Tujuan Penelitian : Contoh, Metode dan Manfaat Menurut Para Ahli

Tujuan Penelitian

Tujuan Penelitian – Di zaman sekarang ini, untuk bisa membuktikan sesuatu secara nyata, maka dibutuhkan sebuah proses untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu contoh proses yang umum digunakan adalah penelitian.

Untuk bisa melakukan sebuah penelitian tentunya terlebih dahulu harus mengetahui fungsi, manfaat, serta tujuan penelitian yang akan dilakukan tersebut.

Pada proses penelitian terdapat banyak hal yang belum diketahui oleh masyarakat, terutama di Indonesia. Berikut adalah informasi terkait pengertian hingga tujuan dari penelitian berdasarkan ilmu pengetahuan.


Pengertian Penelitian

Tujuan Penelitian

Penelitian atau yang biasanya disebut dengan research atau riset adalah prosedur untuk mengumpulkan berbagai informasi. Penelitian pada dasarnya mengandung upaya untuk menemukan, menguraikan, serta menguji sebuah kebenaran dari suatu pengetahuan. Metode-metode yang digunakan dalam proses penelitian umumnya merupakan metode ilmiah.

Selain itu, penelitian juga biasanya digunakan sebagai proses untuk mengumpulkan data serta menganalisanya. Semua itu dilakukan dengan sistematis dan juga masuk akal guna meraih suatu maksud atau tujuan. Apabila seseorang melakukan penelitian, maka haruslah memiliki tujuan untuk menemukan, serta merivisi fakta-fakta yang ada dan benar terjadi.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Soetrisno Hadi, penelitian merupakan suatu upaya, guna menemukan sesuatu untuk mengisi kekurangan yang ada. Penelitian juga digunakan untuk menggali secara lebih dalam serta menguji kebenaran terhadap sesuatu yang masih diragukan.

Apabila menurut Donald Ary, penelitian memiliki arti dari sebuah penerapan yang berasal dari pendekatan ilmiah. Seluruh informasi yang ada haruslah bisa dipertanggung jawabkan kebenaran dan sumbernya.

Menyusul kemudian Tyrus Hillway yang berdapat bahwa penelitian adalah sebuah metode studi yang harus memperhatikan segala fakta yang ada. Penelitian digunakan untuk menghasilkan suatu solusi atau sebagai pemecah masalah.

Baca Juga: Tujuan Wawasan Nusantara


Karakteristik dari Penelitian

Tujuan Penelitian

Suatu penelitian baru akan sah disebut penelitian apabila memiliki sejumlah karakteristik atau ciri-ciri yang sudah disepakati dan berdasarkan pada ilmu pengetahuan. Karakteristik dari penelitian yaitu haruslah berdasarkan dengan fakta. Seluruh keterangan yang telah diperoleh dalam proses penelitian, baik yang telah dianalisa maupun yang dikumpulkan semuanya haruslah berdasarkan kenyataan.

Selanjutnya, sebuah penelitian haruslah bebas dari segala prasangka. Apabila seseorang melakukan penelitian, semua itu haruslah berdasarkan dengan pandangan yang objektif. Seluruh bukti dan juga alasan yang didapatkan selama melakukan penelitian juga harus bersifat objektif dan bukan subjektif.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian juga harus menggunakan prinsip analisa. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk memecahkan masalah yang ada. Kendati demikian, seluruh solusi haruslah tetap berdasarkan analisa yang bersifat logis.

Sebuah penelitian juga harus menggunakan hipotesa di dalam prosesnya. Hipotesa yang dilakukan dalam penelitian bertujuan untuk mengarahkan sang peneliti untuk tetap fokus pada tujuannya semula. Semua itu memiliki tujuan agar hasil yang akan didapatkan bisa berjalan secara optimal.

Penelitian yang dilakukan juga tidak boleh menggunakan hati nurani sebagai tolok ukurnya. Segala ukuran yang digunakan harus nyata. Sebuah penelitian juga harus dilakukan dengan teknik kuantitatif yang berdasarkan ton, ohm, kilogram, dan lain-lain.


Tujuan Penelitian

 

Tujuan Penelitian

Pada dasarnya, akhir dari penelitian pastilah untuk menemukan solusi dan jawaban dari pertanyaaan yang sudah dirumuskan. Kendati demikian, tujuan dari penelitian bisa bercabang menjadi beberapa hal, seperti berikut ini:

1. Eksploratif

Tujuan penelitian eksploratif biasanya dilakukan demi menggali data lebih dalam dan juga informasi terhadap berbagai macam isu-isu baru. Semua itu bertujuan untuk mengadakan penelitian lanjutan yang berdasarkan pertanyaan-pertanyaan akurat. Seorang peneliti biasanya menggunakan data-data kualitatif di dalam proses penelitian eksploratif ini.

2. Deskriptif

Penelitian deskriptif dilakukan untuk menghadirkan potret lain tentang situasi dan fenomena sosial. Di dalam proses tujuan penelitian desktiptif, sang peneliti haruslah bisa mendeskripsikan sesuatu dengan sejelas-jelasnya. Pada penelitian ini umumnya untuk menjawab pertanyaan berdasarkan “bagaimana (how)” dan juga “siapa (who)”

3. Eksplanatif

Tujuan penelitian eksplanatif biasanya digunakan untuk menjelaskan tentang terjadinya sesuatu. Fokus pertanyaan pada penelitian eksplanatif ini biasanya menggunakan kata tanya “mengapa (why)


Fungsi dari Penelitian

Tujuan Penelitian

Selain tujuan penelitian, sebuah penelitian tentu memiliki fungsinya tersendiri. Secara garis besar, diadakannya penelitian adalah untuk memberikan solusi dari sebuah masalah. Kendati demikian, apabila dijelaskan lebih lanjut, sebuah penelitian juga memiliki fungsi sebagai medium untuk menjelaskan berbagai macam fenomena kepada masyarakat. Terutama fenomena-fenomena yang sifatnya kompleks.

Penelitian juga memiliki fungsi sebagai alat untuk merencanakan penelitian yang akan dilakukan berikutnya. Tidak cukup sampai disitu, penelitian juga berfungsi sebagai salah satu media untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di masyarakat. Melalui penelitian, tentunya akan ditemukan berbagai macam hal baru yang kelak akan berguna bagi ilmu pengetahuan.

Fungsi penelitian juga untuk mengembangkan teknologi. Tidak jarang ditemui peneliti yang sudah bisa menghasilkan berbagai macam teknologi terbaru melalui proses penelitian. Tidak tanggung-tanggung sering kali teknologi yang dihasilkan sangat berguna dan bahkan bisa menggantikan peran seseorang untuk melakukan kegiatan.

Di sisi lain, penelitian juga berfungsi sebagai medium untuk menyumbangkan informasi dalam bidang pembangunan. Sebagaimana yang sudah diketahui, apabila seseorang ingin melakukan sebuah pembangunan, pastinya terlebih dahulu akan diadakan penelitian. Seluruh penelitian akan mencakup tentang untung, rugi, dan juga segala kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Pada bidang pembangunan, hal yang bisa dilihat adalah berjalannya trans-jakarta. Pemerintah pastilah sudah mengadakan penelitian terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengoprasikan trans-jakarta. Kendati pada kala itu, pemerintah mendapatkan banyak protes keras dari angkutan umum lainnya. Melalui penelitian yang dilakukan pemerintah tentu sudah mempertimbangkan segala konsekuensinya.

Penelitian pada akhirnya memiliki nilai praktis di dalamnya. Seluruh hasil penelitian adalah bermanfaat. Bukan untuk menghamburkan berbagai macam sumber daya dengan sia-sia dan tanpa manfaat.

Baca Juga: Tujuan Kewirausahaan


Manfaat Diadakan Penelitian

Tujuan Penelitian

Selain fungsi dan tujuan penelitian, mengetahui manfaat penelitian juga penting adanya. Salah satu contohnya adalah penelitian dapat bermanfaat untuk menambah wawasan seseorang. Selain itu, penelitian juga berguna untuk melatih cara seseorang untuk memecahkan suatu masalah. Manfaat ini bisa diterapkan tidak hanya pada peneliti namun juga masyarakat.

Diadakannya suatu penelitian juga bisa memberikan pengetahuan yang unik bagi masyarakat. Semua orang bisa secara langsung melihat dan menilai cara kerja data sample yang dimiliki oleh peneliti. Sungguh sebuah keuntungan terutama bagi masyarakat awam. Penelitian pun bisa bermanfaat untuk menambah keyakinan dalam memecahkan masalah.

Semua itu dikarenakan penelitian yang dilakukan haruslah berdasarkan fakta. Apabila fakta yang dimiliki sudah jelas dan juga lengkap, maka tentu saja sang peneliti akan percaya diri untuk menunjukkan hasil dari penelitian tersebut. Penelitian yang dilakukan dengan data yang valid, niscaya akan menjadi alat untuk pemecah masalah.

Melakukan penelitian, tidaklah dibatasi oleh berapa orang. Seorang peneliti bisa saja melakukan penelitian seorang diri, namun bisa juga berkelompok. Bagi yang melakukannya secara berkelompok, sebuah penelitian tentu akan melatih jiwa-jiwa bertanggung jawab. Antara individu dengan individu lainnya harus bisa mempertanggung jawabkan segala isi dari penelitian tersebut.

Sementara itu untuk masyarakat luas, manfaat penelitian dapat berupa rekomendasi sebelum diajukannya sebuah kebijakan. Program yang akan diterapkan haruslah terlebih dahulu melalui tahap penelitian agar program tersebut berjalan dengan optimal.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan terkait mulai dari pengertian hingga tujuan penelitian. Melakukan penelitian memang memiliki banyak sisi positif, kendati demikian, perlu diingat setiap penelitian tentu memiliki halangan dan rintangannya masing-masing. Semoga informasi di atas bisa berguna bagi masyarakat luas!

Tujuan Penelitian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *