Arti Ungkapan Tangan Kanan Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Tangan Kanan

Arti Tangan Kanan – Ungkapan berupa idiom memiliki makna yang berbeda dari kata dasarnya di mana makna yang disiratkan terkadang berbanding terbalik dengan makna yang sebenarnya.

Banyak idiom yang kerap diungkapkan dalam perbincangan sehari-hari, salah satunya idiom tangan kanan. Arti ungkapan tangan kanan tidak hanya bermakna satu, melainkan menyiratkan makna lainnya yang jauh dari makna sebenarnya. Berikut ini ulasan terkait arti serta contohnya dalam kalimat.


Pengertian Ungkapan Tangan Kanan

Pengertian Ungkapan Tangan Kanan
Pengertian Ungkapan Tangan Kanan

Tangan kanan bisa memiliki beberapa makna, yakni bisa bermakna sebenarnya yang menunjukkan tangan sebelah kanan. Adapun arti ungkapan tangan kanan yang lainnya yakni orang yang dipercaya/ kepercayaan seseorang.

Idiom tangan kanan ini biasanya diungkapkan untuk menunjukkan kepercayaan untuk menggantikan seseorang. Makna yang bisa diambil dari ungkapan tangan kanan bergantung pada kalimat yang diutarakan. Melalui kalimat tersebut, bisa diketahui, apakah bermakna denotatif bisa juga berarti konotatif.

Baca Juga: Arti Ungkapan Besar Kepala


Makna Ungkapan Tangan Kanan Dalam Kalimat

Makna Ungkapan Tangan Kanan Dalam Kalimat
Makna Ungkapan Tangan Kanan Dalam Kalimat

Seperti yang disinggung sebelumnya, ungkapan tangan kanan memiliki makna ganda, maknanya bisa mengungkapkan arti yang sebenarnya, bisa juga bermakna lain yang sifatnya konotatif. Arti ungkapan tangan kanan dalam kalimat bisa diketahui dari isi pokok kata-kata yang tertata dalam suatu kalimat. Makna ungkapan tangan kanan bisa bermakna sebenarnya yakni posisi tangan sebelah kanan.

Makna lainnya yang disiratkan dari ungkapan tangan kanan yakni berarti pembantu utama atau pun juga orang kepercayaan. Agar lebih mudah dalam memahaminya, berikut ini contohnya dalam kalimat:

Baca Juga: Arti Ungkapan Buah Hati


1. “Polisi berhasil Menangkap Tangan Kanan Pelaku Pencurian Sepeda Motor Di Kawasan Rawamangun”

Polisi Berhasil Menangkap Tangan Kanan Pelaku Pencurian Sepeda Motor Di Kawasan Rawamangun

Kalimat di atas merupakan salah satu ungkapan tangan kanan yang memiliki arti yang berbeda dari makna sebenarnya. Makna yang tersirat dari ungkapan tangan kanan pada kalimat di atas yakni bermakna konotasi yang berarti orang kepercayaan.

 

2. “Kesuksesannya Dalam Memandu Acara Membuat Nayla Menjadi Tangan Kanan MC Ternama”

Kesuksesannya Dalam Memandu Acara Membuat Nayla Menjadi Tangan Kanan MC Ternama

Ungkapan tangan kanan pada kalimat di atas bermakna konotasi yakni memiliki arti lain dari makna sebenarnya. Adapun makna yang tersirat dari ungkapan tangan kanan di atas adalah orang yang dipercaya atau kepercayaan untuk menggantikan seseorang.

 

3. “Makan Dengan Menggunakan Tangan Kanan Dikatakan Lebih Baik Dan Sopan”

Makan Dengan Menggunakan Tangan Kanan Dikatakan Lebih Baik Dan Sopan

Ungkapan tangan kanan pada kalimat di atas menunjukkan makna denotatif atau makna sebenarnya. Hal ini dikarenakan ungkapan tangan kanan di atas bermakna bahwa posisi tangan sebelah kanan. Kalimat di atas merupakan salah satu contoh penggunaan tangan kanan yang memiliki arti sebenarnya.

 

4. “Berkat Kerja Kerasnya Yang Tinggi, Pak Hendra Menjadi Tangan Kanan Pimpinan Di Perusahaan Tempat Ia Bekerja”

Berkat Kerja Kerasnya Yang Tinggi Pak Hendra Menjadi Tangan Kanan Pimpinan Di Perusahaan Tempat Ia Bekerja

Adapun ungkapan tangan kanan pada kalimat di atas bermakna konotasi yakni jauh dari makna yang sebenarnya. Tangan kanan pada kalimat di atas menunjukkan bahwa pak Hendra menjadi orang kepercayaan pimpinan perusahaan di mana ia bekerja.

 

5. “Ketika Seseorang Memberi Sesuatu, Hendaknya Ambilah Dengan Tangan Kananmu”

Ketika Seseorang Memberi Sesuatu Hendaknya Ambilah Dengan Tangan Kananmu

Kalimat di atas merupakan salah satu contoh yang memiliki ungkapan tangan kanan dengan makna yang sebenarnya. Arti ungkapan tangan kanan pada kalimat di atas berarti posisi tangan sebelah tangan. Ungkapan tersebut menunjukkan ketika mengambil sesuatu hendaknya menggunakan tangan bagian kanan.

 

6. “Semua Pegawai Berlomba Untuk Menjadi Tangan Kanannya Direktur Perusahaan Tersebut”

Pensive Entrepreneur Pondering Serious Problem

Ungkapan tangan kanan pada kalimat di atas memiliki makna bahwa setiap pegawai berlomba untuk menjadi orang kepercayaan Direktur di perusahaannya. Jadi, makna tangan kanan pada kalimat di atas tidak bermakna denotatif, melainkan bermakna konotatif jauh dari makna sebenarnya.

Demikianlah uraian singkat terkait arti ungkapan tangan kanan, di mana maknanya bisa bersifat denotatif atau bisa juga bermakna konotatif. Hal tersebut bergantung pada kalimat yang diungkapkan. Setiap kata memiliki makna yang kompleks terutama jika dipadukan dengan kata lainnya. Selain itu, maknanya juga bergantung pada ungkapan yang diutarakan.

Arti Ungkapan Tangan Kanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *