Arti Ungkapan Tinggi Hati Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan tinggi hati

Arti Tinggi Hati – Menjengkelkan rasanya bertemu dengan orang yang tinggi hati. Manusia itu adalah makhluk sosial dimana setiap individu manusia itu tidak bisa hidup sendiri dan saling bergantung satu sama lain.

Namun terkadang manusia melanggar kodratnya, beberapa individu mengklaim bahwa dirinya bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Itu adalah ciri-ciri manusia yang tinggi hati. Lalu apa maksud dari ungkapan tinggi hati? Berikut ini ada penjelasannya terkait arti ungkapan tinggi hati lengkap dengan contohnya.


Arti Ungkapan Tinggi Hati Itu Apa?

Arti Ungkapan Tinggi Hati Itu Apa

Bahasa Indonesia merupakan varietas dari Bahasa melayu. Ilmu Bahasa itu sangat luas sekali, semua harus dipelajari dari dasar. Salah satu hasil dari perkembangan Bahasa Indonesia adalah idiom. Apa itu idiom? Mungkin idiom terdengar asing ditelinga banyak orang karena masyarakat lebih sering menggunakan kata ungkapan. Idiom merupakan gabungan dua suku kata yang melahirkan makna baru.

Salah satu idiom yang akan dibahas adalah ungkapan tinggi hati. Kata ini kerap muncul dalam kehidupan sehari-hari karena sudah biasa dipakai untuk menjuluki seseorang. Beberapa idiom memang dipakai sebagai julukan untuk orang lain. Arti ungkapan tinggi hati disini menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah sombong atau angkuh. Tinggi hati bukan berarti orangnya memiliki hati yang tinggi.

Sombong adalah sifat buruk yang dimiliki manusia ketika ia merasa derajatnya lebih tinggi dari orang lain. Orang yang sombong akan memandang rendah orang lain. Di mana merasa bahwa dirinya satu-satunya orang yang punya segalanya dan tidak ada orang lain yang melebihi dirinya dari segi kemampuan intelektual, penampilan, atau finansial. Manusia yang memiliki sifat ini sering dimusuhi oleh masyarakat.

Baca Juga: Arti Ungkapan Anak Mama


Contoh Kalimat Tinggi Hati

Contoh Kalimat Tinggi Hati 1

Idiom mengandung kata-kata formal yang bersifat kiasan yaitu memiliki makna yang tidak sebenarnya. Gabungan dua suku kata harus didukung dengan kalimat agar dapat ditentukan fungsi penggunaan dari idiom itu sendiri. Jika tidak memiliki konteks yang jelas maka idiom akan bermakna ganda yaitu makna denotasi dan makna konotasi. Agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam menggunakan ungkapan tinggi hati berikut contoh kalimatnya.

Baca Juga: Arti Ungkapan Bunga Bangsa


1 “Rina Adalah Anak yang Tinggi Hati Sehingga Ia Selalu Dimusuhi Oleh Teman Seumurannya”

Kalimat diatas menjelaskan bahwa Rina adalah anak yang sombong. Oleh sebab itu Rina selalu dikucilkan dan dimusuhi oleh teman-temannya. Sifat sombong dalam diri manusia hanya akan membuat jurang yang menganga lebar sehingga suatu saat orang yang bersifat tinggi hati akan jatuh termakan omongannya sendiri. Bersihkanlah hati dari perasaan sombong dan angkuh. Ingat! Diatas langit masih ada langit.

2. “Kau Harus Meminta Maaf Dengan Rion, Jangan Bersikap Tinggi Hati Seperti Itu!”

Artinya seseorang berusaha membujuk orang untuk meminta maaf kepada Rion. Orang tersebut mengingatkan orang lain untuk tidak bersikap tinggi hati. Idiom tinggi hati disini artinya adalah angku dan sombong. Sebenarnya apakah pantas seseorang menyombongkan dirinya padahal segala semesta yang ada di bumi ini adalah milik Tuhan yang Maha Esa. Semua yang dimiliki bisa diambil dengan sekejap oleh Sang Pencipta.

3. “Aku Tidak Pernah Memiliki Sahabat yang Tinggi Hati Sepertimu.”

Ungkapan diatas menyebutkan bahwa Dirinya tidak pernah memiliki sahabat yang bersifat angkuh dan sombong. Sebaiknya janganlah berteman dengan orang yang tinggi hati karena hati orang yang sombong itu kotor. Manusia yang tinggi hati akan memandang orang lain rendah dari dirinya. Konteks diatas ditujukan untuk orang yang memiliki sahabat sombong sebaiknya ditegur agar ia cepat dapat hidayah.

4. “Jauhilah Sifat Tinggi Hati Karena Hanya Akan Menambah Musuh Dalam Hidup.”

Sangat benar! Ucapan diatas benar sekali. Alangkah baiknya manusia menjauhi sifat tinggi hati. Mengapa begitu? Karena tinggi hati dapat memicu sifat buruk lainnya yang ada dalam tubuh yaitu iri hati dan dengki. Jika sudah dengki maka manusia tidak akan pernah bersyukur terhadap apa yang dimilikinya. Apa yang harus disombongkan dari diri sendiri? Toh semua manusia di bumi ini ada karena diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Sinonim dari tinggi hati adalah rendah hati. Jika idiom tinggi hati bermakna sombong dan angkuh maka rendah hati adalah sebaliknya yaitu menyadari keterbatasan yang dimiliki oleh diri sendiri sehingga selalu memandang bahwa bahwa ada yang lebih sempurna dari diri sendiri. Dengan begitu maka manusia akan memperbaiki dirinya menjadi lebih baik. Nah, itulah penjelasan mengenai arti ungkapan tinggi hati dan contoh kalimatnya.

Arti Ungkapan Tinggi Hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *