Sungai Terbesar di Indonesia Berta Gambar dan Penjelasannya Singkat

Sungai Terpanjang Di Indonesia

Sungai Terpanjang Di Indonesia – Sungai merupakan aliran air yang mengalir secara terus menerus dari hilir sampai ke muara. Di Indonesia sendiri banyak terdapat sungai mulai dari yang terpendek sampai sungai terpanjang di Indonesia. Keberadaannya sangatlah memberi manfaat bagi manusia.


Manfaat Sungai bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Sungai Bagi Kehidupan Manusia

Sungai banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Biasa juga dimanfaatkan sebagai sumber irigasi untuk daerah pertanian, sebagai pembangkit listrik tenaga air. Bahkan bisa menjadi wahana rekreasi jika dijaga kebersihan dan kejernihannya.

Baca Juga: uu no 12 tahun 2011


Beberapa Sungai Terpanjang Yang Ada Di Indonesia

Beberapa Sungai Terpanjang Yang Ada Di Indonesia

Sebagai negara kepulauan, Indonesia banyak memiliki aliran sungai yang tersebar hampir di seluruh wilayahnya. Dibawah ini adalah urutan sungai terpanjang di Indonesia yang perlu diketahui :

1. Sungai Kapuas

Sungai terpanjang di Indonesia yang menempati urutan pertama adalah Sungai kapuas. Dengan aliran sepanjang 1.143 km yang terletak di Pulau Kalimantan. Aliran sungai yang membelah Kalimantan ini sudah menjadi urat nadi bagi masyarakat disana.

Kapuas memiliki peranan penting bagi masyarakat, Kalimantan Barat pada khususnya. Daerah ini seakan bergantung pada Sungai Kapuas, dimana kebutuhan air bersumber disini. Sungai ini tidak pernah mengalami kekeringan sepanjang tahun.

Selain menjadi sumber kehidupan masyarakat kalimantan Tengah, Kapuas juga dijadikan sebagai sebagai objek wisata. Di sepanjang Sungai Kapuas Pontianak, terdapat banyak objek wisata yang bisa dikunjungi karena memiliki keindahan dan keeksotisannya tersendiri.

2. Sungai Barito

Sungai dengan panjang 1000 km dengan lebar sekitar 600 sampai 800 km2 ini terletak di kalimantan Selatan. Sebagai satu sungai terpanjang Barito banyak menyimpan potensi yang keberadaannya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Sungai ini sendiri banyak memiliki versi nama, ada yang menyebutnya sebagai Sungai China dikarenakan dahulu banyak orang Tionghoa yang melakukan aktivitas di sungai ini. Selain menjadi salah satu sungai terpanjang, Barito juga menjadi sungai terbesar di Indonesia.

Banyak aktivitas masyarakat yang terjadi di sepanjang aliran sungai ini, hal ini dikarenakan banyak daerah yang bisa diakses jika melewati aliran Barito ini, seperti pelabuhan Banjarmasin, dan juga pelosok kalimantan Selatan.

3. Sungai Mahakam

Sungai yang membelah Kalimantan Timur satu ini memiliki aliran sepanjang 920 km dengan luas sekitar 149.277 km2. Menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia, Sungai Mahakam menjadi penopang kehidupan bagi masyarakat sekitar.

Sungai Mahakam juga memiliki beberapa anak yang sungai, seperti Sungai Belayan, Sungai Tenggarong. Bukan hanya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk menopang kehidupannya, Mahakam juga dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk menikmati hari.

Memiliki keindahan sunset di sepanjang aliran sungai kemudian dimanfaatkan oleh pemerintah setempat dan ditata sedemikian rupa agar menjadi salah satu spot wisata. Menjelang sore, ditempat ini banyak pedagang yang menjajakan dagangannya kepada para pengunjung.

Baca Juga: negara terkecil di dunia

4. Sungai Batang Hari

Selanjutnya salah satu sungai terpanjang juga berada di Pulau Sumatera, yaitu Sungai Batang Hari. Berada di Kota Jambi, Batang Hari memiliki panjang aliran sekitar 800 km dengan pemandangan yang cukup eksotis untuk menikmati penghujung hari.

Menurut data yang ada Sungai Batang hari masih dimanfaatkan warga setempat sebagai sumber air bersih untuk MCK karena airnya masih tergolong jernih dan masih layak dikonsumsi. Selain itu, Batang Hari juga dijadikan tempat para warga mencari penghasilan seperti mencari ikan, dan pertambangan.

Pemerintah setempat juga telah membangun jembatan yang kini telah menjadi salah satu spot wisata di Kota Jambi untuk berburu sunset. Yang tak kalah menarik juga, setiap tahunnya juga akan diadakan Festival Batanghari untuk menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

5. Sungai Musi

Masih di Pulau Sumatera, sungai terpanjang berikutnya berada tepat Di Sumatera Selatan. Dengan panjang aliran sungai sekitar 750 km terbentang membelah kota Palembang. Sungai ini mendapat julukan sembilan sungai besar yang dikenal sebagai “Batanghari Sembilan”.

Fungsi dari sungai Musi sendiri adalah sebagai sarana transportasi masyarakat sekitar. Untuk memudahkan perjalanan pemerintah setempat telah membangun jembatan Ampera yang juga telah menjadi ikon kota Palembang.

Selain itu, di sepanjang aliran sungai ini banyak sekali spot wisata yang bisa dikunjungi untuk berakhir pekan bersama keluarga tercinta, pengunjung dapat menikmati pemandangan Rumah Rakit, atau jika ada hari spesial akan ada festival air dan aneka perlombaan air lainnya.

6. Sungai Membramo

Sering disebut sebagai amazonya Papua yang terletak di disebelah selatan Pegunungan Foja, Kabupaten Sarmi, Papua. Sungai dengan panjang sekitar 670 km menjadi sungai terpanjang yang ada di di Papua dan juga menjadi salah satu yang sungai terpanjang di Indonesia.

Menurut penelitian yang telah dilakukan, sungai ini mampu menampung debit air sekitar 5.500 m3 detik. Kedalaman sungai ini mencapai 33 m dengan luas resapan air 138.877 km2.

Sungai ini dihuni oleh banyak macam reptil dan tumbuhan yang banyak diburu untuk dijadikan makanan. Reptil yang paling diincar adalah spesies buaya yang banyak dicari oleh pengusaha tas kulit.

7. Sungai Bengawan Solo

Beralih ke Pulau Jawa, disini juga terdapat sungai terpanjang yang bahkan mengaliri dua provinsi sekaligus. Yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur, dengan panjang sungai sekitar 548,53 km, sungai ini nyaris tak pernah kering sehingga mampu memenuhi kebutuhan air masyarakat.

Meskipun begitu bukan berarti sungai ini terus bersahabat pada manusia, karena jika sudah musim penghujan biasanya akan menjadi bencana. Dimana luapannya mampu merendam banyak daerah sepanjang alirannya, seperti Madiun, Blora, Bojonegoro, Ngawi, dan beberapa wilayah lainnya.

Setiap tempat pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dibalik kekurangannya yang selalu meluap, Bengawan Solo tetaplah jadi penopang kehidupan dikarenakan menjadi area pembangkit listrik dan juga irigasi pertanian.

8. Sungai Indragiri

Terletak di Kepulauan Riau, sungai yang memiliki panjang sekitar 500 km ini bernama Indragiri. Sumber air sungai ini sendiri berada ada di Sungai Sinamar dan Sungai Ombilin sedangkan hilirnya berada di Selat Malaka.

Sungai yang mengalir ditengah Pulau Sumatera ini memiliki suhu 230 C dengan curah hujan rata-rata mencapai 2.757 mm. Berada tepat di tengah Kepulauan Riau tepatnya di Kota Rengat, ternyata Sungai Indragiri menyimpan banyak sekali keunikan.

Di sini pengunjung dapat menikmati keindahan Kota Indragiri Hilir sembari memancing atau sekedar berjalan ke tambak ikan yang ada di sepanjang sungai. Selain itu pengunjung bisa menikmati berbagai olahan ikan, seperti ikan gulai patin asam durian.

9. Sungai Martapura

Sungai terpanjang di Indonesia selanjutnya adalah Sungai Martapura yang berlokasi di Kota Banjarmasin. Dengan aliran sepanjang 36,566 km dengan lebar 100 m ini bermuara tepat di Sungai Barito.

Seperti sungai pada umumnya, Martapura dulunya juga digunakan sebagai penopang kehidupan. Seperti untuk kebutuhan air, saluran irigasi, dan pembangkit listrik dan juga digunakan masyarakat sebagai akses transportasi air.

Tahun demi tahun, penduduk makin bertambah, air sungai pun mulai tercemar karena semakin banyaknya limbah rumah tangga yang bertumpuk di sungai. Berhubungan dengan itu, pemerintah setempat mulai mengupayakan adanya pengelolaan sumber air kembali.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai urutan sungai terpanjang di Indonesia, air adalah sumber kehidupan bagi manusia. Jika bukan manusia itu sendiri yang menjaga kelestariannya siapa lagi? Jagalah alam, agar mampu memberi manfaat pada generasi selanjutnya.

Sungai Terpanjang Di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *