Arti Ungkapan Turun Tangan Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Turun Tangan

Arti Turun Tangan – Bencana Banjir di suatu daerah disebabkan karena kurangnya daerah resapan air, bukan hanya itu kebiasaan buruk warga sekitar seperti suka membuang sampah sembarangan. Sehingga membuat selokan air menjadi terhambat dan terjadilah banjir.

Pemerintah seharusnya cepat turun tangan dalam mengatasi masalah ini. Nah, apa itu turun tangan? Berikut adalah penjabaran mengenai arti ungkapan turun tangan yang sering dipakai oleh masyarakat.


Inilah Arti Ungkapan Turun Tangan

Inilah Arti Ungkapan Turun Tangan

Istilah “turun tangan” cukup popular di masyarakat dan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Turun tangan adalah sebuah idiom yang bermakna kiasan (tidak sebenarnya). Ungkapan ini harus didukung dengan konteks yang jelas. Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui arti dari turun tangan. Idiom turun tangan seharusnya sudah dipelajari saat masih duduk di bangku sekolah. Sebenarnya apa arti ungkapan turun tangan?

Idiom turun tangan memiliki beberapa definisi yaitu suka menolong, ikut campur, menolong, bertindak agar masalah cepat selesai atau tindakan membereskan sesuatu. Bagaimana sangat banyak bukan? Jadi oleh sebab itu konteks sangatlah penting saat menyebutkan idiom turun tangan. Jika dipakai dalam konteks untuk mempermudah kerja orang lain maka turun tangan disini berarti sebuah tindakan untuk membereskan masalah agar cepat selesai.

Sikap turun tangan dibenarkan apabila tidak melanggar hak atau kemauan orang lain. Boleh turun tangan asal diberikan izin dengan yang punya masalah. Turun tangan bersifat wajib jika permasalahan sudah mengikutsertakan orang banyak. Contoh permasalahannya seperti munculnya wabah virus corona baru-baru ini maka pemerintah wajib turun tangan atau ikut campur untuk mencengah penyebaran virus tersebut.

Baca Juga: Arti Ungkapan Meja Hijau


Contoh Ungkapan Turun Tangan dalam Kalimat

Contoh Ungkapan Turun Tangan Dalam Kalimat

Penggunaan ungkapan atau idiom turun tangan dalam kalimat perlu diperhatikan agar maknanya tidak melenceng dari yang dibicarakan. Idiom turun tangan mempunyai banyak makna, hal itu sudah dijabarkan di atas. Turun tangan berarti mengikutsertakan diri untuk ikut mencampuri urusan atau masalah orang lain. Agar tidak salah arti, berikut ini contoh kalimat ungkapan turun tangan beserta penjelasannya.

Baca Juga: Arti Ungkapan Naik Pitam


1. “Penyebaran Virus Corona Sudah Sampai Di Negara Tetangga, Pemerintah Harusnya Cepat Turun Tangan Dalam Masalah ini.”

Ungkapan turun tangan dalam kalimat diatas bermakna tindakan untuk membereskan sesuatu. Inilah contoh bahwa tindakan turun tangan wajib apabila sudah berkaitan dengan orang banyak. Virus Corona yang saat ini sudah mewabah ke negara-negara membuat pemerintah harus segera melakukan tindakan pencegahan agar virus tersebut tidak sampai ke Indonesia.

2. “Andi Adalah Orang yang Suka Turun Tangan Ketika Terjadi Ketidakadilan Di Masyarakat.”

Contoh kalimat diatas menjelaskan bahwa Andi adalah orang yang suka ikut campur ketika di depannya terjadi ketidakadilan. Nah, idiom turun tangan diatas berarti sudah jelas tertuju pada arti ikut campur. Sikap Andi diatas menunjukkan bahwa dirinya adalah orang yang memegang teguh keadilan dimanapun ia berada. Boleh ikut campur namun jangan sampai menghakimi sendiri. Semua yang ada di dunia ini mempunyai prosedurnya masing-masing.

3. “Jangan Sampai Toto Turun Tangan Dalam Masalah Ini.”

Ungkapan turun tangan diatas artinya adalah membereskan masalah orang lain karena terdapat kata “masalah” di penghujung kalimat. Orang tersebut mengatakan bahwa jangan sampai Toto mengetahui hak ini lalu menyelesaikannya. Penggunaan ungkapan turun tangan harus sesuai dengan isi konteks. Idiom turun tangan sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari contohnya adalah kalimat diatas.

4. “Pemuda Desa Turun Tangan Dalam Kegiatan Gotong Royong di Kampung Sukasari”

Gotong royong sesama warga untuk membersihkan desa adalah kegiatan yang dilakukan Bersama-sama. Ungkapan turun tangan yang dimaksud di atas berarti adalah tindakan menolong orang lain. Pemuda desa menolong masyarakat dalam kegiatan gotong royong untuk membersihkan kampung Sukasari. Di zaman yang sudah modern ini jarang ditemukan kegiatan gotong royong yang biasanya dilakukan di hari Minggu. Hal itu terjadi karena era modernisasi sehingga masyarakat lebih suka berdiam diri di rumah.

Jika ditarik kesimpulan maka arti ungkapan turun tangan adalah tindakan mencampuri urusan atau masalah orang lain dalam maksud untuk membantu agar masalah cepat selesai. Tindakan ini memiliki sisi positif dan negatifnya tergantung cara pandang manusia itu sendiri. Nah, itulah penjabaran arti ungkapan turun tangan lengkap dengan contoh–contoh kalimatnya. Semoga artikel ini dapat dijadikan referensi.

Arti Ungkapan Turun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *