Arti Ungkapan Unjuk Gigi Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Unjuk Gigi – Di dalam Bahasa Indonesia terdapat ungkapan yang bermakna kiasan. Ungkapan ini sering disebut dengan idiom. Apa arti dari idiom itu? Yaitu gabungan dua kata yang sudah hilang makna sebenarnya digantikan dengan makna baru.

Idiom bersifat konotasi yaitu memiliki makna lain yang tidak sesuai dengan harfiahnya. Salah satu contoh idiom yang akan dibahas adalah ungkapan unjuk gigi. Berikut ini adalah penjelasan arti ungkapan unjuk gigi lengkap dengan contoh kalimatnya.


Mengetahui Arti Ungkapan Unjuk Gigi

La Liga Santander Real Madrid Vs Athletic Bilbao

Kalimat yang mengatasnamakan ungkapan unjuk gigi sering didengar atau dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Saat masih dalam Pendidikan sekolah, makna unjuk gigi atau idiom lain sebenarnya sudah dipelajari. Ungkapan unjuk gigi bisa ditemukan dalam buku pelajaran, percakapan sehari-hari atau penjelasan dari orang yang menguasai ilmu tersebut. Sebenarnya apa itu arti ungkapan unjuk gigi?

Kata “unjuk gigi” berasal dari dua suku kata yaitu “unjuk’ dan “gigi”. Unjuk merupakan kata dasar dari kata kerja mengunjuk yaitu menunjuk. Jika diartikan maka unjuk sama halnya dengan memperlihatkan. Sedangkan gigi adalah tulang keras berwarna putih yang berakar di dalam gusi mulut manusia. Anggota tubuh ini akan kelihatan jika seseorang sedan tersenyum, mengunyah, atau membuka mulut lebar-lebar.

Namun makna sebenarnya dari idiom unjuk gigi adalah menunjukkan kekuatan seperti kepandaian, kekuasaan, dan lain-lain. Ungkapan unjuk gigi pada umumnya digunakan saat seseorang sedang pamer atau memamerkan sesuatu seperti kekuatan diri, ketahanan tubuh, atau kepandaian dalam diri seseorang. Unjuk gigi juga bisa bermakna menunjukkan kemarahan. Itulah maksud dari arti ungkapan unjuk gigi.

Baca Juga: Arti Ungkapan Mutiara Kehidupan


Contoh Kalimat Ungkapan Unjuk Gigi

Contoh Kalimat Ungkapan Unjuk Gigi

Idiom unjuk gigi sama halnya dengan pamer kekuatan. Unjuk gigi bukan berarti menunjukkan gigi ke orang lain. Jika ada yang mengatakan seperti diatas maka hal itu sangatlah salah. Sebab yang namanya idiom artinya membentuk makna baru. Ungkapan unjuk gigi memiliki makna lebih dari satu. Oleh sebab itu agar tidak terjadi kesalahan dalam menggunakan idiomnya. Inilah beberapa contoh ungkapan unjuk gigi.

Baca Juga: Arti Ungkapan Sempit Hati


1, “Kapten Tsubasa Unjuk Gigi Di Babak Final Pertandingan Sepak Bola”

Kalimat diatas menjelaskan bahwa kapten Tsubasa sedang menunjukkan kepandaiannya dalam bermain sepak bola. Idiom unjuk gigi diatas mengacu pada arti kepandaian sebab yang namanya olahraga sepak bola itu adalah adu kepandaian bukan kekuatan, kekuasaan, kemarahan, atau yang lainnya. Pertandingan sepak bola sudah sering diadakan sejak dahulu oleh negara-negara yang ada di dunia ini.

2, “Penonton Tidak Menyangka Bahwa Kevin Sanjaya Unjuk Gigi Dalam Pertandingan Badminton”

Siapa yang tidak mengenal Kevin Sanjaya? Yaitu seorang pemain bulu tangkis ganda putra dari Indonesia yang sudah sering membawa piala dan mengharumkan nama bangsa. Idiom unjuk gigi dalam konteks pertandingan badminton mengacu pada arti pamer kepandaian. Kalimat diatas menjelaskan bahwa Kevin Sanjaya pamer kepandaiannya di Pertandingan Badminton. Sudah tidak heran saat Kevin Sanjaya pamer kepandaian karena memang benar begitu adanya.

3. “Salsa Unjuk Gigi Ketika Dihina Tidak Bisa Bermain Piano Oleh Temannya.”

Ungkapan unjuk gigi disini dipicu oleh rasa amarah Salsa saat temannya tidak percaya bahwa Salsa pandai memainkan alat music piano. Oleh sebab itu Salsa menunjukkan kepandaiannya. Nah unjuk gigi disini mengacu pada arti kepandaian atau kebolehan. Menyepelekan orang lain adalah perbuatan tidak terpuji yang membuat orang terluka dan marah.

4. “Rossi Unjuk Gigi di Sirkuit Balapan Barcelona.”

Idiom unjuk gigi diatas memiliki dua makna yaitu menunjukan kekuatan dan kepandaian. Kenapa memiliki dua makna? Sebab balapan motor memerlukan kesehatan dan kebugaran jasmani inilah yang dinamakan kekuatan. Sedangkan makna kepandaian mengacu pada kepandaian Rossi memainkan motornya di lapangan sirkuit. Pembalap harus lihai dalam menikung pembalap lain yang sudah jauh di depan.

Unjuk gigi banyak digunakan masyarakat untuk memberi tau bahwa seseorang sedang pamer atau menunjukkan kekuatannya. Idiom unjuk gigi harus disesuaikan dengan isi konteks agar berkesinambungan. Nah itulah penjelasan terkait arti ungkapan unjuk gigi beserta contoh-contohnya. Semoga penjelasan diatas dapat dimengerti dan menjadi ilmu baru oleh banyak orang. Para pelajar juga dapat menjadikan artikel ini sebagai referensi saat ujian atau ulangan akhir semester.

Arti Ungkapan Unjuk Gigi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *