Wawasan Nusantara : Contoh, Aspek, Tujuan, Fungsi dan Implementasinya

WAWASAN NUSANTARA

Wawasan Nusantara – Sebagai bangsa yang sudah merdeka, sudah sepatutnya seluruh warga negara memiliki dan memupuk rasa nasionalisme di dalam diri masing-masing. Salah satu cara untuk meningkatkan itu adalah dengan mempelajari wawasan nusantara. Terutama bagi pelajar di Indonesia, sangat penting untuk memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme.

Wawasan nusantara juga memiliki peranan penting dalam berbagai bidang di Indonesia. Berikut adalah informasi lengkap dan juga bagaimana aspek implentasinya pada bangsa Indonesia.


Pengertian Wawasan Nusantara

Pengertian Wawasan Nusantara (1)

Berasal dari bahasa Jawa, yang kemudian dibagi menjadi 3 kata yaitu wawas, nusa, dan antara. Dijelaskan bahwa wawas memiliki artian sebagai pandangan, penglihatan, dan bisa juga diartikan sebagai tujuan. Nusa memiliki artian kesatuan kepulauan, dan antara memiliki arti dua benua dan dua samudra.

Secara garis besar, bisa disimpulkan semua ini adalah tentang bagaimana cara pandang dan perilaku warga negara Indonesia pada bangsa sendiri. Cara pandang di sini mengacu pada kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia yang terletak antara 2 benua dan 2 samudra.

Warga negara Indonesia juga diharuskan untuk mendahulukan persatuan dan kesatuan bangsa untuk meraih cita-cita bersama. Pengertian ini berpedoman pada UUD 1945 dan Pancasila.

Baca Juga: norma kesopanan


Hakekat Wawasan Nusantara

Hakekat Wawasan Nusantara

Dalam bidang ini, setiap warga negara Indonesia, mulai dari pejabat negara hingga setiap individu di Indonesia hendaknya berperilaku dan bertindak untuk kepentingan negara. Kendati demikian, segala aspek yang sudah dibentuk oleh negara juga hendaknya tidak mengesampingkan kepentingan kelompok, dan wilayah.

Secara garis besar dan berdasarkan pada GBHN, hakekat yang dimaksud adalah bagaimana NKRI merupakan satu kesatuan. Mulai dari ekonomi, politik, latar belakang, hingga budaya, dan pertahanan kenegaraan.


Asas Wawasan Nusantara

Asas Wawasan Nusantara

Dikelompokkan menjadi beberapa bagian, asas yang pertama adalah asas kepentingan bersama. Di sini dikatakan bahwa rakyat Indonesia haruslah memiliki kesamaan visi dan misi. Pada dahulu kala, visi misi dari warga negara Indonesia adalah tentang meraih kemerdekaan. Untuk sekarang, visi misi yang harus dicapai adalah bagaimana mempertahankan kemerdekaan dengan menjaga kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya asas yang digunakan adalah asas keadilan. Dengan melaksanakan asas keadilan, niscaya kemakmuran rakyat Indonesia akan bisa diwujudkan. Salah satu cara nyata untuk menerapkan asas ini adalah dengan keadilan pembagian kerja rakyat.

Asas kejujuran juga memainkan peran penting di sini. Kejujuran tentu saja sangat diperlukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Asas ini ditujukan terutama pada para pejabat dan petinggi di pemerintahan. Para penguasa hendaknya tidak bertindak di luar peraturan yang ada dan tidak boleh menipu para rakyat miskin.

Ada pula asas solidaritas yang mencakup tentang simpati dan empati. Sebagai warga negara yang baik tentu dibutuhkan sikap simpati dan empati demi menjaga persatuan Indonesia. Asas ini juga mengandung rasa rela berkorban, toleransi, dan keikhlasan.

Selanjutnya terdapat asas kerja sama dan juga kesetiaan. Diharapkan dengan adanya asas ini, rakyat Indonesia mampu bersama-sama membentuk strategi untuk mencapai tujuan nasional. Asas kerja sama akan meringankan beban masyarakat Indonesia jika dilakukan dengan benar.

Sedangkan pada asas kesetiaan, loyalitaslah yang akan dibicarakan. Kesetiaan terhadap negara Indonesia wajib untuk diterapkan di seluruh aspek-aspek kehidupan. Loyalitas terhadap bangsa adalah ujung tombak untuk mewujudkan kesatuan dan persatuan negara Indonesia.


Peranan Wawasan Nusantara Bagi Indonesia

Peranan Wawasan Nusantara Bagi Indonesia

Seperti yang diketahui, mempelajari tentang topik yang satu ini tidaklah lengkap tanpa tahu bagaimana peran dan implementasinya pada negara Indonesia. Berikut adalah beberapa contohnya.

1. Dalam Bidang Politik

Implentasi dalam bidang politik menyangkut tentang bagaimana cara membentuk suatu pemerintahan yang kuat dan juga bisa merangkul seluruh rakyat. Seluruh hal yang menyangkut kegiatan kenegaraan juga niscaya akan berjalan dengan lebih baik.

Poin pentingnya lagi, dengan dibangunnya pemerintahan yang kuat, tentu saja akan menghasilkan orang-orang yang terpercaya. Penyelewengan tahta dan kekuasaan akan lebih mudah untuk dicegah.

2. Dalam Bidang Sosial dan Budaya

Negara Indonesia yang memiliki beribu pulau, berderet dari Sabang hingga Merauke. Tentu juga memiliki beraneka ragam latar belakang dan budaya. Implementasi di sini berfungsi untuk mengharuskan masyarakat bertindak toleran. Seluruh rakyat Indonesia haruslah memiliki sikap saling menghargai satu sama lain.

Perbedaan budaya di Indonesia hendaknya tidak menjadi sumber perpecahan namun menjadikannya sebagai sumber kekuatan. Implentasi dalam bidang sosial budaya dipercaya akan menumbuhkan rasa kasih sayang dan bisa menciptakan suasana damai di Indonesia.

3. Dalam Bidang Ekonomi

Implementasi dalam bidang ekonomi, akan menyebabkan tatanan ekonomi menjadi lebih efektif untuk dijalankan. Diharapkan juga perekonominan rakyat Indonesia akan semakin maju dan berkembang. Selain itu, diharapkan juga akan adanya perkembangan dalam bidang kesejahteraan rakyat.

Kendati demikian, untuk dapat mencapai tujuan tersebut, seluruh rakyat Indonesia haruslah terlebih dahulu memiliki etos kerja yang baik. Masyarakat harus memanfaatkan potensi di wilayahnya dengan tujuan memajukan ekonomi negara.

4. Bidang Pertahanan dan Keamanan

Pada bidang pertahanan dan keamanan, implementasinya akan terwujud dalam aksi bela negara. Setiap warga negara Indonesia haruslah rela berjuang untuk membela negara Indonesia. Ini juga sudah tercantum pada hak dan kewajiban warga negara.

Apabila sifat tersebut sudah berada di dalam hati setiap warga negara Indonesia, niscaya nama dan identitas Indonesia sudah pasti akan dijunjung tinggi. Terlebih jika terjadinya ancaman external, maka Indonesia sudah mempersiapkan sedari dini.


Ancaman Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara 1

Terdiri dari berbagai perbedaan suku budaya, tentu saja dibutuhkan loyalitas tinggi terhadap negara untuk menjaga persatuan dan kesatuannya. Apabila seluruh warga negara sadar akan hal tersebut, maka akan dengan mudah bisa meminimalisir ancaman yang ada.

Ancaman mengenai topik ini bisa dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu yang berasal dari internal dan juga eksternal. Ancaman internal bisa dikarenakan karena adanya tindakan separatisme. Bidang yang bisa dipengaruhi oleh tindakan separatisme salah satunya adalah bidang politik.

Selain itu ancaman dari dalam juga bisa datang dari isu-isu terkait politik ekonomi. Dikhawatirkan ancaman seperti isu pengangguran dan pendapatan bisa merusak persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Sedangkan ancaman external bisa berasal dari keamanan internasional.

Beberapa kejadian seperti penyelundupan narkotika, senjata, dan juga perompakan bisa memecah belah persatuan Indonesia. Tidak hanya itu, ancaman external juga bisa berasal dari konflik perbatasan, penetrasi budaya dan teknologi.

Baca Juga: bhineka tunggal ika


Contoh Wawasan Nusantara

Contoh Wawasan Nusantara

Tidak hanya implementasi pada negara, seluruh rakyat Indonesia juga bisa menerapkan konsep wawasan nusantara pada kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah berpegang teguh pada pedoman bangsa, yaitu Pancasila. Masyarakat Indonesia hendaknya selalu bertindak sesuai dengan kelima butir Pancasila yang sudah ada. Misalnya saja bersikap religius dan kekeluargaan.

Selain itu, contoh nyatanya adalah mementingkan kepentingan bangsa dan mengkesampingkan urusan pribadi. Ini sangat penting mengingat bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang melihat urusan negara dengan sebelah mata. Apabila diteruskan, perpecahan bangsalah yang akan menyambut seluruh rakyat.

Selanjutnya contoh mendasar adalah dengan menujukan cinta terhadap bangsa Indonesia sendiri. Ini bisa ditunjukkan dengan berlatih dan belajar. Prestasi yang telah diraih seseorang, atau grup juga bisa disebut sebagai tindakan yang mencintai tanah air.

Wawasan nusantara memanglah penting untuk diketahui oleh rakyat Indonesia. Mulai dari artinya hingga implentasinya pada negara Indonesia bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk dipelajar. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan untuk lebih mencintai bangsa Indonesia.

Wawasan Nusantara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *