Sumber Daya Manusia (SDM) : Fungsi, Tujuan dan Betapa Pentingnya

Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber Daya Manusia – Sejatinya Sumber Daya Manusia adalah sebuah penggerak, pemikir, dan perencana dalam mencapai tujuan dari sebuah organisasi, perusahaan maupun instansi.

Keberadaannya tidak bisa lagi dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari, karena merupakan penggerak dari segala bidang kehidupan. Setiap individu adalah sumber daya negaranya, ia merupakan aset yang senantiasa harus dijaga dan dikembangkan kemampuannya.


Mengapa Sumber Daya Manusia Sangat Penting?

Mengapa Sumber Daya Manusia Sangat Penting

Dewasa ini sudah memasuki era indsutri 4.0, sumber daya manusia sangatlah penting pengadaannya dibandingkan dengan sumber daya modal ataupun alam. Hal itu karena kita tahu bahwa sekaya apapun alam jika tidak dikelola dengan benar maka akan rusak dan tidak akan memberikan manfaat yang optimal terhadap keberlangsungan hidup sekarang dan di masa yang akan datang.

Baca Juga: lapisan ozon


Upaya Peningkatan Kualitas SDM

Upaya Peningkatan Kualitas SDM

Sebenarnya banyak sekali upaya yang bisa dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Berikut beberapa upaya yang dilakukan pemerintah untuk peningkatan SDM yang berkualitas :

Baca Juga: sistem tata surya

1. Melalui Pendidikan

Sudah menjadi rahasia umum jika pendidikan adalah jalan utama untuk mendapatkan generasi emas. Pendidikan bukan hanya soal pemerataan tetapi juga peningkatan kualitas pendidikan itu sendiri. Generasi bangsa harus dipersiapkan mulai dari sekarang. Salah satu caranya dengan memberikanwajib belajar 12 tahun dan terus berusaha melahirkan sumber daya manusia yang cakap dan terampil.

Upaya peningkatan sumber daya melalui pendidikan harusnya diperhatikan lebih jauh. Bukan hanya berbasis teori dan dikte saja, tapi lebih kepada bagaimana cara siswa mampu berpikir kritis dan mengaplikasikan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari.

Tanggung jawab pendidikan tidak selamanya dititik beratkan kepada pemerintah saja. Tetapi kita sebagai warga negara harus memiliki kesadaran dan komitmen bersama demi kemajuan bangsa sendiri.

2. Melalui Pelatihan

Menjadi cakap dan terampil juga bisa diusahakan melalui pelatihan-pelatihan soft skill. Kemampuan yang terus diasah akan menunjukkan ketajamannya. Setiap manusia memiliki potensi dalam dirinya, dan untuk memunculkan potensi tersebut dibutuhkan pelatihan baik oleh institusi, ataupun kesadaran pribadi masing-masing.

Pelatihan disini mencakup soft skill, keterampilan berkarya ataupun berbahasa. Hal ini sangatlah penting, karena jika tidak ada pelatihan lebih lanjut, potensi dalam diri tidak akan berkembang. Seperti misalnya sebuah perusahaan, demi menjaga keberlangsungan perusahaannya, maka pelatihan akan meningkatkan produktivitas perusahaannya.

Ada beberapa macam pelatihan yang bisa dilakukan oleh instansi, seperti : pelatihan keahlian, pelatihan ulang, pelatihan lintas bidang, pelatihan tim, pelatihan kreativitas. Semua pelatihan tersebut jika dilakukan secara berkala akan mendatangkan keuntungan bagi instansi itu sendiri.

3. Melalui Peningkatan Kualitas Kesehatan

Sekitar lima persen dana APBN telah dialokasikan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Tingginya kualitas kesehatan suatu masyarakat maka akan berdampak langsung pada tingkat produktivitas masyarakat itu sendiri. Sebaliknya, jika kulitas kesehatan rendah, semua menjadi terbengkalai karena manusi menjadi tidak produktif.

Itulah mengapa dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, peningkatan layanan kesehatan sangatlah penting karena dibalik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Semakin bagus kondisi kesehatan seseorang maka memungkinkan lahirnya inovasi-inovasi yang akan menjadi sumbangsi yang membangun untuk negaranya.

Peningkatan kesehatan ini juga menjadi hal utama dalam upaya peningkatan sdm. Bisa dibayangkan jika kualitas kesehatan rendah meskipun sumber daya alam dan sumber daya modal melimpah jika kualitas kesehatan manusianya rendah sama saja dikalikan nol.

4. Melalui Perluasan Lapangan Pekerjaan

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah dengan membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya untuk mewadahi segala potensi yang telah dimiliki oleh para angkatan kerja melalui pendidikan dan juga pelatihan-pelatihan yang berkelanjutan.

Perluasan lapangan pekerjaan ini juga harus memperhatikan beberapa aspek, seperti area pembangunan, sehingga semua menjadi merata dan angkatan kerja tidak lagi harus keluar kota hanya untuk mencari pekerjaan. Artinya lapangan pekerjaan harus disama ratakan disetiap daerah sesuai dengan kebutuhannya.

Proses rekrutmen karyawan seharusnya juga sesuai dengan bidang dengan keahliannya, sehingga semua bisa berjalan semestinya. Artinya jika seseorang melamar pekerjaan tertentu sesuai dengan keahliannya maka akan semakin besar tingkat produktivitasnya.

5. Penguasaan IPTEK

Di era 4.0 ini semua sudah serba canggih. Semua hal sudah dimudahkan oleh teknologi. Hampir semua aspek kehidupan melibatkan teknologi didalamnya. Struktur kehidupan juga akan berubah menjadi global, dimana tidak ada lagi sekat yang membatasi seseorang dengan orang lain.IPTEK juga mempengaruhi pesatnya ilmu pengetahuan.

Karena hal itulah, manusia sebagai kunci dalam persaingan global, harus menciptakan sumber daya manusia yang mampu bersaing secara global baik keterampilan maupun ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu, adanya penguasaan iptek kedalam sektor kehidupan, baik pendidikan, ekonomi, sosial-budaya diharapkan mampu meningkatkan kualitas sdm Indonesia.

Teknologi harus diberdayakan oleh setiap orang, sehingga nantinya teknologi yang mampu memperbedayakan masyarakat secara luas. Masyarakat yang terbedayakan tersebut akan melahirkan masyarakat yang kompetitif dan juga komparatif.

6. Melalui Perubahan Sistem

Perubahan sistem ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem dan prosedur apakah sudah sesuai dengan karakteristik sumber daya manusia yang ada. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi ancaman dan faktor penghambat eksternal lainnya.

Perubahan dalam sebuah organisasi seperti kinerja buruk bahkan gagal disebabkan oleh beberapa hal, bisa jadi karena sumber daya yang tidak memadai, sikap kepimpinan yang buruk, komunikasi yang tidak berjalan baik, ataupun yang lainnya.

Adanya perubahan sistem ini diharapkan mampu menumbuhkan perubahan yang lebih baik, meningkatkan kinerja secara keseluruhan, dengan cara melibatkan semangat tenaga kerja, pengalaman kolektif, dan keahlian untuk meningkatkan SDM yang siap berubah.

7. Melalui Pembinaan Karir

Upaya pengembangan SDM selanjutnya adalah memalaui pengembangan karir. Dimana menurut Siagian (2008:216) bahwa pengembangan karir berarti seorang pegawai ingin terus berkarya dalam organisasi tempatnya berkarya dalam waktu tertentu sampai usia pensiunnya.

Melalui pembinaan karir ini, SDM yang sudah bekerja dan berkontribusi untuk sebuah instansi baik itu organisasi swasta ataupun pemerintahan akan membuat adanya peningkatan kemampuan kerja juga motivasi ke arah yang lebih baik demi keberlangsungan instansi yang ditempatinya.

Pembinaan dapat dilakukan melalui berbagai program dan penilaian seperti, job classification, manpower planning, job analytic, performance apparaisal melalui jalur kiri yang sudah ditentukan oleh perusahaan atau instansi pemerintahan.

8. Pemberian Reward

Reward dipercaya bisa meningkatkan motivasi seseorang dalam melakukan suatu hal. Pemberian penghargaan baik berupa barang dan pujian merupakan bentuk apresiasi. Seseorang yang mendapat apresiasi dari orang lain akan merasa dirinya dihargai begitupun orang lain akan ikut termotivasi melihatnya.

Tidak ada salahnya dalam memberikan reward terhadap kinerja seseorang. Selain sebagai bentuk apresiasi, pemberian reward juga sebagai wujud menghargai prakarya orang lain yang telah melakukan pekerjaannya dengan baik dan berusaha untuk menyelesaikannya.

Hal ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi pengembangan sumber daya manusia ke depannya. Munculnya semangat dari dalam diri setiap pekerja akan memberi kontribusi yang besar bagi bidang yang digelutinya tersebut.

Itulah tadi beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Keberhasilan peningkatan tersebut tidak luput dari adanya kerjasama, komitmen, dan kesadaran semua pihak terkait. Semua sektor harus berjalan selaras agar perubahan menuju arah lebih baik bukan sekedar menjadi rencana semata.

Sumber Daya Manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *