Perkembangan Remaja : Perlu Dipenuhi Usia Anak Sampai Remaja

Pengertian Metamorfosis Tidak Sempurna 637x414

Perkembangan Remaja – Pada saat seorang individu mencapai tahap sebagai remaja, maka individu tersebut akan mengalami beberapa perubahan dalam hidupnya.

Mulai dari emosi hingga perubahan psikis harus dijalani selama prosesnya. Tugas perkembangan remaja dirancang untuk meredam konflik dan permasalahan remaja dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas perkembangan remaja akan memiliki beberapa fase mulai jenis tugas hingga upaya yang mempengaruhi perkembangan remaja tersebut. Berikut merupakan penjelasan lengkap mengenai tugas perkembangan para remaja.


Pengertian Remaja

Perkembangan Remaja

Remaja adalah kondisi di mana seorang individu mencapai umur belasan tahun. Pada saat mencapai masa ini, individu tersebut tidak bisa dikategorikan sebagai anak-anak maupun orang dewasa. Kata remaja sendiri bermula dari bahasa latin yaitu adolensence yang memiliki makna tumbuh menjadi dewasa.

Sedangkan dalam bahasa Inggris, remaja sering kali disebut dengan teeneager yang bermakna individu berumur belasan tahun. Masa remaja juga biasa disebut dengan masa akil baligh. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Siti Sundari, masa remaja berhubungan dengan masa peralihan dari anak-anak dan dewasa.

Pada saat ini terjadi, perkembangan akan mencakup semua aspek dan fungsi untuk memasuki tahap menjadi dewasa. Pendapat ini didukung oleh Sri Rumini yang mengatakan bahwa selain perubahan fisik, masa remaja juga akan mempengaruhi aspek psikologis individu. Apabila seorang individu sudah mencapai masa remaja maka jiwa nya tidak lagi mudah terpengaruh.

Di lain pihak, Zakian Dajarat juga memberikan definisi masa remaja sebagai masa transisi yang mencakup seluruh aspek biologis, sosial=emosional, dan juga kognitif. Menurut WHO (World Health Oganization) remaja pada dasarnya adalah individu yang mengalami perkembangan psikologis dan pola identifikasi.

Baca Juga: Tugas Operator Sekolah


Ciri-Ciri Remaja

Perkembangan Remaja

Masa remaja biasanya digolongkan menjadi tiga kelompok umur. Masa pra remaja yang mencakup usia 12 hingga 14 tahun. Remaja awal yang biasanya berusia 14 hingga 17 tahun. Tahap remaja akhir yang mempunyai kisaran usia 17 hingga 21 tahun. Mengacu pada kelompok umur tersebut, masa remaja juga akan memiliki ciri-ciri.

Salah satu ciri remaja adalah pertumbuhan fisik. Ini adalah kondisi di mana seorang individu mengalami perubahan yang sangat signifikan. Perubahan yang terjadi biasanya akan lebih cepat jika dibandingkan dengan masa anak-anak maupun dewasa.

Disusul kemudian dengan adanya perkembangan seksual. Perkembangan inilah yang biasanya kerap menjadi polemik dan menimbulkan masalah. Sering kali seorang individu akan mulai terlibat perkelahian atau konflik dengan sesamanya.

Cara berfikir seorang individu juga akan berubah pada saat mencapai masa remaja. Pada saat ini seorang remaja akan mulai mempertanyakan segala hal yang mereka lakukan. Misalnya saja mereka akan mempertanyakan larangan dari pada orang tua. Ciri ini akan disusul dengan emosi yang meluap-luap dari seorang remaja.

Emosi yang dimiliki oleh para remaja masihlah labil dan tidak menentu. Ini semua erat kaitannya dengan perubahan hormon pada tubuh. Suatu waktu, seorang remaja bisa saja merasa sangat sedih, namun di lain kesempatan seorang remaja bisa menjadi sangat marah.

Perkembangan remaja juga bisa dicirikan dengan mulai tumbuhnya ketertarikan pada lawan jenis dan juga menarik perhatian lingkungan sekitar. Pada masa ini, seorang individu akan cenderung melakukan sesuatu untuk mendapatkan tempat dan status pada lingkungannya. Hal yang biasanya dilakukan adalah melalui kegiatan-kegiatan pemuda-pemudi di lingkungan setempat.

Ciri-ciri remaja selanjutnya adalah cenderung terikat dengan suatu kelompok. Seorang remaja akan mulai bergaul dengan individu yang seusianya sehingga kerap kali orang tua tidak lagi menjadi prioritas utamanya.


Tugas Perkembangan Remaja

Perkembangan Remaja

Pada masa remaja, untuk dapat berkomunikasi dan bersosalisasi dengan baik, seorang remaja hendaknya menjalankan tugas perkembangan remaja dengan benar. Apabila seluruh tugas perkembangan dijalankan dengan baik, maka seorang individu remaja akan lebih mudah menjalani kehidupannya. Berikut adalah beberapa tugas perkembangan dalam masa remaja:

1. Menerima Keadaan Fisik

Pada pra-remaja, seorang individu akan mulai tumbuh dan berkembang ke arah menjadi dewasa. Tentunya pertumbuhan ini akan disertai dengan adanya perkembangan sikap juga citra diri sendiri. Seorang remaja juga akan mulai mengagumi dirinya sendiri. Selain itu, seorang individu akan mulai merawat penampilan diri baik dalam aspek jasmani maupun rohani.

2. Membentuk Hubungan Baru dengan Teman Sebaya dan Lawan Jenis

Perubahan seksual yang terjadi akan mengakibatkan seorang individu remaja terdorong untuk mulai menjalin hubungan sosial. Diharapkan pada tahap ini, seorang remaja akan mulai mendapatkan teman baru baik dengan sesama maupun lawan jenisnya. Proses untuk mendapatkan penerimaan dan status dari suatu kelompok juga akan mulai terjadi pada tahap ini.

3. Adanya Penerimaan Kondisi dan Hidup Sesuai Jenis Kelaminnya

Masa puber memang kerap menimbulkan sifat tidak percaya diri pada seorang remaja. Seringnya, seorang remaja menyesali diri sendiri hanya karena merasa fisiknya tidak memuaskan. Hal ini sebaiknya segera ditangani karena seorang remaja hendaknya menerima kondisi fisiknya dengan penuh tanggung jawab.

4. Mendapatkan Kebebasan Emosional

Tugas perkembangan remaja ini sangat penting untu dijalani oleh seorang individu. Mengingat apabila seroang remaja tidak mendapatkan kebebasan emosional, maka seorang remaja akan cenderung tidak bisa mandiri. Selain itu, seorang remaja juga tidak akan bisa bertanggung jawab akan keputusan hidupnya.

5. Memperoleh Falfasah Hidup

Diharpkan tugas perkembangan remaja yang satu ini bisa mengarahkan seorang individu kepada pola pikir dan prilaku yang kreatif. Hal ini akan mempengaruhi kehidupan masa depannya. Apabila seroang remaja mengetahui falsafah hidupnya, maka individu tersebut tidak akan mudah terpengaruh akan arus kehidupan.

Baca Juga: Tugas Komisi Yudisial


Upaya-upaya Untuk Mendukung Tugas Perkembangan Remaja

38074808 – teacher and pupils working at desk together at the elementary school

Setiap remaja memerlukan bantuan dari lingkungan sekitarnya untuk dapat melakukan tugas perkembangan remaja dengan baik. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah membantu para remaja untuk membentuk hubungan baru dengan sesama jenis maupun lawan jenisnya. Upaya ini bisa dilakukan dengan menggelar sebuah diskusi kelompok maupun konseling.

Hal yang perlu diajarkan kepada para remaja tersebut adalah pentingnya memiliki pikiran yang positif, adanya sifat empati, bagaimana mengontrol emosi, serta merawat penampilan. Melatih para remaja untuk memiliki sifat-sifat tersebut akan mengarahkannya untuk memiliki masa depan yang lebih baik.

Selanjutnya adalah melatih para remaja untuk mengusai perasaan sosial sesuai dengan jenis kelamin. Hal yang harus dilakukan adalah mengadakan bimbingan secara kelompok. Para remaja hendaknya mengetahui peranannya dalam masyarakat sesuai dengan nilai-nilai agama, adat-istiadat, maupun ilmu pengetahuan.

Para remaja juga hendaknya dituntun untuk dapat menerima keadaan fisik dan mempergunakannya sebaik-baiknya. Upaya ini dapat diwujudkan dengan memberikan informasi mengenai cara merawat diri sesuai dengan jenis kelamin. Menggelar diskusi kelompok juga bisa dilakukan untuk memberikan sosialiasi mengenai peragaan perawatan fisik.

Selain itu, para orang tua juga hendaknya memberikan kesempatan kepada para remaja untuk dapat memiliki usaha baik di sekolah maupun di luar sekolah. Ini berguna untuk melatih kreativitas remaja untuk menghadapi masa depan. Hal ini juga bisa disusul dengan upaya pengenalan potensi lingkungan sekitar untuk kemudian dimanfaatkan sebagai penunjang ekonomi.

Perkembangan masa remaja memang mencakup banyak aspek dalam kehidupan. Oleh karena itu untuk meredam adanya penyimpangan, tugas perkembangan remaja hendaknya dilakukan dengan sebaik-baiknya. Tentu saja dengan didukung oleh berbagai upaya untuk mewujudkannya. Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat!

Perkembangan Remaja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *