Tugas Manajer Keuangan : Fungsi dan Wewenang Dalam Perusahaan

Tugas Manajer Keuangan

Tugas Manajer Keuangan – Dalam suatu perusahaan, manajer keuangan adalah salah satu jabatan yang sangat penting. Seorang manajer keuangan menjadi ujung tombak bagi perusahaan khususnya pada penanganan pada hal-hal yang berhubungan dengan keuangan.

Berikut penjelasan secara detail mengenai pengertian, fungsi, tugas manajer keuangan, hingga prinsip dan ruang lingkup manajer keuangan.


Apa Itu Manajer Keuangan Dan Apa Saja Fungsinya?

Tugas Manajer Keuangan

Manajer keuangan adalah aktivitas merencanakan, menganggarkan, memeriksa, dan mengendalikan dana perusahaan. Tidak hanya itu manajer keuangan adalah jabatan yang bertugas untuk mencari dan menyimpan dana yang dimiliki oleh perusahaan atau sebuah organisasi.

Dalam suatu perusahaan, manager keuangan tentu memiliki fungsi yang sangat berpengaruh. Diantaranya seperti perencanaan keuangan yang meliputi perencanaan arus kas dan rugi laba. Selain itu, terdapat fungsi anggaran yang meliputi perencanaan menerima dan mengalokasikannya sesuai dengan kebutuhan.

Adanya manajer keuangan juga berfungsi untuk pengelolaan keuangan, pencarian keuangan dengan mengeksploitasi sumber dana yang sudah ada dan penyimpanan keuangan. Selain itu juga memiliki fungsi pengendalian keuangan yang mengharuskan seorang manajer keuangan melaksanakan audit di internal terhadap keuangan perusahaan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penyelewengan dana yang tidak sesuai dengan rencana yang telah diterapkan.

Baca Juga: Tugas Partai Politik


Tugas Manajer Keuangan

Tugas Manajer Keuangan

Sebagai salah satu jabatan yang penting di perusahaan, tentu seorang manajer keuangan memiliki tanggung jawab dan tugas yang harus dilaksanakan. Berikut ini beberapa tugas manajer keuangan yang perlu diketahui, antara lain :

1. Membantu Perencanaan Bisnis

Salah satu tugas manajer keuangan adalah membantu perencanaan bisnis dan pengambilan keputusan yang berhubungan dengan keuangan. Seorang manajer keuangan akan memberikan nasehat keuangan yang sesuai kepada perusahaan sehingga keuangan akan terkendali dengan baik. Karena keahliannya dalam mengatur keuangan, tentu bukan hal yang sulit jika manajer keuangan ditugasi untuk membantu perencanaan bisnis yang akan maupun yang ingin dikembangkan oleh perusahaan.

2. Melakukan Perencanaan Umum Keuangan

Tugas selanjutnya yang harus dilaksanakan adalah melakukan perencanaan umum keuangan perusahaan. Seorang manajer keuangan harus bekerja sama dengan manajer dari divisi lain untuk bisa melaksanakan tugas ini dengan baik. Sehingga akan memberikan hasil kerja yang maksimal.

Tentu saja hal ini karena manajer keuangan dianggap sebagai yang paling paham tentang kondisi keuangan perusahaan sehingga hal ini tentu bukan tugas yang rumit. Perencanaan keuangan sendiri dimaksudkan untuk bisa meletakkan dana sesuai dengan porsi dan kebutuhannya.

3. Menjalankan Roda Kehidupan Perusahaan Secara Efisien

Selain 2 tugas di atas, manajer keuangan juga harus menjalankan dan mengoperasikan roda kehidupan perusahaan secara efisien dan efektif. Hal ini bisa terwujud dengan baik jika bisa menjalin kerjasama dengan manajer lain. Dalam investasi dan berbagai pembiayaan, manajer keuangan juga bertugas untuk mengambil keputusan yang tepat. Menjalin hubungan yang baik dengan manajer lain diharapkan bisa menciptakan kekompakan dalam perusahaan sehingga keberhasilan akan semakin mudah tercapai.

4. Menghubungkan Perusahaan Dengan Pasar Keuangan

Untuk memperoleh dana dan surat berharga, sebuah perusahaan perlu peran dari manajer keuangan dimana bertugas menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan. Dana dan surat berharga perusahaan yang sudah didapatkan tersebut kemudian bisa diperdagangkan untuk mengembangkan bisnis dari perusahaan tersebut.

Surat berharga yang sebelumnya sudah dimiliki bisa digunakan untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalankan dengan berbagai kesepakatan atau negosiasi pihak terkait.

5. Merencanakan Dan Mengkoordinasi Penyusunan Anggaran Keuangan

Penyusunan anggaran keuangan sangat penting dilakukan agar dana bisa terkoordinir dengan maksimal. Hal ini juga menjadi tugas yang harus dilaksanakan oleh seorang manajer keuangan yaitu merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran suatu perusahaan. Di samping itu juga harus mengontrol penggunaan anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana sehingga bisa digunakan secara efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan.

Diharapkan dengan penyusunan anggaran keuangan secara matang akan memaksimalkan dana yang dimiliki untuk berbagai kebutuhan yang penting. Dengan begitu semua kebutuhan perusahaan tentu akan terpenuhi dengan baik.

6. Mengkonsolidasikan Perpajakan

Tugas selanjutnya adalah mengkorrdinasikan dan mengontrol perencanaan pelaporan serta pembayaran kewajiban pajak perusahaan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku. Selain itu juga merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan agar bisa memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan yang ditetapkan pada perusahaan.

Dengan mengontrol perpajakan secara efisien maka perusahaan bisa tetap menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Hal ini tentu karena pajak adalalah kewajiban yang harus dibayarkan oleh setiap badan usaha.

7. Mengelola Fungsi Akuntansi

Sebagai ahli dalam keuangan, manager keuangan bertugas untuk mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan. Fungsi ini bertujuan agar laporan yang dihasilkan akurat dan tepat. Manajer keuangan juga harus mengontrol arus kas perusahaan terutama utang piutang yang melibatkan perusahaan.


Prinsip Manajer Keuangan

Tugas Manajer Keuangan

Untuk menjalankan tugasnya, ada beberapa prinsip yang harus ditaati oleh seorang manajer keuangan. Beberapa prinsip tersebut antara lain konsistensi yang mana suatu sistem dan kebijakan keuangan sesuai dengan rencana dan tidak berubah-ubah. Prinsip lainnya adalah akuntabilitas. Prinsip ini merupakan suatu kewajiban hukum dan moral yang melekat pada setiap individu, kelompok maupun perusahaan.

Tidak hanya itu, seorang manajer keuangan juga harus memiliki prinsip transparansi dimana masing-masing dalam aktivitas manajemen wajib terbuka baik dalam hal memberikan informasi terkait dengan laporan keuangan maupun yang lainnya. Sedangkan untuk prinsip kelangsungan hidup adalah pada pengeluaran tentunya harus disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Dengan begitu maka kesehatan keuangan akan tetap terjaga.

Untuk prinsip integritas adalah prinsip dimana setiap individu harus memiliki tingkat integritas yang tinggi dalam melaksanakan aktivitas operasional. Selain itu terdapat prinsip pengelolaan yang diharapkan seorang manajer keuangan bisa mengelola semua dana yang masuk dengan sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Prinsip yang terakhir yaitu standar akuntansi yang merupakan sistem akuntansi keuangan yang bertujuan agar laporan bisa lebih mudah dipahami oleh semua pihak yang berkepentingan. Untuk itulah harus sesuai dengan prosedur atau standar yang berlaku.

Baca Juga: Tugas Accounting


Ruang Lingkup Manajer Keuangan

Dalam melaksanakan tugasnya, tentu saja manajer keuangan memiliki ruang lingkup yang harus dipatuhi. Sebagai contoh adalah ruang lingkup keputusan pendanaan yang mencakup kebijakan manajemen dalam mencari dana perusahaan. Beberapa kebijakan yang termasuk di dalamnya adalah menerbitkan obligasi, membuat kebijakan hutang jangka pendek dan panjang, maupun yang lainnya.

Ruang lingkup selanjutnya adalah keputusan investasi seperti halnya kebijakan penanaman modal pada aktiva tetap contohnya tanah, gedung, maupun yang lainnya. Sedangkan keputusan pengolahan aset ialah kebijakan dalam rangka mengolah aset yang sudah dimiliki dengan cara yang efisien agar tujuan dari perusahaan bisa terwujud.

Itulah uraian lengkap mengenai pengertian, fungsi, tugas manajer keuangan, prinsip hingga ruang lingkup yang perlu diketahui. Manajer keuangan dianggap sangat penting karena kondisi perusahaan terlihat dari bagaimana pengelolaan keuangan yang ada di dalamnya. Semakin baik pengelolaannya, maka semakin baik pula perusahaan tersebut.

Tugas Manajer Keuangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *