallah.

1. Pertama, Dimudahkan Rizki

Shalawat Nariyah atau yang juga dikenal sebagai shalawat Tafrijiyyah (shalawat pelepasan dari kesusahan) diyakini bisa mempermudah rezeki apabila dibaca 11 kali. shalawat adalah doa sehingga bisa menjadi penghantar doa apabila seseorang meminta kemudahan mendapatkan rizki. Imam Dainuri juga menyebutkan bahwa membaca sholawat nariyah sebanyak 11 kali selepas melaksanakan shalat fardhu bisa membuat seseorang tidak terputus rezekinya dan memiliki tingkatan seperti orang kaya (baca harta dalam islam)

2. Kedua, Dimudahkan Urusan

Disebutkan apabila Sholawat Nariyah dibaca sebanyak 31 kali setelah melaksanakan shalat subuh maka Allah akan melancarkan segala urusan dan usaha yang dilakukannya keesokan harinya. Jadi ada baiknya jika setelah melaksanakan shalat subuh umat muslim menyempatkan diri untuk membaca shalawat ini.

Dalam suatu hadits juga disebutkan bahwa membaca shalawat memiliki  keutamaan yang sangat besar dan dapat mempermudah urusan serta mengabulkan hajat yang dimiliki. Sebagaimana sabda Rasul SAW berikut ini

قال رسول الله صلعم ” من صلى علي كل يوم مائة مرة  وفي رواية  من صلى علي في اليوم مائة مرة قضى الله له مائة حاجة سبعين منها في الاخرة وثلاثين في الدنيا

“Barang siapa bersholawat kepadaku setiap hari 100 x , dalam riwayat lain mengatakan  Barang siapa bersolawat kepadaku dalam sehari 100 x , maka Allah akan memenuhi baginya 100 hajat yang 70 di berikan di akhirat dan yang 30 di berikan waktu di dunia”

3. Ketiga, Dijauhkan Dari Penyakit dan Bahaya

Seseorang yang membaca Sholawat Nariyah sebanyak 90 kali dapat terhindar dari segala penyakit dan bentuk kesusahan lainnya dan juga diberikan kesenangan didunia serta dijauhkan dari kesukaran yang bisa menyulitkan hidupnya.

4. Keempat, Dikabulkan Hajat

Sholawat Nariyah yang dibaca secara bersama-sama dan dalam suatu majelis yang besar sebanyak 300 kali diyakini akan dikabulkan hajatnya oleh Allah SWt dan dihindarkan dari segala marabahaya yang dapat menimpanya. Hal ini juga disebutkan dalam kitab Khozinatul Asror yang menyatakan bahwa shalawat nariyah adalah alah satu shalawat atau doa yang mustajab untuk meminta sesuatu dan baiknya dibaca sebanyak 4444 kali.

Dalam hadits lainnya juga disebutkan bahwa shalawat mampu melepaskan seseorang dari kesempitan dan mengabulkan hajat mereka yang membacanya.

من عسرت عليه حاجته فليكثر بالصلاة  وفي رواية  فأكثر بالصلاة علي فانها تكشف الهموم والغموم والكروب ونكثر الارزاق وتقضى الحوائج

“Barang siapa sulit keperluannya, maka hendaklan memperbanyak dengan sholawat, dalam sati riwayat : lalu ia memperbanyak dengan sholawat kepadaku, maka sesungguhnya itu bias membuka kesedihan dan kesempitan dan bias memperbanyak rizki dan semua hajjat akan terpenuhi”.

Video Sholawat Nariyah MP3

Untuk memudahkan dalam dalam baca sholawat, silahkan tonton dan dengarkan lantunan sholawat nariyah pada channel youtube kami, BACA SHOLAWAT. Jangan lupa untuk like, comment dan subscribe juga ya, kami berharap bermanfaat dan barokah.

Wallpaper Sholawat Nariyah Bahasa Arab, Latin dan Artinya

sholawat nariyah
sholawat nariyah

Penutup

Pada dasarnya dengan kita bersholawat, kita berusaha mendekat kepada Allah memohon ampunan, berharap, berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah serta mengharap syafaat dari Rosulallah SAW.

Semoga kita semuas serta umat Nabi Muhammad SAW maupun makhluk seluruh alam diampuni segala dosanya, dilancarkah segala urusannya, dikabulkan segala hajatnya, dilimpahkan rezeki yang halal barokah toyibah, beruntung dunia dan akhirat, Aamiin.

Referensi:

  • https://tebuireng.online/keutamaan-membaca-shalawat-nariyah/
  • https://cirebon.tribunnews.com/2020/06/08/inilah-bacaan-sholawat-nariyah-dalam-bahasa-arab-dan-latin-serta-4-manfaat-bersholawat?page=4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.