Arti Ungkapan Tangan Besi Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Ini Arti Ungkapan Tangan Besi

Arti Tangan Besi – Maksud yang terkandung dari arti ungkapan tangan besi yang sering digunakan dan diucapkan oleh masyarakat dalam komunikasi sehari-hari, adalah menggambarkan kepribadian seseorang yang sangat kuat serta memiliki sikap kepemimpinan keras dan diktator.

Artinya, masyarakat sangat dikekang untuk demokrasi dan mengeluarkan aspirasi atau pendapat yang dimiliki demi kemajuan suatu daerah atau negara tersebut.


Arti Ungkapan Tangan Besi

Arti Ungkapan Tangan Besi

Jadi Arti ungkapan tangan besi merupakan sebuah ungkapan yang terdiri dari dua kata yaitu tangan adalah anggota tubuh yang berfungsi untuk memegang dan mengerjakan sesuatu. Sementara Besi adalah sejenis logam yang kuat. Oleh karena itu, makna tangan besi berarti seseorang yang suka bertindak keras dalam hal apapun, yaitu pemerintahannya bersifat otoriter.

Baca Juga: Arti Ungkapan Berpangku Tangan


Contoh Kalimat Sehari-hari Yang Menggunakan Ungkapan Tangan Besi

Contoh Kalimat Sehari Hari Yang Menggunakan Ungkapan Tangan Besi

Didalam aktivitas sehari-hari, penyebutan tangan besi sudah menjadi penyebutan yang wajar, dan sering digunakan oleh semua orang. Penyebutan ini khusus kepada seseorang yang memiliki watak keras dan tidak ingini dikekang. Diantaranya sebagai berikut, yaitu :

Baca Juga: Arti Ungkapan Cuci Tangan


1. “Nenek Rahmi Sangat Kuat Maka Dari Itu Ia Dijuluki Si Tangan Besi”

Arti ungkapan tangan besi yang digunakan pada kalimat diatas menyebutkan tentang kepribadian dari nenek Rahmi , yang terus bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari, dengan cara berjualan di Pasar. Dimana, ini harus dilakukannya agar keluarganya tersebut dapat bertahan hidup. Disebut tangan besi, karena nenek Rahmi tidak pernah sedikitpun pantang menyerah

2. “Banyak Kalangan Masyarakat Yang Tidak Suka Pemerintahan Soeharto, Karena Memerintah Dengan Tangan Besi”

Arti ungkapan tangan besi yang dimaksud dari kalimat tersebut adalah bahwa bertangan besi ditujukan kepada pemerintah Soeharto yang memiliki pemerintahan bersifat diktator. Artinya, pemerintahannya tersebut membuat sebagian rakyat merasa menderita dan mengalami kesusahan yang sangat mendalam. Inilah yang menjadi dasar dari diri masyarakat Indonesia sendiri, tidak menyukai pemerintahan Soeharto tersebut.

3. “Pak Ali Adalah Buruh Pabrik Yang Selalu Bekerja Dengan Tangan Besi Demi Memberikan Nafkah Keluarganya”

Sedangkan arti ungkapan tangan besi yang dimaksud dari pernyataan diatas adalah jika pak Ali adalah sosok ayah pekerja keras yang bekerja dengan tekun dan sungguh-sungguh untuk memberinafkah keluarganya. Tanpa memikirkan lelah dan letih ketika bekerja menjadi buruh pabrik di sebuah perusahaan. Semua ini agar anak dan istrinya dapat terpenuhi segala kebutuhannya.

4. “Pemerintahan Yang Semena – Mena Tanpa Memikirkan Keinginan Rakyat Adalah Salah Satu Pemerintah Tangan Besi”

Selanjutnya, makna tersirat yang terdapat pada kata tangan besi yang tercantum pada kalimat di atas adalah menunjukkan kepribadian dari seorang pemimpin. Dimana jika salah satu kebijakan pemerintahan tersebut bersifat semena-mena. Tanpa mengedepankan keinginan rakyat yang selama ini menjadi harapan besar, maka itu merupakan sikap dari seorang pemimpin yang tangan besi.

5. “Ratu Shima Sangat Ditakuti Oleh Rakyatnya Saat Memerintah, Karena Dirinya Memerintah Dengan Bertangan Besi, Yaitu Diktator”

Maksud dari ungkapan tangan besi yang terdapat pada kalimat tersebut mempunyai arti, jika Ratu Shima adalah salah satu sosok pemimpin wanita dimasa kerajaan yang memimpin dengan sangat kejam dan otoriter, sehingga rakyat menyebutnya sebagai salah satu pemimpin wanita yang bertangan besi. Sehingga, dimasa kepemimpinan Ratu Shima, rakyat sering merasa ketakutan.

Demikianlah, contoh dari arti ungkapan tangan besi yang ditulis didalam artikel ini. Semoga saja bermanfaat dan bisa menjadi sumber belajar yang akurat untuk memahami lagi makna sebenarnya dari ungkapan tangan besi, terutama ketika ingin menggunakannya didalam kehidupan sehari-hari. Namun, jangan pernah melakukan perbuatan tangan besi, karena ini bukan perilaku terpuji.

Arti Ungkapan Tangan Besi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *