Zaman Mesozoikum : Peninggalan, Ciri-ciri dan Penjelasan Lengkapnya

Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum – Lahirnya manusia ke muka bumi tentu tidak mengalami zaman modern seperti sekarang ini. Manusia yang sudah terlahir dari beberapa tahun silam, tentunya merasakan zaman yang jauh dari kata modern seperti sekarang.

Salah satu zaman yang pernah dialami oleh para nenek moyang adalah zaman mesozoikum. Jika penasaran apa itu zaman mesozoikum, berikut ini adalah penjelasannya.


Pengertian Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum

Mesozoikum sendiri berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dai dua kata yakni meso dan zoon. Meso sendiri mempunyai arti antara dan zoon mempunyai arti binatang atau makhluk hidup. Jadi, zaman mesozoikum adalah zaman dimana makhluk hidup yang hidup di masa atau zaman pertengahan.

Mesozoikum sendiri lebih sering dikenal dengan sebutan kehidupan tengah. Sedangkan untuk nama mesozoikum sendiri dikenalkan oleh John Phillips yakni seorang ahli geologi. Zaman mesozoikum sendiri berlangsung antara 252 juta sampai dengan 66 juta tahun yang silam. Pada zaman ini pun, orang orang juga sering menyebutnya dengan sebutan zaman reptil serta zaman konifer. Hal tersebut dikarenakan pada waktu itu kondisi bumi sendiri didominasi oleh hewan reptil.


Pembagian Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum

Panjangnya rentang jarak zaman mesozoikum ini mengakibatkan zaman ini mengalami pembagian. Pembagian mesozoikum sendiri bergantung dengan kurun waktu tertentu, dalam artian tidak dipukul sama rata dalam pembagian waktunya. Adapun pembagian zaman mesozoikum sendiri antara lain sebagai berikut.

1. Zaman Trias

Pembagian zaman mesozoikum yang pertama adalah zaman trias. Zaman trias sendiri berlangsung sekitar 245 juta sampai dengan 208 juta tahun yang lalu. Dimana pada zaman ini merupakan zaman berbagai macam hewan reptil serta hewan terbesar di dunia yakni dinosaurus muncul.

Selain itu jumlah anoint semakin banyak, populasi gastropoda serta bivalvia semakin banyak. Cynodont yakni salah satu reptil si pemakan daging yang mirip dengan hewan mamalia semakin berkembang. Hewan mamalia pertama pun bermunculan dan berbagai macam reptile air seperti kura kura dan penyu pun semakin bertambah banyak populasinya.

Pada zaman trias ini pun benua Pangea mulai bergerak menuju bagian bumi utara dan membentuk sebuah gurun. Dan di bagian selatan, lapisan es mulai mencair serta celah celah mulai terbentuk di benua Pangea itu sendiri.

2. Zaman Jura

Zaman jura atau sering dikenal dengan zaman kejayaan sendiri berlangsung sekitar 208 juta sampai 145 juta tahun yang lalu. Dimana pada zaman ini dinosaurus berhasil menguasai hampir seluruh daratan. Sementara untuk daerah lautan dikuasai oleh reptil laut salah satunya oleh ichthyosaurus serta plesiosaurus. Sedangkan di udara sendiri berhasil dikuasai oleh reptil terbang yakni seperti pterosaurus serta pterodactyl.

Burung Archaeoptery yakni burung pertama yang muncul di muka bumi pun terjadi pada zaman ini. Beberapa jenis buaya dan terus mulai semakin berkembang, ditambah diikuti dengan meluasnya amonit serta belemnite.

Berbagai macam tumbuhan seperti ginko, benetit, sequoia tumbuh semakin melimpah pada zaman ini. Selain itu keberadaan konifer pun bukan menjadi sebuah rahasia lagi. Pada zaman jura ini benua Pangea mulai terpecah. Selain itu Amerika Utara terpisah dengan Afrika, sedangkan Amerika Selatan mulai melepaskan diri dari Antartika Juga memisahkan diri dari Australia.

Sedangkan di Indonesia sendiri pernah ditemukan sebuah fosil gigi ichthyosaurus yakni sejenis reptil laut yang hidup sezaman dengan zaman dinosaurus. Penemuan tersebut terjadi di daerah pulau seram yang mana pada dulunya tempat tersebut masih berupa lautan.

3. Zaman Kapur

Dan pembagian zaman mesozoikum yang terakhir adalah zaman kapur. Zaman kapur sendiri berlangsung dari 145 juta sampai dengan 65 juta tahun yang lalu. Dimana pada zaman ini merupakan zaman kejayaan bagi dinosaurus serta zaman kejayaan bagi reptil terbang. Pada zaman kapur ini, mamalia serta tumbuhan berbunga sudah mulai berkembang. Selain itu mamalia dan tumbuhan pun sudah terdiri dari berbagai macam dan bentuk.

Di zaman ini pun hewan berplasenta mulai muncul pertama kalinya. Di zaman ini pula iklim serta cuaca muncul pertama kali. Pada zaman ini India mulai terlepas jauh dari Negara Afrika serta terus menerus bergerak menuju kawasan Asia.


Ciri Ciri Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum

Seperti halnya pada zaman pra sejarah lainnya, zaman mesozoikum pun mencari ciri ciri khusus. Adapun ciri ciri dari zaman kehidupan tengah ini antara lain sebagai berikut.

  • Munculnya binatang terbesar atau raksasa di muka bumi yang sering dikenal dengan dinosaurus
  • Iklim yang terdapat di muka bumi lebih stabil dari pada masa lalu
  • Zaman mesozoikum sering disebut dengan pondasinya kehidupan modern
  • Aktivitas tektonik, evolusi, serta iklim terjadi pada zaman ini
  • Benua saling bergeser dan datang bersamaan
  • Zaman mesozoikum ini merupakan zaman dimana puncak dari evolusi dinosaurus berlangsung

Kepunahan Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum

Peristiwa kepunahan pun sempat terjadi besar besaran pada tahap kedua di akhir periode kapur. Yakni sekitar 65 juta tahun yang lalu , dimana kejadian tersebut menjadi sebuah tanda berakhirnya masa mesozoikum. Pada peristiwa besar tersebut terdapat beberapa jenis kehidupan yang punah, diantaranya adalah kehidupan dinosaurus, ichthyosaurus, plesiosaurus, pterosaurus, serta berbagai macam moluska dan brakiopoda.

Tidak sedikit teori teori bermunculan menjelaskan mengenai punahnya zaman mesozoikum. Salah satunya adalah teori mengenai jatuhnya meteorit raksasa yang membentur planet bumi dengan benturan yang sangat dahsyat sekali. Benturan tersebut menimbulkan panas dan menimbulkan kebakaran hebat yang menghasilkan asap serta awan tebal.

Dimana awan tebal pun menghalangi pancaran sinar matahari yang datang menuju bumi. Maka dari itu, kejadian tersebut mengakibatkan pendinginan global serta penipisan oksigen karena sebagian besar dari hewan dan tumbuhan mati, salah satunya adalah kepunahan dinosaurus.


Peninggalan Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum

Karena zaman mesozoikum terbagi ke dalam tiga bagian, maka peninggalan dari zaman ini pun terdiri dari tiga bagian pula. Adapun peninggalan dari zaman mesozoikum antara lain sebagai berikut.

1. Peninggalan Zaman Trias

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa pada zaman trias ini, merupakan zaman asal usul paling awal reptil serta dinosaurus muncul. Maka dari itu, peninggalan yang ditemukan pun sudah sangat tua sekali. Adapun beberapa fosil yang pernah ditemukan diantaranya adalah postosuchus, stauricosaurus, proterosuchus, dan masih banyak lagi fosil fosil pada zaman ini yang sudah ditemukan.

2. Peninggalan Zaman Jura

Peninggalan pada zaman jura ini berhasil ditemukan beberapa fosil. Adapun beberapa fosil yang sudah berhasil ditemukan antara lain diplodocus, allosaurus, arcaheopterx, plesiosaurus, dan ichtyosaurus. Selain itu peninggalan pada zaman jura yang sampai sekarang masih bisa dilihat adalah spesies pius, lumut, dan spesies pakis.

3. Peninggalan Zaman Kapur

Sedangkan pada zaman kapur banyak sekali meninggalkan berbagai macam fosil hewan dan tumbuhan terkubur sampai saat ini karena kepunahan massal. Adapun beberapa fosil peninggalan dari zaman ini antara lain fosil tyrannosaurus rex, velociraptor, triceratops, pterosaurus, dischocepites, serta tylosaurus.

4. Peninggalan Setelah Kepunahan Massal

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kepunahan massal terjadi karena meteor raksasa yang jatuh ke permukaan bumi. Sehingga membuat kehidupan di muka bumi menghilang seiring berjalannya waktu. Hal tersebut pun menjadi salah satu peninggalan setelah kepunahan secara massal.

Itulah beberapa informasi secara lengkap mengenai zaman mesozoikum. Dengan beberapa informasi di atas, pengetahuan zaman pra sejarah pun menjadi semakin bertambah, bukan.

Zaman Mesozoikum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *