Sistem Pemerintahan Swiss : Beserta Struktur, Tugas dan Fungsinya

Sistem Pemerintahan Swiss

Sistem Pemerintahan Swiss – Mengenal sistem pemerintahan negara lain memang dapat menambah wawasan agar lebih luas. Dengan adanya wawasan yang lebih luas, maka seseorang juga akan memiliki pemikiran yang lebih terbuka pula.

Kali ini akan dibahas tentang sistem pemerintahan Swiss. Negara Swiss atau biasa disebut dengan Switzerland merupakan sebuah negara maju yang berada di Eropa Barat. Swiss merupakan negara yang tidak memiliki wilayah laut, karena dikelilingi oleh daratan.

Di sebelah selatan adalah negara Italia, di sebelah barat Perancis, di sebelah utara Austria, dan di sebelah timur Liechtenstein. Untuk lebih jelasnya silahkan simak sistem pemerintahan Swiss yang ada dalam penjelasan kali ini.


Profil Negara Swiss

Profil Negara Swiss

Sebelum membahas tentang sistem pemerintahan Swiss, terlebih dahulu kita bahas tentang profil negara Swiss berikut ini:

  • Nama Lengkap Negara: Konfederasi Swiss (Switzerland Confederation)
  • Nama Lain: Confederaziun Svizra (Romansh), Confederazione Svizzera (Italian), Confederation Suisse (French), Schweizerische Eidgenossenschaft (German)
  • Bentuk Pemerintahan: Republik Federal
  • Kepala Negara: Presiden Doris Leuthard
  • Kepala Pemerintahan: Presiden Doris Leuthard
  • Luas Wilayah:277 km2
  • Jumlah Penduduk:236.303 jiwa
  • Ibukota Negara: Bern
  • Angka Kelahiran: 10,5 bayi per 1000 penduduk
  • Pertumbuhan Penduduk: 0,7%
  • Bahasa Resmi: bahasa Italia, bahasa Jerman, bahasa Perancis, bahasa Romande
  • Mata Uang: Swiss Franch (CHF)
  • Agama: Katolik Roma (37,3%), Protestan (24,9%), Kristen lainnya (5,8%), Islam (5,1%), Yahudi (0,2%), tidak beragama (23,9%)
  • Hari Kemerdekaan: 1 Agustus 1291
  • Lagu Kebangsaan: Cantique Suisse (Perancis), Schweizerpsalm (Jerman), Salmo svizzero (Italia), Psalm svizzer (Romansch)
  • Kode Telepon: 41
  • Kode Domain Internet: .ch
  • Pendapatan Per Kapita: US$59.600
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal: US$496 miliar
  • Lokasi: Benua

Baca Juga: Sistem Pemerintahan Iran


Sistem Pemerintahan

Swiss merupakan negara yang memiliki bentuk Republik Federal serta menganut sistem pemerintahan parlementer. Negara Swiss memiliki sistem pemerintahan yang terkenal bagus bagi masyarakatnya. Hal ini dikarenakan sistem pemerintahan yang ada di Swiss dianggap mampu menyerap dan mencerminkan masyarakatnya yang beraneka ragam.

Negara Swiss terbagi menjadi 26 kanton seperti negara bagian lain yang ada di Amerika Serikat. Selama ini Swiss dikenal sebagai negara yang netral, karena tidak membela blok timur maupun blok barat. Swiss juga termasuk negara yang memiliki hubungan bilateral dan multiteral dengan negara-negara tetangganya, termasuk menjalin hubungan dengan Indonesia.


Sistem Pemilihan Umum di Swiss

Sistem Pemilihan Umum Di Swiss

Dengan bentuk negaranya yakni Republik Federal, maka sistem pemilihan umum yang ada di Swiss menggunakan sistem pemilihan umum secara langsung. Sistem pemilihan umum langsung adalah sistem pemilu dimana penduduk memilih anggota parlemen secara langsung dan diwakili oleh majelis federal. Majelis federal tersebut dianggap telah mampu menyerap aspirasi penduduk.

Hal ini berlainan dengan konsep dasar sistem pemerintahan berbentuk parlemen. Sistem pemerintahan parlemen dikenal tidak memiliki hubungan langsung antara pemerintah dengan rakyatnya.

Di Swiss parlemen memiliki kekuasaan tertinggi sebagai pusat kekuasaan pemerintah. Maka dari itu, parlemen harus selalu mengusahakan agar tercapai dinamika hubungan politik antara legislatif dan eksekutif yang seimbang.

Dengan adanya hubungan politik yang baik antara legislatif dan eksekutif maka akan menciptakan supremasi dalam parlementer.

Baca Juga: Sistem Pemerintahan India


Pembentukan Kabinet di Swiss

Pembentukan Kabinet Di Swiss

Dalam sistem pemerintahan Swiss, pembentukan kabinet dimaksudkan sebagai suatu kesatuan yang memiliki tanggung jawab kolektif dan berada di bawah perdana menteri. Selain itu, kabinet juga memiliki hak konstitusional yang berguna untuk membubarkan parlemen saat masa kerjanya belum selesai.

Setiap anggota kabinet merupakan bagian dari para anggota parlemen yang telah terpilih. Di Negara Swiss juga terdapat pembagian yang jelas antara batasan kepala negara dan kepala pemerintahan

Dengan batasan yang jelas tersebut maka dapat mempermudah antara pembagian tugas dan kewajiban masing-masing pusat pemerintahan. Dimana badan eksekutif dan badan legislatif bergantung satu sama lain.

Kabinet yang menjadi bagian badan eksekutif diharapkan mampu menggambarkan kekuatan politik untuk badan legislatif pendukungnya. Keberlangsungan kabinet ini bergantung pada dukungan badan legislatif yang berfungsi sebagai asas tanggung jawab para menteri kabinet.


Kelompok Eksekutif di Swiss

Kelompok Eksekutif Di Swiss

Sebagai sebuah negara yang memiliki sistem pemerintahan parlementer, negara Swiss memiliki sekelompok eksekutif. Kelompok eksekutif ini memiliki peran untuk menjalankan pemerintahan. Kelompok eksekutif juga memiliki peran untuk menjalankan pemerintahan serta bertanggung jawab secara perseorangan ataupun bersama-sama.

Sedangkan kelompok eksekutif dipimpin oleh seorang perdana menteri yang memiliki tugas sebagai kepala pemerintahan.

Di negara Swiss ini, kepala negara hanya sebagai simbol pemersatu bangsa. Sedangkan yang sebenarnya menjalankan roda pemerintahan adalah perdana menteri dengan para kabinetnya.

  • Bahasa Negara Swiss

Di negara Swiss terdapat empat bahasa yang digunakan, akan tetapi hanya tiga bahasa utama yang sering digunakan, yakni bahasa Jerman, bahasa Perancis, dan bahasa Italia. Budaya dari ketiga negara tersebut juga banyak terdapat di Swiss. Apabila Anda berkunjung ke negara Swiss maka bahasa yang digunakan tergantung berada di kota mana.

Apabila dekat dengan Perancis, maka bahasa yang digunakan adalah bahasa Perancis. Kota yang menggunakan bahasa Perancis adalah kota geneva dan Lausanne. Kota yang menggunakan bahasa Jerman adalah kota Bern dan Zurich. Sedangkan kota yang menggunakan bahasa Italia adalah kota Lugano yang berada di kanan bawah.

  • Kota-Kota di Swiss

Negara Swiss memiliki banyak kota yang terkenal. Berikut ini kota-kota terkenal yang ada di Swiss:

Geneva

Kota Geneva berada di perbatasan antara Swiss dengan Perancis. Kota yang satu ini terkenal dengan adanya kantor PBB dan markas CERN (Organisasi Penelitian Nuklir Eropa).

Vevey

Kota di Perancis yang selanjutnya yaitu kota Vevey. Kota Vevey dikenal sebagai kantor pusat Nestle. Vevey juga merupakan kota yang wilayahnya cukup kecil, sehingga Anda bisa mengitari isi kota ini selama beberapa jam saja.

Montreux

Montreux juga merupakan kota di Swiss dengan ukuran wilayah yang kecil. Akan tetapi dari stasiun kereta Montreux Anda bisa pergi ke atas pegunungan Alpen. Hal tersebut membuat kota Montreux banyak dikunjungi oleh wisatawan asing yang ingin ke pegunungan Alpen.

Lausanne

Kota selanjutnya yang ada di Swiss adalah Lausanne. Kota Lausanne terkenal dengan adanya Museum Olimpiade. Dengan mengunjungi museum ini, maka Anda bisa melihat berbagai sejarah olimpiade. Selain itu, banyak pula film-film yang menceritakan tentang kejadian penting yang terjadi selama olimpiade.

Zurich

Kota terbesar yang ada di Swiss adalah Zurich. Kota ini menjadi pusat finansial serta bisnis yang maju. Banyak sekali perusahaan dan bank yang memiliki kantor pusat di Zurich. Hal ini dikarenakan tarif pajaknya yang cukup rendah. Kota Zurich juga menjadi kota yang memiliki kualitas hidup tertinggi di dunia.

Demikianlah pembahasan tentang sistem pemerintahan Swiss yang dapat menambah informasi untuk Anda yang sedang mempelajari tentang negara yang satu ini. Semoga informasi tentang sistem pemerintahan negara Swiss tersebut bermanfaat untuk Anda dan mampu menambah wawasan, sehingga lebih luas lagi.

Sistem Pemerintahan Swiss

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *