Tugas Public Relation : Fungsi Dalam Sebuah Event dan Organisasi

Tugas Public Relation

Tugas Public Relation – Tugas public relation adalah memberi kepastian pada perusahaan bahwa citra yang tengah dibangun atau telah beredar di masyarakat sangat baik, dan tidak ada keburukan sama sekali.

Jaminan ini harus disampaikan oleh seorang Public Relation atau biasa disingkat PR ini dengan berbagai riset dan survey untuk menaikkan citra perusahaan yang mempekerjakannya.

Dalam suatu pemasaran sebuah perusahaan, Public Relation memiliki peranan penting. Sebagai suatu bagian komponen promosi campuran atau Promotions Mix.

Pekerjaan ini ikut andil dalam perkembangan dan membangun perusahaan dengan berbagai macam cara yang salah satunya adalah dengan membangun citra suatu perusahaan dalam pandangan masyarakat,hingga kinerja perusahaan tidak ada penghalang ke depannya.


Apa Itu Public Relation?

Tugas Public Relation

Public Relation adalah suatu pekerjaan yang menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan komunikasi antar perusahaan dan memiliki semua informasi kegiatan pabrik dan menyampaikannya pada suatu promosi pasar, terkecuali informasi rahasia keuangan. Namun keuntungan benefit, nilai value dan juga perkembangan nilai profit dari suatu perusahaan harus diketahui oleh seorang public realtion.

Tugas Public Relation untuk peningkatan suatu citra perusahaan sangat banyak, semua ini bisa dilihat dari berbagai macam tugas dan fungsinya sebagai Public Relation perusahaan yang mempekerjakannya. Hal ini sangat perlu dilakukan oleh seorang atau beberapa orang yang bertugas sebagai bagian penyampaian informasi dalam membangun citra perusahaan di mata perusahaan lain.

Baca Juga: Tugas Hakim


Tugas Public Relation Dan Fungsinya Di Perusahaan

Tugas Public Relation

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa tugas yang diemban oleh seorang Public relation dalam menjalin kerja sama dengan konsumen public, kerjasama antar perusahaan dan kerjasama dengan pejabat daerah setempat.

1. Penyuluhan

Bagi sebuah perusahaan, peran serta dari Public Relation ini sangat penting untuk penyuluhan yang bisa memberi saran kepada manajemen internal, mengenai berbagai kebijakan, hubungan kerjasama, dan komunikasi antar publik dan perusahaan. Tugas ini PR memberi keterangan yang jujur kepada perusahaan dan memberi penjelasan pada masyarakat tentang produk perusahaan yang ditawarkan.

Penginformasian ini menjadi tugas penting Public Relation untuk menjamin kredibilitas perusahaan. Peran perusahaan terhadap kehidupan warga daerah sekitar perusahaan pun tak luput dari peran serta seorang Public Relation yang bisa membentuk sebuah tim, agar bisa mendata keseluruhan informasi yang beredar di masyarakat tidak salah, hingga dapat merugikan kinerja perusahaan itu sendiri.

2. Penelitian

Sebagai bagian dari perusahaan yang menaunginya, Public Relationlah yang langsung berhubungan dengan masyarakat. Tugas Public Relation sebagai tim peneliti perilaku masyarakat. Data yang dikumpulkan dari hasil penelitian ini dapat digunakan oleh Public Relation untuk mengatur strategi membangun rasa kepercayaan antar public dengan perusahaan. Meyakinkan masyarakat, tentang pentingnya perusahaan dalam kehidupan.

3. Hubungan Dengan Media

Untuk berkomunikasi dengan masyarakat luas, tentu sebuah perusahaan harus menggunakan media massa untuk mengungkapkan pendapat. Untuk itu Public Relation sebagai bagian dari suatu perusahaan, harus melakukan kerjasama dengan semua kalangan media yang berkaitan massa. Semua itu dilakukan untuk kepentingan perkembangan perusahaan. Melalui media, Public Relation dapat memberitakan kegiatan produktifitas perusahaan.

4. Publisitas

Dengan membangun kerjasama dengan media yang berhubungan dengan massa dan telah menjadi rekanan. Public Relation bisa melakukan pemberitahuan secara umum dan menanggapi suatu sikap tertariknya public kepada perusahaan. Pemberitahuan ke media massa ini merupakan salah satu strategi pasar dan penyampaian pesan yang dikeluarkan oleh Public relation untuk perkembangan perusahaan yang menaunginya.

5. Hubungan Antar Anggota/ Pekerja

Tugas Public Relation tidak hanya menjaga jalinan hubungan dengan eksternal perusahaan tapi juga menjalin kerja sama dengan bagian dalam perusahaan. Public relation juga memiliki fungsi menyampaikan dan memberi motivasi pekerja serta menanggapi suatu respon masalah karyawan dengan perusahaannya. Hal ini harus dilakukan oleh Public Relation demi kelangsungan produktifitas suatu perusahaan.

6. Pemelihara Hubungan

Public Relation juga bertugas yang berhubungan dengan kaitannya dengan ikut terlibat bersama pemerintah mengenai kebijakan masyarakat/public. Kotler berpendapat bahwa melobi adalah suatu kegiatan yang menghubungkan perusahaan dengan pemangku pemerintah dalam mempromosikan perusahaan, menolak aturan dan undang-undang juga peraturan daerah. Di sini Public Relation memiliki peranan penting dalam menjembatani kegiatan tersebut.

7. Manajemen Isu

Tugas Public Relation ini melakukan pengelolaan isu perusahaan yang beredar di masyarakat. Public Relation juga memiliki fungsi untuk melakukan perbaikan identitas atas isu yang bisa menjadi dampak bagi perusahaan. Isu biasanya berkembang dikarenakan suatu kendala yang dialami oleh perusahaan dalam menjalankan produksinya. Biasanya mengenai Pemutusan Hubungan Kerja para karyawan.

8. Perbaikan Hubungan

Perusahaan sangat bergantung dengan penanam modal yang menjadi salah satu aset yang harus dipertahankan. Maka dari itu Public Relation punya peranan begitu penting untuk memberi kesan yang baik pada khalayak agar tercipta kepercayaan public. Hingga penanam modal tidak takut untuk menanam investasi kepada perusahaan agar terus bisa menjalankan produksi usahanya.

9. Hubungan Industrial

Tugas Public Relation juga harus melakukan fungsinya sebagai penjaga hubungan dengan suatu perkumpulan atau organisasi lembaga-lembaga lainnya yang masih berhubungan dengan aktivitas perusahaan. Hal ini ditunjukkan dengan bergabungnya perusahaan yang menaunginya dengan suatu asosiasi perusahaan yang membentuk suatu organisasi. Hal ini bertujuan untuk mempererat kerjasama antar perusahaan dengan perusahaan lain.

10. Penggalangan Dana/Pengembangan

Dorongan public dengan mendukung suatu organisasi yang berhubungan dengan bantuan yang menghasilkan dalam pencapaian bersama untuk terwujudnya suatu perusahaan yang berkelas. Hingga berdampak positif dalam berputarnya ekonomi perusahaan hingga bertambahnya penginvestasi dan naiknya saham. Hal ini merupakan fungsi yang harus dilakukan oleh Public Relation untuk mendapatkan dukungan dari public tersebut.

11. Hubungan Keragaman/Kesetaraan Kerja

Sebagai perusahaan yang berdiri dengan metode perdagangan. Mengharuskan perusahaan tersebut cepat tanggap terhadap pengaruhnya di lingkungan. Dan telah menjadi tugas Public Relation untuk menjalin semua hubungan antar individu dari berbagai golongan, kelompok dan budaya yang sudah berakar di daerah tempat perusahaan itu berdiri. Dengan tujuan memberi informasi produksi ke masyarakat.

12. Acara-acara Spesial Perusahaan

Acara-acara khusus ini bisa diadakan oleh perusahaan dengan tujuan mencuri atensi masyarakat atau public secara luas agar masyarakat memiliki minat yang besar pada hasil produk yang dikeluarkan oleh perusahaan. Hal ini Public Relation membentuk sebuah tim survey untuk membuat suatu acara yang sesuai dengan target pasar yang diincar oleh perusahaan.

13. Komunikasi Pemasaran

Tugas Public Relation berfungsi untuk melakukan perpaduan dalam memasarkan produk. Untuk membangun suatu pencitraan pada public. Public Relation ini harus melakukan atau membentuk sebuah tim yang meriset atau mendata pangsa pasar dengan tujuan, agar produk perusahaan bisa bersaing di pasar usaha. Maka pencitraan itu perlu dibangun untuk mencapai target usaha.

Baca Juga: Tugas Lembaga Negara


Tujuan Adanya Public Relation

Tugas Public Relation

Tugas Public Relation berfungsi sesuai dengan tujuan dengan diadakannya pekerjaan ini. Seperti penjelasan di atas, selain menjalin hubungan dengan public atau masyarakat. Public Relation juga harus menangani isu management yang beredar di masyarakat. Menguatkan kepercayaan public dan memberi rasa aman pada investor atau penanam modal untuk kesuksesan perusahaan yang menaunginya.

Tugas Public Relation juga memberi pemahaman produk perusahaan pada para pekerja atau karyawan. Semua itu bertujuan untuk meningkatkan efektifitas kerja dan perbaikan standard produksi. Menjalin kerjasama dengan media massa untuk mempromosikan hasil kerja pada pasar usaha dan memberi informasi objek perusahaan yang tidak mengotori lingkungan. Hingga perusahaan mendapat kepercayaan public.

Tugas Public Relation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *