Tugas Malaikat : Jumlah Nama Malaikat Secara Umum dan Tugasnya

Tugas Malaikat

Tugas Malaikat – Rukun iman dalam agama Islam ada 6 yaitu yang pertama iman kepada Allah SWT,lalu iman kepada malaikat, iman kepada kitab Al-Qur’an, iman kepada Rasul, iman kepada hari kiamat dan yang terakhir adalah iman kepada Qadha’ dan Qadar. Bagi umat muslim wajib untuk mempercayai keenam rukun iman tersebut.

Dalam penjelasan kali ini akan membahas rukun iman yang kedua yakni iman kepada Malaikat. Bagi yang ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang wujud dan tugas Malaikat, berikut adalah penjelasannya.


Wujud Malaikat

Tugas Malaikat

Malaikat diciptakan oleh Allah SWT dari nur atau cahaya. Perlu diketahui bahwa Malaikat mempunyai tugas dari Allah SWT, dimana tugas tersebut berbeda antara Malaikat satu dengan yang lain. Malaikat tersebut tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, karena malaikat termasuk makhluk gaib. Walaupun tak terlihat, semua umat islam wajib untuk mempercayai adanya Malaikat.

Perlu diketahui bahwa wujud dari Malaikat itu sendiri sudah dijabarkan di dalam kitab suci Al-Qur’an. Dalam surah Al-Faathir ayat 35:1 dijelaskan bahwa Malaikat ada yang memiliki sayap berjumlah 2, 3 dan 4. Selain itu di dalam hadits juga dijelaskan bahwa Malaikat Jibril mempunyai sayap berjumlah 600.

Berbeda dengan Malaikat Jibril, ternyata Malaikat Israfil memiliki sayap yang lebih banyak yaitu 1.200 sayap. Satu sayap milik Malaikat Israfil sama dengan 600 sayap milik Malaikat Jibril. Malaikat tidak bisa menua, wujud Malaikat masih sama persis dengan wujud pertama mereka diciptakan.

Perlu diketahui bahwa Allah SWT lebih menyukai ibadah yang dilakukan oleh manusia dan para jin dibandingkan ibadah yang dilakukan oleh Malaikat. Hal tersebut dikarenakan, manusia dan para jin dapat menentukan pilihan namun Malaikat tidak dapat memilih pilihan lain. Berbeda dengan manusia, Malaikat tidak berkelamin perempuan ataupun laki-laki, Malaikat juga tidak berkeluarga.

Baca Juga: Tugas Polisi


Tugas-Tugas Malaikat

Tugas Malaikat

Perlu diketahui bahwa jumlah Malaikat sangatlah banyak dan hanya Allah SWT yang tahu pasti jumlah Malaikat. Namun ada 10 Malaikat yang wajib untuk diketahui dan diyakini oleh semua umat islam. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang nama-nama 10 Malaikat beserta tugasnya yang wajib untuk diketahui dan diyakini :

1. Malaikat Jibril

Allah SWT memberikan sebuah tugas penting kepada Malaikat Jibril yaitu menyampaikan sebuah wahyu. Wahyu tersebut berasal dari Allah SWT dan nantinya diberikan kepada para Rasul. Malaikat Jibril ternyata merupakan pemimpin para Malaikat dan memiliki tugas lain yaitu untuk meniupkan roh pada janin-janin yang ada dalam kandungan.

Perlu diketahui bahwa Nabi Muhamad merupakan Nabi dan Rasul terakhir,jadi saat ini sudah tidak ada Nabi dan Rasul lagi. Jadi tugas Malaikat Jibril sekarang adalah membagikan ilmu, karena wahyu yang diberikan oleh Allah SWT juga merupakan bagian dari ilmu.

2. Malaikat Mikail

Tugas Malaikat Mikail adalah sebagai pemberi rezeki kepada seluruh makhluk hidup. Rezeki yang dibagikan oleh Malaikat Mikail tidak hanya untuk manusia saja melainkan untuk para binatang. Perlu diketahui bahwa rezeki yang diberikan oleh Allah SWT itu bentuknya bermacam-macam.

Selain diberi tugas untuk membagikan rezeki, ternyata Allah SWT juga memberikan tugas lain kepada Malaikat Mikail yaitu untuk mengatur hujan, angina, jalannya matahari, bulan, bintang dan juga mengatur tanaman. Semua pengaturan dan pengendalian tersebut ada di tangan Malaikat Mikail dan atas izin dari Allah SWT.

Baca Juga: Tugas Administrasi Gudang

3. Malaikat Israfil

Tugas utama yang diberikan Allah SWT kepada Malaikat Israfil adalah meniup sangkakala pada hari kiamat. Sangkakala yang nantinya akan digunakan oleh Malaikat Israfil tersebut berbentuk seperti terompet.

Saat Allah SWT memerintah Malaikat Israfil untuk meniup sangkakala, maka seluruh makhluk hidup di bumi akan mati. Setelah itu Malaikat Israfil akan diperintah kembali meniupkan sangkakala untuk yang kedua kalinya.

Isi dari tiupan sangkakala tersebut adalah semua roh-roh dari makhluk hidup yang nyawanya sudah dicabut. Saat sangkakala ditiup, maka semua roh tersebut akan kembali ke jasad masing-masing dan akan hidup kembali. Perlu diketahui bahwa peristiwa tersebut dinamakan hari kebangkitan.

4. Malaikat Izrail

Allah SWT memberikan sebuah tugas kepada Malaikat Izrail yaitu untuk mencabut nyawa semua makhluk hidup yang ada di bumi ini. Perlu diketahui bahwa tidak ada mahkluk satu pun di bumi ini yang akan terlewat dari takdir. Jika makhluk tersebut sudah sampai pada ajalnya, maka Malaikat Izrail akan mendatanginya dan mencabut nyawanya.

5. Malaikat Munkar

Perlu diketahui bahwa seseorang yang dalam hidupnya selalu berbuat keburukan, nantinya saat di alam kubur akan bertemu dengan Malaikat Munkar. Jadi tugas Malaikat Munkar adalah menanyai orang-orang yang berada di alam kubur. Orang-orang yang didatangi Malaikat Munkar hanyalah orang-orang yang selalu berbuat keburukan selama hidup di dunia.

Wujud dari Malaikat Munkar itu sendiri sangatlah menyeramkan. Saat menanyai orang-orang di dalam kubur, Malaikat Munkar selalu membawa senjata berupa godam. Jika seseorang tidak dapat menjawab pertanyaan dari Malaikat Munkar, maka seseorang tersebut langsung dihantam dengan godam hingga hancur berkeping-keping.

Setelah hancur, maka seseorang tersebut dibangkitkan kembali dan diberi pertanyaan kembali. Jika seseorang tersebut tidak dapat menjawab lagi, maka akan dihantam lagi dengan godam. Hal tersebut akan dilakukan berulang-ulang sampai hari kebangkitan datang.

6. Malaikat Nakir

Selanjutnya adalah Malaikat Nakir yang tugasnya hampir sama dengan Malaikat Munkar. Tugas Malaikat Munkar adalah mendatangi dan menanyai orang-orang yang berbuat buruk, sedangkan tugas Malaikat Nakir adalah mendatangi dan menanyai orang-orang yang berbuat baik.

Berbeda dengan Malaikat Munkar, Malaikat Nakir ini memiliki wujud yang indah dan enak dipandang mata. Orang-orang yang nantinya didatangi oleh Malaikat Nakir saat di alam kubur, maka dapat dipastikan bahwa orang-orang tersebut akan masuk surga.

7. Malaikat Raqib

Allah SWT memberikan sebuah tugas kepada Malaikat Raqib yaitu untuk mencatat semua amal baik yang sudah dilakukan oleh manusia selama hidup di dunia. Perlu diingat bahwa semua perbuatan yang telah dilakukan oleh manusia akan dicatat dan nantinya akan mendapatkan balasan. Jadi biasakanlah untuk selalu berbuat baik semasa hidup supaya nanti mendapatkan balasan yang baik dari Allah SWT.

8. Malaikat Atid

Tugas Malaikat Atid ini berkebalikan dengan tugas utama Malaikat Raqib. Malaikat Atid memiliki tugas utama untuk mencatat segala amal buruk yang telah dilakukan manusia selama hidup di dunia. Saat seseorang mempunyai niat buruk, maka niat buruk tersebut langsung dicatat oleh Malaikat Atid. Maka dari itu jangan sampai menjalani hidup dengan penuh keburukan.

9. Malaikat Malik

Perlu diketahui bahwa neraka merupakan sebuah tempat untuk orang-orang yang selalu berbuat buruk dan tidak pernah percaya kepada Allah SWT. Neraka mempunyai sebuah pintu yang dijaga oleh Malaikat bernama Malaikat Malik. Tugas Malaikat Malik sebagai penjaga pintu neraka telah dijelaskan di dalam surah At-Tahrim ayat 6.

10. Malaikat Ridwan

Sama halnya dengan pintu neraka yang ada penjaganya, pintu surga pun juga ada penjaganya. Malaikat Ridwan telah diberi tugas oleh Allah SWT untuk menjaga pintu surga. Surga merupakan sebuah tempat yang indah dan nantinya ditempati oleh orang-orang yang selalu berbuat baik selama hidup di dunia dan selalu mempercayai Allah SWT. Hal tersebut sudah disampaikan dalam surah Al-Baqarah ayat 25.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang wujud dan tugas-tugas Malaikat yang perlu diketahui. Dengan mengetahui wujud dan tugas dari Malaikat, maka diharapkan orang-orang dapat meningkatkan keimanannya kepada Allah SWT. Selain itu, penjelasan di atas juga dapat menambah ilmu dan juga dapat menambah wawasan.

Tugas Malaikat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *