Sembuh Dengan Sholawat Tibbil Qulub! Ini Bacaan Arab Beserta Artinya

Sholawat Tibbil Qulub merupakan salah satu sholawat dari sekian banyak sholawat yang biasa diamalkan umat muslim sebagai bentuk cinta serta penghormatan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW dan pendekatan diri kepada Allah SWT. Namun dibalik itu semua, Sholawat Tibbil Qulub mempunyai berbagai macam fadhillah keutamaan dan keistimewaan.

Sebelum kita membahas apa saja fadhilah keutamaan dari sholawat Thibbil Qulub ini, biar mantab kita bahas dulu anjuran bersholawat ini. Melakukan sholawat sangatlah dianjurkan, dan di dalam Al-Qur’an Allah berfirman:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Arab-latin: Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna ‘alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ ‘alaihi wa sallimụ taslīmā

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al Ahzab: 56).

Sekarang kita menjadi tau bahwa bersholawat menjadi salah satu dzikir yang dianjurkan untuk diamalkan secara istiqomah oleh siapapun. Dengan sering-sering membaca sholawat, akan membantu setiap hamba menjadi lebih dekat serta senantiasa mengingat kebesaran Allah SWT.

Sholawat merupakan bentuk jamak dari Sholat yang mempunyai arti doa. Sehingga ketika setiap Muslim membaca sholawar atas Nabi Muhammad SAW, berarti sama seperti seseorang tersebuit memohon doa kepada Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW agar senantiasa dilimpahi keberkahan serta keselamatan.

Siapa Pengarang Sholawat Tibbil Qulub

Pengarang Sholawat Thibbil Qulub

Adapun sholawat ini, jika ditelisik ternyata merukuk kepada Sholawat yang diriwayatkan dari Rasulullah SAW sebagaimana dalam kitab Mafatih as-Saadah fi Sholawat (Pintu-pintu pembuka kebahagiaan dalam Shalawat). Pengarang kitab ini adalah Habib Abu Bakar bin Abdullah bin Alwi bin Abdulloh bin Tholib Al-Athos.

Akan tetapi dalam riwayat lain disebutkan  bahwa shalawat Tibbil Qulub merupakan sholawat Gubahan dari seorang Ulama Mesir. Ulama yang dimaksud adalah Syaikh Ahmad ibn Ahmad Ibn Ahmad Al-Adawi Al-Maliki Al-Khalawati Al-Dardir.

Penggubah shalawat ini bergelar al-Maliki yang mana merujuk kepada Madzhab yang dijadikan tempat hukum Syaikh Ahmad bin Ahmad.

Beliau terkenal dengan nama Syaikh Dardir dan dijuluki sebagai Abu Barakat atau bapaknya keberkahan. Gubahan Sholawat Tibbil Qulub dapat ditemukan dalam kitab Saadah ad-Darain fi Shalat ‘Ala Sayyid Al-Kaunnain yang ditulis oleh Syaikh Yusuf bin Ismail. Pengarang kitab ini menisbatkan tulisan kepada Syaikh Ad-Dardir.

Bacaan Sholawat  Tibbil Qulub Beserta Artinya

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin thibbil qulûbi wa dawâ-ihâ wa ‘âfiyatil abdâni wa syifâ-ihâ wa nûril abshâri wa dliyâ-ihaa wa ’alâ âlihî wa shahbihî wa sallim.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.”

Selain bacaan sholawat tibbil qulub versi diatas, sebagian ulama ada yang memberikan tambahan kalimat pada menjelang ujung sholawat. Sehingga kalimat sholawat menjadi seperti ini:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَقُوتِ الأرْوَاحِ وَغِذَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ Muhammadin thibbil qulûbi wa dawâ-ihâ wa ‘âfiyatil abdâni wa syifâ-ihâ wa nûril abshâri wa dliyâ-ihaa wa qûtil arwâhi wa ghidâ-ihâ wa ’alâ âlihî wa shahbihî wa sallim.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, serta menjadi makanan pokok dan asupan gizi bagi ruhani. Juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.”

Untuk kita ketahui, bahwa kedua lafadz sholawat tersebut keduanya sama-sama bisa diamalkan untuk bacan harian. Namun secara umum, kalimat atau lafadz Sholawat Tibbil Qulub yang masyhur adalah lafadz sholawat yang pertama.

Bagaimana Cara Mengamalkan Sholawat Thibbil Qulub?

Mengamalkan Sholawat Thibbil Qulub

Sholawat ini terkenal menjadi wasilah dari Allah untuk penyembuh dari berbagai macam penyakit, dhahir maupun batin. Tapi masih banyak yang belum tau bagaimana cara mengamalkannya agar mujarab dalam menyembuhkan dari penyakit.

Para Habaib, Kyai dan Ulama menganjurkan sholawat ini untuk dibaca sebanyak 4000 kali sebagai penyembuh segala macam penyakit kecuali kematian.

Namun apabila membaca sebanyak 4000 kali dirasa berat, maka dibolehkan untuk membaginya dengan beberapa orang. Misal dalam 1000 kali sholawat diamalkan 4 orang, 100 kali sholawat diamalkan 40 orang dalam satu majelis.

Fadillah Atau Keutamaan Membaca Sholawat Tibbil Qulub

Mengenai fadilah atau keutamaan dari sholawat Tibbil Qulub, secara umum dijelaskan dalam kumpulan dzikir Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah:

صلوات طب القلوب منيكا مجرب كاغكى أنجاكي كصحاتان بدان لن دادوس تومبا سدايا فياكيت ظاهر أتاوي باطن

“Shalawat Tibbil Qulub ini teruji (berfaedah) untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat segala penyakit dzahir ataupun batin” (KH Muhammad bin Abdullah Faqih, Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah, hal. 47)

Keutamaan diatas berlaku untuk yang membaca Sholawat Tibbil Qulub dengan kaifiyah atau (cara membaca) secara umum. Jadi seseorang yang membaca Sholawat Tibbil Qulub secara dengan istiqomah dalam jumlah berapapun, akan diberikan kesehatan lahir dan batin serta disembukhan dari berbagai macam penyakit atas izin Allah SWT.

Kemudian kaifiyah Sholawat Tibbil Qulub dengan cara khusus, pada umumnya berbeda-beda sesuai ijazah dari kyai atau ulama yang mengijazahkan. Yang biasanya dibaca dengan jumlah bilangan tertentu. Salah satu kaifiyah khusus dalam membaca shalawat tibbil qulub ini, seperti yang dijelaskan dalam kitab Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini berikut:

إنها صيغة الطب الظاهر والباطن تقرأ ألفين على أي مرض وقيل أربعمائة فيشفى بإذن الله

“Shalawat ini merupakan lafal shalawat penyembuh lahir dan batin. Dibaca 2000 kali untuk menyembuhkan segala penyakit. Dan menurut sebagian pendapat dibaca sebanyak 400 kali, maka penyakit tersebut akan sembuh atas seizin Allah” (Syekh Yusuf bin Ismail, Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini, Cet. Darul Kutub al-‘Ilmiyyah, hal. 26)

Sholawat Tibbil Qulub dikhususkan untuk meyehatkan, menyembuhkan dan mengobati berbagai macam penyakit, baik yang dhohir maupuin batin.

Selain itu dengan melantunkan sholawat syifa ini mampu menenangkan hati ketikan menghadapi persalinan yang menegangkan. Karena dengan bersholawat insya Allah hati akan menjadi tenang.

Membaca sholawat tibbil qulub sebanyak 7 kali, di setiap satu kali bacaan ditiupkan ke satu gelas air minum lalu kemudian di minum. Bisa juga dengan  disetiap membaca ditiupkan di kedua telapak tangan lalu diusapkan kepada bagian tubuh yang sakit. Insya Allah atas izin Allah SWT, penyakit yang diderita akan segera sembuh.

Video Sholawat Thibbil Qulub

Berikut ini kami sediakan video Sholawat Thibbil Qulub untuk kita dengarkan dan amalkan setiap hari.

Wallpaper Sholawat Thibbil Qulub Lengkap dengan Artinya

Gambar Teks Sholawat Thibbil Qulub Beserta Artinya

Penutup

Semoga kita semua bisa dengan istiqomah mengamalkan dan membaca Sholawat Thibbil Qulub dengan menghayati setiap maknanya. Supaya oleh Allah diberikan berbagai nikmat berupa kesehatan jasmani maupun kesehatan ruhani, dan terhindar dari segala macam penyakit. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Referensi:

  • https://islam.nu.or.id/post/read/117448/bacaan-shalawat-tibbil-qulub-dan-faedahnya
  • https://hidayatuna.com/cara-mengamalkan-shalawat-tibbil-qulub-untuk-menyembuhkan-segala-penyakit/
  • https://www.laduni.id/post/read/67858/hikmah-shalawat-tibbil-qulub-dilengkapi-dengan-lafadz-dan-artinya.html
  • https://mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com/khazanah/pr-20638756/sholawat-syifa-tibbil-qulub-dipercaya-dapat-menyembuhkan-berbagai-penyakit-ini-bacaannya?page=2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.